Potensi Ekspor Bumbu Dapur & Rempah Indonesia ke Penjuru Dunia

Potensi Ekspor Bumbu Dapur & Rempah Indonesia ke Penjuru Dunia
Potensi Ekspor Bumbu Dapur & Rempah Indonesia ke Penjuru Dunia

Dalam keseharian gaya hidup Milenial, seberapa seringkah kamu memikirkan bumbu dapur dan rempah? Gaya hidup yang serba instan memang sering menjauhkan kita dari fakta-fakta indah dari negeri ini. Cobalah kamu intip ke dapur dan cari beberapa bumbu dan rempah-rempah khas Indonesia seperti kayu manis, cengkeh, pala, vanili, lada, pala, jahe, dan sebagainya. Jika sudah, coba kamu cek harganya di supermarket terdekat.

Apakah menurutmu harganya masih masuk akal? Mungkin ini masih masuk akal, meski harga di supermarket jauh lebih mahal dibanding pasar tradisional. Tapi tahukah kamu berapa nilai bumbu dan rempah ini di luar negeri?

Nilai Bumbu & Rempah di Luar Negeri

1. Kayu manis diekspor seharga Rp70.000-Rp87.000 per 0,5 kg.

2. Cengkeh diekspor seharga Rp120.000-Rp500.000 ribu per 0,5 kg untuk yang kering atau diolah.

3. Kapulaga (cardamom) diekspor seharga Rp437.000 per 0,5 kg.

4. Harga ekspor spektakuler Vanili Rp729.500 sampai Rp2.900.000 per 0,5 kg. Berasal dari Meksiko, tapi kini Indonesia salah satu produsen terbesar.

 5.  Lada diekspor seharga Rp110.000 per 0,5 kg.

6. Pala diekspor seharga Rp110.000 per 0,5 Kg.

7. Jahe diekspor dengan harga Rp10.000-14.000 per 0,5 kg.

Potensi Naiknya Permintaan Ekspor Pasar Dunia

Kementerian Perdagangan mendorong peningkatan ekspor bumbu dapur dan rempah Indonesia ke Belanda. Hingga akhir triwulan ke II 2019 ekspor rempah Indonesia ke Belanda tercatat sebesar 12,6 juta dolar AS, meliputi kayu manis, lada putih dan hitam, pala, vanila, jahe, kunyit, serta daun salam.

Mendominasi total impor kayu manis di Belanda pada triwulan I lalu dengan 47,2 %, Indonesia menjadi salah satu pemasok utama. Dengan tren impor sebesar 57,0% per tahun selama tiga tahun terakhir, potensi pasar komoditas ini di Belanda masih sangat besar. Seperti diungkap oleh Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementrian Perdagangan dan Biro Humas dan Informasi Publik Kementrian Pertanian, nilai ekspor pertanian Indonesia naik 25,19% atau senilai US$ 0,32 miliar didorong oleh bumbu dapur dan rempah.

Rencana Pasar Ekspor Bumbu Dapur Indonesia

Pasar eskpor bukan hanya Amerika Serikat, India, dan Tionghoa saja, tapi juga Korea Selatan, Jerman, Brasilia, Kanada, Turki, Malaysia, Pakistan, Bangladesh, Mesir, Belanda, Italia, Spanyol. Portfolio ekspor bumbu dapur Indonesia selanjutnya adalah:

1. Jahe diekspor ke Amerika Serikat, Belanda, Pakistan, Bangladesh, Jerman

2. Vanili diekspor ke Amerika Serikat, Kanada, Mauritius, Belanda, Belgia

3. Lada diekspor ke Amerika Serikat, India, Spanyol, Kanada, Mesir

4. Kayu Manis diekspor ke Belanda, Peru, Bangladesh, Kanada, Korea Selatan 

Kemudahan Prosedur Ekspor

Buat kamu yang mulai tertarik dengan bisnis ini, yuk simak beberapa prosedur yang harus dilalui untuk melakukan ekspor bumbu dan rempah khas Indonesia ini.

1. Lakukan Survei Pasar: Cek di www.insw.go.id.

2. Persiapkan Produk: Proses pengemasan harus seksama.

3. Persiapan Dokumen Pemberitahuan Barang Ekspor (PEB) seperti: Data Eksportir, Data Penerima Barang, Data Costums Broker.

4. Sarana Pengangkut.

5. Negara tujuan.

6. Detil Barang & nomor kontainer PEB diajukan ke kantor Bea Cukai setempat.

7. Setelah disetujui, diterbitkan dokumen Nota h. Persatuan Ekspor (NPE).

8. Stuffing & pengapalan via udara, laut, atau darat.

9. Asuransi barang/kargo jika menggunakan CIF.

10. Mengambil pembayaran di Bank (jika menggunakan LC / pembayaran di akhir).

Mudah bukan? Jadi tunggu apalagi? Yuk manfaatkan kekayaan Indonesia sebagai salah satu peluang bisnis ekspor impor. Dengan memanfaatkan peluang ini, kamu bisa dengan mudah mendapatkan keuntungan yang cukup besar. Di mana, keuntungan ini bisa kamu gunakan untuk investasi baik reksa dana maupun saham. Namun, jika dirasa kamu belum mampu memulai bisnis ini, kamu masih bisa mendapat keuntungan dengan memulai investasi di Ajaib.co.id.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait