Manajemen Bisnis: Jenis, Fungsi, dan Komponen Didalamnya

5 Komponen Dasar Manajemen Bisnis yang Wajib Ada Dalam Bisnis
5 Komponen Dasar Manajemen Bisnis yang Wajib Ada Dalam Bisnis

Secara umum manajemen merupakan proses kegiatan mulai dari perencanaan, pengarahan, mengoordinasi, serta pengendalian atau pengawasan. Dasar-dasar manajemen sangat penting buat kamu yang bergelut dalam bidang bisnis. Hal ini bertujuan supaya bisnis berjalan sesuai yang direncanakan. Maka dari itu manajemen perlu diperhitungkan secara tepat agar risiko dapat diminimalisir.

Apa Itu Manajemen Bisnis?

Manajemen bisnis tidak hanya sekedar perencanaan bisnis saja, melainkan mencakup prosedur seluruh lini bisnis supaya apa yang jadi tujuan di awal dapat tercapai. Usaha skala menengah pun tak luput dari kebutuhan akan manajemen. Sementara di dalam manajemen itu sendiri terdapat beberapa komponen dasar yang jadi perputaran kegiatan bisnis dalam mencapai target yang diinginkan.

Fungsi Manajemen Bisnis

a. Perencanaan (planning)

Manajemen bisnis memiliki peran penting untuk menetapkan tujuan atau sasaran yang hendak dicapai perusahaan. Perencanaan ini bisa dilakukan beberapa kali, tergantung skala perusahaan demi kepentingan perusahaan secara keseluruhan dan di-break down secara lebih detail untuk masing-masing divisi. Biasanya, manajer akan melakukan evaluasi berbagai alternatif rencana sebelum memilih rencana yang dipilih dan paling cocok diterapkan untuk tujuan perusahaan.

Perencanaan bisa dibilang basis terpenting dari keseluruhan proses manajemen bisnis. Di mana, perencanaan ini adalah pondasi penting untuk mencapai tujuan dan keberhasilan dalam menjalankan bisnis. Tanpa adanya perencanaan yang matang dan detail, proses bisnis tidak mungkin bisa berjalan sesuai harapan.

b. Pengorganisasian (organizing)

Setelah melakukan perencanaan yang matang, kamu bisa melanjutkan manajemen bisnis dengan cara melakukan pengorganisasian rencana tersebut menjadi nyata. Kamu perlu memastikan memastikan agar tugas atau kegiatan tertentu dikerjakan oleh orang yang tepat. Disinilah fungsi pengorganisasian akan membantu. Biasanya, pengorganisasian di perusahaan dibagi berdasarkan fungsi pokok, seperti pemasaran, akuntansi, produksi, administrasi, dan sebagainya.

Di mana, setiap fungsi pokok tersebut idealnya diketahui oleh manajer yang bertanggung jawab kepada direktur utama. Pengorganisasian ini juga bisa dilakukan dengan menentukan tugas apa yang harus dikerjakan, siapa yang mengerjakannya, siapa yang bertanggung jawab atas tugas tersebut, hingga pada tingkatan mana keputusan harus diambil.

c. Pengarahan (directing)

Pada tahap ini, setiap anggota tim harus mengetahui apa yang harus mereka kerjakan demi tercapainya tujuan perusahaan. Meski begitu, mereka tetap membutuhkan dorongan agar bisa terus termotivasi untuk bekerja. Disinilah fungsi pengarahan manajemen sangat dibutuhkan. Biasanya, peran directing dilakukan manajer di masing-masing divisi dan merekalah yang akan memberikan pengarahan melalui metode influencing dan motivating.

d. Pengendalian (controlling)

Untuk memastikan proses manajemen bisnis berjalan optimal dan sesuai rencana, kami perlu memberlakukan fungsi pengendalian. Umumnya, fungsi pengendalian ini meliputi empat kegiatan, yaitu untuk menentukan standar prestasi, mengukur prestasi yang telah dicapai, membandingkan prestasi yang telah dicapai, serta melakukan perbaikan apabila ada penyimpangan dari standar prestasi yang telah ditentukan.

4 Jenis Manajemen yang Diperlukan untuk Bisnis

a. Manajemen keuangan

Sesuai namanya, manajemen ini berfungsi untuk mengatur keuangan bisnis demi arus kas berjalan stabil sehingga pengeluaran tidak lebih besar daripada pendapatan. Dengan adanya pengelolaan keuangan, seluruh komponen keuangan juga akan terdata secara rapi, memudahkan dalam melakukan analisis dan meningkatkan peluang untuk pengambilan keputusan yang lebih akurat dan strategis.

b. Manajemen SDM

Manusia merupukan sumber daya yang penting bagi bisnis dan menjadi pemegang kendali terhadap unsur-unsur lainnya, seperti uang, material, atau mesin. Perannya yang sangat krusial, diperlukan penanganan khusus yang disebut manajemen SDM. Dengan adanya pengelolaan yang tepat, SDM diharapkan bisa saling bekerja sama secara baik, efektif, dan efisien sehingga tujuan usaha atau bisnis dapat tercapai.

c. Manajemen operasional

Manajemen operasional dapat membantu kamu untuk memastikan bahwa kegiatan operasional bisa berjalan sesuai rencana dan kebijakan yang berlaku. Kegiatan ini mencakup hal yang berhubungan dengan proses produksi, mulai dari bahan baku, mesin, teknologi hingga metode yang diterapkan dalam mengubah bahan baku menjadi produk yang siap dijual dan digunakan.

Dengan adanya pengelolaan operasional, kamu bisa memastikan kualitas terbaik untuk bahan baku, mengetahui jumlah bahan baku, waktu yang dibutuhkan dalam proses produksi, bagaimana cara melakukan efisiensi waktu serta tenaga, dan lainnya.

d. Manajemen pemasaran

Untuk mempermudah pelanggan mengetahui produk kamu, perusahaan berarti butuh pemasaran. Ini sangat diperlukan apalagi jika produk kamu tergolong baru, maka kamu harus menjadi pihak yang lebih aktif melakukan promosi untuk membuat target market mengetahui kehadiran produk. Proses pemasaran bisa membantu kamu membuat strategi pemasaran dengan memanfaatkan peluang yang bisa memberikan kesuksesan bisnis

Komponen Dasar

Bagi kamu yang berkeinginan untuk membangun sebuah bisnis atau perusahaan, manajemen wajib jadi bagian penting. Sebab ada lima komponen dasar yang memengaruhi kehidupan bisnis atau perusahaan kamu nantinya. Kelima komponen tersebut diantaranya, adalah:

a. Manajemen Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia termasuk bagian terpenting dalam manajemen selain modal materi. Untuk memenuhi sumber daya manusia perlu perencanaan dan pengelolaan dengan baik. Tidak hanya kuantitas, kualitas SDM juga perlu dipertimbangkan untuk keberlangsungan kegiatan bisnis. Setidaknya terdapat tiga bagian yang memiliki peran dalam mengelola SDM, diantaranya Personalia, Human Resource Management (HRM), dan Human Resource Development (HRD).

b. Manajemen Keuangan

Sudah pasti dalam bisnis membutuhkan manajemen keuangan untuk mengelola arus kas atau keluar masuknya dana. Dengan adanya manajemen ini, anggaran perusahaan atau bisnis dapat dikelola dan digunakan secara tepat. Jika tidak ada manajemen keuangan, maka data anggaran alirannya tidak akan jelas.

c. Manajemen Produksi

Dalam sebuah bisnis ada produk yang ditawarkan kepada konsumen. Disinilah perlu adanya pengelolaan proses produksi sehingga dapat menghasilkan barang atau jasa yang punya nilai jual dan bermanfaat bagi konsumen. Faktor-faktor manajemen produksi diantaranya perencanaan dan pengendalian produksi, kuaiitas mutu barang, dan bahan baku.

Sebuah perusahaan tanpa melibatkan manajemen produksi dipastikan mengalami kerugian materi yang besar. Sementara proses produksi sendiri dipengaruhi atas dasar kepuasan konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

d. Manajemen Pemasaran

Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan nilai ekonomi dari barang dan jasa yang dijual. Suatu produk atau jasa dapat diterima di masyarakat tergantung bagaimana metode dari manajemen pemasaran. Tugas dari pemasaran adalah untuk memperkenalkan jenis bisnis atau perusahaan ke masyarakat luas.

Namun, untuk menjalankan metode pemasaran tidaklah mudah. Orang-orang yang terlibat dalam pemasaran harus menggali informasi mengenai potensial pasar, menyusun program pemasaran, dan melakukan evaluasi pasar.

e. Manajemen Informasi

Melalui manajemen informasi, dapat memastikan apakah bisnis yang sedang dijalankan dapat bertahan untuk waktu yang lama. Ketika bisnis dalam masa sulit, manajemen informasi menjadi sangat krusial. Kekuatan informasi dapat memberi pengaruh terhadap keputusan perusahaan atau bisnis, baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang.

Manajemen informasi yang baik mampu menyajikan sumber-sumber informasi yang dapat mendukung berkembangnya kegiatan bisnis. Terlebih informasi mengenai kompetitor. Kinerja dari manajemen informasi akan berdampak pula pada manajemen pemasaran.

Seberapa besar skala bisnismu akan selalu membutuhkan manajemen. Kelima komponen dasar di atas harus dipersiapkan secara matang, karena manajemen yang baik akan berdampak pada keberhasilan bisnis. Selain itu, mengelola manajemen bisnis dengan komponen di atas juga bisa menjadi tips berbisnis yang membantu kamu menjadi pengusaha sukses.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait