5 Komponen Manajemen Bisnis yang Wajib Ada Dalam Bisnis

5 Komponen Dasar Manajemen Bisnis yang Wajib Ada Dalam Bisnis
5 Komponen Dasar Manajemen Bisnis yang Wajib Ada Dalam Bisnis

Secara umum manajemen merupakan proses kegiatan mulai dari perencanaan, pengarahan, mengoordinasi, serta pengendalian atau pengawasan. Dasar-dasar manajemen sangat penting buat kamu yang bergelut dalam bidang bisnis. Hal ini bertujuan supaya bisnis berjalan sesuai yang direncanakan. Maka dari itu manajemen bisnis perlu diperhitungkan secara tepat agar risiko dapat diminimalisir.

Apa Itu Manajemen Bisnis?

Manajemen bisnis tidak hanya sekedar perencanaan bisnis saja, melainkan mencakup prosedur seluruh lini bisnis supaya apa yang jadi tujuan di awal dapat tercapai. Usaha skala menengah pun tak luput dari kebutuhan akan manajemen. Sementara di dalam manajemen bisnis sendiri terdapat beberapa komponen dasar yang jadi perputaran kegiatan bisnis dalam mencapai target yang diinginkan.

Komponen Dasar

Bagi kamu yang berkeinginan untuk membangun sebuah bisnis atau perusahaan, manajemen bisnis wajib jadi bagian penting. Sebab ada lima komponen dasar yang memengaruhi kehidupan bisnis atau perusahaan kamu nantinya. Kelima komponen tersebut diantaranya, adalah:

a. Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia termasuk bagian terpenting dalam manajemen bisnis selain modal materi. Untuk memenuhi sumber daya manusia perlu perencanaan dan pengelolaan dengan baik. Tidak hanya kuantitas, kualitas SDM juga perlu dipertimbangkan untuk keberlangsungan kegiatan bisnis. Setidaknya terdapat tiga bagian yang memiliki peran dalam mengelola SDM, diantaranya Personalia, Human Resource Management (HRM), dan Human Resource Development (HRD).

b. Manajemen Keuangan

Sudah pasti dalam bisnis membutuhkan manajemen keuangan untuk mengelola arus kas atau keluar masuknya dana. Dengan adanya manajemen ini, anggaran perusahaan atau bisnis dapat dikelola dan digunakan secara tepat. Jika tidak ada manajemen keuangan, maka data anggaran alirannya tidak akan jelas.

c. Manajemen Produksi

Dalam sebuah bisnis ada produk yang ditawarkan kepada konsumen. Disinilah perlu adanya pengelolaan proses produksi sehingga dapat menghasilkan barang atau jasa yang punya nilai jual dan bermanfaat bagi konsumen. Faktor-faktor manajemen produksi diantaranya perencanaan dan pengendalian produksi, kuaiitas mutu barang, dan bahan baku.

Sebuah bisnis tanpa melibatkan manajemen produksi dipastikan mengalami kerugian materi yang besar. Sementara proses produksi sendiri dipengaruhi atas dasar kepuasan konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

d. Manajemen Pemasaran

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan nilai ekonomi dari barang dan jasa yang dijual. Suatu produk atau jasa dapat diterima di masyarakat tergantung bagaimana metode dari manajemen pemasaran. Tugas dari pemasaran adalah untuk memperkenalkan jenis bisnis atau perusahaan ke masyarakat luas.

Namun, untuk menjalankan metode pemasaran tidaklah mudah. Orang-orang yang terlibat dalam pemasaran harus menggali informasi mengenai potensial pasar, menyusun program pemasaran, dan melakukan evaluasi pasar.

e. Manajemen Informasi

Melalui manajemen informasi, dapat memastikan apakah bisnis yang sedang dijalankan dapat bertahan untuk waktu yang lama. Ketika bisnis dalam masa sulit, manajemen informasi menjadi sangat krusial. Kekuatan informasi dapat memberi pengaruh terhadap keputusan perusahaan atau bisnis, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Manajemen informasi yang baik mampu menyajikan sumber-sumber informasi yang dapat mendukung berkembangnya kegiatan bisnis. Terlebih informasi mengenai kompetitor. Kinerja dari manajemen informasi akan berdampak pula pada manajemen pemasaran.

Seberapa besar skala bisnismu akan selalu membutuhkan manajemen bisnis. Kelima komponen dasar di atas harus dipersiapkan secara matang, karena manajemen yang baik akan berdampak pada keberhasilan bisnis. Selain itu, mengelola manajemen bisnis dengan komponen di atas juga bisa menjadi tips berbisnis yang membantu kamu menjadi pengusaha sukses.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait