Tips Memilih Karpet Lantai untuk Mengubah Suasana Ruangan

memilih karpet lantai
memilih karpet lantai

Karpet lantai merupakan sebuah dekorasi yang digunakan untuk lantai rumah dan dapat diaplikasikan di ruangan manapun di rumah kamu. Dalam memilih karpet lantai juga bervariasi dari ragam bentuk, ukuran, material dan juga harga.

Dengan atau tanpa karpet lantai, suasana rumah seperti ruang tamu, ruang makan, ruang tidur atau ruang keluarga akan terasa berbeda. Itu karena karpet lantai tergolong salah satu elemen dekorasi yang mampu berbaur dengan tampilan interior.

Meski demikian, jangan asal memilih karpet lantai dalam ruangan kamu, pemikiran model karpet lantai, bentuk karpet lantai dan material karpet lantai harus kamu sesuaikan dengan interior kamu. Karena keserasian interior akan menjamin suasana yang dihasilkan ruangan kamu.

Jika kamu ingin memiliki suasana baru dalam salah satu ruangan kamu dengan menambah interior karpet lantai, ini beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan :

Memilih Karpet Lantai

Dalam pemilihan karpet lantai tentu kamu cenderung mencari harga termurah terlebih dahulu. Namun perlu kamu ketahui bahwa menumbuhkan suasana ruangan tak hanya berpatokan pada harga karpet lantai saja, namun juga kesesuaian dengan interior yang ada.

Dalam memilih karpet lantai, pertimbangan lain yang perlu kamu pikirkan adalah bentuk ruangan kamu, karpet lantai yang nantinya akan diletakkan dimana, kesesuaian warna dan tema serta model yang pantas.

Ukuran Karpet Lantai

Ukuran karpet lantai juga berpengaruh pada suasana ruangan kamu, yang membuat tampak nyaman atau malah sebaliknya. Jangan sampai sebuah ruangan terkesan ‘maksa’ karena ukuran karpet lantai yang terlalu besar atau terlalu kecil. Sesuaikanlah ukuran dengan beberapa furnitur, warna tembok / lantai dan ukuran ruangan kamu.

Ukuran Ruangan

Dalam memilih ukuran karpet lantai, ukuran ruangan memang sangat dibutuhkan untuk menentukan ukuran karpet lantai yang sesuai. Jika ukuran ruangan kamu sangat luas, karpet dengan ukuran besar bisa kamu pilih. Jika ukuran ruangan kamu kecil, maka pilihlah karpet lantai yang kecil. Untuk berbandingan ukuran ruangan dan ukuran karpet sekitar 1 : 3.

Material Karpet

Dalam memilih material karpet lantai, kamu akan sedikit bingung. Hal ini karena ada beberapa jenis karpet lantai yang mungkin kamu suka, namun tidak sesuai dengan ruangan kamu. Atau karpet lantai yang materialnya kamu tidak suka justru cocok ke ruangan kamu.

Nah, jika demikian pilihlah yang material karpet lantai yang fungsional. Misalkan jika karpet lantai diletakkan di ruang tamu maka jenis karpet lantai berbahan tebal microfiber sangat cocok digunakan. Jika karpet lantai akan diletakkan di ruang keluarga untuk tiduran maka gunakanlah yang berbahan lembut seperti wol. Dan jika karpet lantai digunakan untuk di bawah meja makan, maka gunakanlah yang berbahan pvc, menyerap air dan mudah dibersihkan.

Motif Karpet

Motif karpet lantai sangat penting dimana nantinya motif akan memunculkan karakter si pemilik rumah. Dengan karpet lantai bermotif polos, akan menunjukkan si pemilik rumah yang menyukai ragam interior minimalis. Jika kamu memilih bermotif bunga-bunga atau corak ramai, maka si pemilik rumah adalah tipe yang ceria.

Namun demikian dalam memilih motif karpet lantai anda juga perlu mempertimbangkan warna interior yang sudah ada, sehingga karpet lantai mampu berbaur dan memberikan suasana yang baru dan pastinya lebih nyaman.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait