Tips Menjadi Penulis dan Contoh Artikel yang Baik

Tips Menjadi Penulis & Contoh Artikel yang Baik
Tips Menjadi Penulis & Contoh Artikel yang Baik

Profesi penulis semakin naik daun belakangan ini. Pekerjaan ini menjadi salah satu banyak incaran orang untuk menghasilkan uang. Terlebih lagi dengan tingginya kebutuhan akan konten dengan contoh artikel yang sesuai sehingga penulis merupakan salah satu pekerjaan yang paling dicari.

Kita mengenal banyak penulis sejak zaman dahulu kala. Filsuf besar seperti Plato dan Satre dikenal juga sebagai salah satu penulis terbesar. Sedangkan di level nasional, kita pasti sangat paham dengan nama seperti Tere Liye atau Eka Kurniawan. Adapula penulis novel anak-anak dan remaja, JK Rowling dengan bukunya Harry Potter the series yang sukses menjadi miliarder karena karyanya.

Jika dahulu pekerjaan menulis artikel, novel, berita atau buku kerap diidentikkan sebagai profesi yang tidak terlalu menguntungkan maka tidak demikian dewasa ini. Karya tulisan terbukti menjadi sesuatu yang dicari dan dibutuhkan oleh orang apapun industri, perusahaan dan pekerjaannya. Kamu bisa mendapatkan penghasilan yang memadai bahkan menjadi kaya dengan menulis.

Dengan berkembanganya kebutuhan akan internet dan konten-konten di dalamnya, salah satu pekerjaan yang paling dicari sekarang adalah penulis artikel. Coba perhatikan berapa banyak artikel yang kamu baca dalam sehari lewat gadgetmu. Perhatikan pula berapa banyak tulisan yang tersedia lewat internet saat ini. Karena itulah penulis dengan contoh artikel terbaik akan selalu dicari.

Saat ini banyak orang yang ingin memulai pekerjaan sesuai dengan hobinya, salah satu hobi yang saat ini sedang tren adalah menulis artikel. Meski begitu, masih banyak juga orang yang belum memahami cara menulis yang baik dan contoh artikel yang seperti apa yang benar-benar baik dan sesuai dengan kebutuhan orang.

Padahal, menulis merupakan salah satu pekerjaan yang bisa dipelajari oleh siapa saja yang ingin belajar. Pekerjaan yang berasal dari hobi ini memang tampak menjanjikan karena yang pertama karena itu hobi kita tidak akan pernah merasa bosan dan terbebani ketika mengerjakannya. Ya, mungkin beban itu ada, tapi biasanya beban berasal dari faktor lain.

Lalu, karena pekerjaan itu adalah hobi, kita akan mau berkembang terus mengasah kemampuan. Di dunia tidak ada kemampuan yang didapat dengan sekali dilakukan, kemampuan yang baik ada karena dilakukan terus-menerus tanpa mengenal lelah. Lalu apa saja hal yang harus diperhatikan ketika kamu ingin mendalami pekerjaan sebagai penulis?

Berikut adalah tips menjadi penulis yang Ajaib susun khusus hanya untukmu.

#1 Kenali Hobimu

Pertama yang harus kamu lakukan ketika ingin menjadikan hobimu menghasilkan uang adalah kamu harus tahu dan mengenal dulu hobimu ini apa. Misalnya hobimu adalah menulis novel, kamu pun bisa melakukannya dengan cara mulai menulis sendiri dulu, dan tentunya banyak membaca novel-novel yang kamu senangi.

Ada banyak penulis novel sekarang yang mengawali kariernya dengan menulis di platform online seperti Wattpad. Penerbit besar seperti Gramedia dan Bentang Pustaka juga telah menerbitkan beberapa novel yang diangkat dari platform online. Bahkan banyak pula yang kesuksesannya berlanjut karena dingangkat menjadi film layar lebar. Karena itu tak ada salahnya jika kamu memelihara hobimu dan rutin menulis lewat platform apapun dengan jenis tulisan apapun.

Contoh lain kesuksesan menjadi penulis adalah Zarry Hendrik yang kini dikenal sebagai penyedia jasa caption. Ia berhasil meraih puluhan juta dengan menyediakan jasa menulis artikel, caption, bahkan kata lamaran yang puitis bagi pasangan kekasih. Hal ini berawal dari hobinya merangkai kata yang indah dan puitis di social media sehingga banyak orang yang tertarik.

Kegalauanmu bisa menjadi salah satu sumber inspirasi untuk menulis puisi, novel atau bahkan artikel. Namun tentunya kamu harus rajin berlatih agar berhasil menyusun tulisan yang menarik dibaca banyak orang.

Membaca adalah cara yang cukup efektif untuk mendapatkan ide dan tahu bagaimana cara menulis yang baik dan benar karena menulis tidak bisa sembarangan memilih kata dan ejaan. Selain itu, kamu juga harus memerhatikan bahwa sebuah artikel diharuskan memiliki topik yang jelas. Misalnya adalah artikel tentang hobi yang bisa menghasilkan uang seperti yang kamu baca saat ini.

#2 Ikuti Pelatihan

Lalu, kamu bisa mengikuti pelatihan menulis dari yang ahlinya. Sekarang cukup banyak pelatihan menulis dari penulis-penulis profesional. Mungkin ada beberapa pelatihan yang berbayar namun banyak pula tersedia pelatihan menulis gratis yang bisa kamu ikuti asalkan kamu cermat mencari informasinya.

Kamu bisa mendapatkan sudut pandang dari para penulis yang berpengalaman itu tentang teknis penulisan yang tepat, memilih tema yang menarik sampai caranya menggaet banyak pembaca. Meskipun kamu mungkin sudah berpengalaman dan mencari informasi sebanyak mungkin tentang contoh artikel dan tulisan yang baik namun tetap saja pengalaman para penulis tersebut tak akan bisa berbohong.

Kamu juga bisa mendapatkan tips bagaimana menjadikan hobimu menjadi suatu pekerjaan yang menghasilkan. Jika selama ini hanya menulis novel, gali informasi bagaimana tulisanmu bisa dilirik oleh penerbit. Jika ingin menjadi penulis artikel, ketahui artikel yang seperti apa yang bisa menarik semakin banyak pembaca di tengah perkembangan literasi digital seperti sekarang.

Pelatihan ini bisa mendatangkan jaringan juga karena kamu akan berkenalan dengan orang-orang yang punya profesi yang sama sepertimu. Meskipun mungkin masih sama-sama berjuang menjadi penulis paling tidak kamu bisa menemukan rekan sejawat yang bisa saling berbagai informasi.

#3 Cara Menerbitkan Tulisan

Kemudian kamu bisa mencari tahu bagaimana caranya tulisanmu bisa diterbitkan. Saat ini semua penerbit di Indonesia cukup mudah dihubungi karena adanya internet, mereka memberikan e-mail yang bisa dihubungi untuk kamu mengirimkan naskah novel. Kamu harus rajin mencari informasi seperti ini.

Itulah beberapa hal yang harus kamu perhatikan ketika ingin memulai bisnis sesuai dengan hobi menulis. Lalu bagaimana cara menulis yang baik? Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah menentukan topik yang ingin kamu tulis. Misalnya adalah topik tentang tips. Lalu lebih diperjelas lagi tips seperti apa. Kamu bisa menentukan seperti contoh artikel di atas, misalnya tips menjaga kesehatan tubuh bagi orang tua.

Kemudian, kamu bisa langsung memberikan judul dan mulai menulis. Gunakan paragraf pertama yang langsung ke topik utama agar pembaca tahu dan tertarik untuk membaca sampai akhir. Seperti contoh artikel di atas, kamu diharuskan menulis artikel menggunakan bahasa dan tulisan yang baik dan benar sehingga artikel tersebut menjadi lebih mudah dipahami. Perhatikan tanda baca, dan ejaan yang sesuai dengan EBI. Jangan lupa latihan menulis terus agar kemampuanmu ini terasah dengan baik.

Cara Menyusun Contoh Artikel yang Berkualitas ala Penulis Hebat

Seseorang dengan pekerjaan ini bertanggung jawab memberi informasi terbaru dan menarik yang mudah untuk dipahami orang banyak. Untuk itulah, penting untuk para penulis memiliki teknik penulisan yang matang agar bisa membuat jenis artikel yang enak dibaca. Kamu juga perlu jeli memahami isu terkini dan target pembacamu untuk membuat artikel yang diminati banyak orang.

Berbagai alasan itulah yang kemudian memotivasi banyak anak muda dan mahasiswa kini untuk menjadi penulis khususnya artikel. Apalagi pekerjaan penulisan artikel tidaklah terikat waktu dan tempat alias bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja. Pekerjaan ini juga menjadi solusi bagi milenial yang ingin bekerja dengan sistem remote alias jarak jauh.

Bayangkan kamu tidak perlu repot ke kantor dan menghadapi atasan dengan syarat artikel yang kamu buat berkualitas. Kamu akan dibayar sesuai pekerjaanmu yang tentunya juga kamu sukai. Namun harus diketahui pula bahwa menjadi penulis yang menghasilkan artikel menarik bukan sesuatu yang gampang dilakukan begitu saja.

Ada sejumlah tahapan yang wajib kamu lakukan untuk bisa menghasilkan contoh artikel yan baik.

1.  Lakukan Riset

Langkah pertama yang tidak boleh kamu lewatkan adalah melakukan riset demi membuat artikel yang menarik juga tepat guna. Kamu harus tahu untuk apa artikelmu dibuat dan siapa target pembaca yang diincar. Setelah itu, lakukan riset kata kunci agar kita mengetahui selera pasar soal artikel yang akan kita tulis.

Tentunya in berkaitan dengan tema artikel yang akan kamu tulis. Misalnya kamu ingin bicara soal investasi maka kamu tahu bahwa keyword seperti OJK dan reksa dana adalah salah satu yang paling sering digunakan. Tahapan ini penting kalau kamu ingin tulisanmu dibaca sebanyak mungkin orang. Terlebih lagi dengan perkembangan dengan dunia digital yang semua artikel dicari dengan kata kunci.

2.     Susun kerangka artikel

Tahapan kedua yang wajib dilakukan oleh penulis artikel adalah menyusun kerangka artikel. Kerangka ini ibaratnya adalah rencana yang nantinya akan kamu ikuti seiring dengan perjalanan penulisan artikelmu. Bahkan kerangka tulisan adalah sesuatu yang vital untuk mempermudah kamu menyusun tulisan yang menarik dan baik.

Kamu bisa memulainya dengan judul artikel yang menarik kemudian dilanjutkan dengan ide apa yang akan kamu ekspolorasi. Misalnya contoh artikel yang ingin kamu tulis adalah soal pariwisata di Bali yang wajib dikunjungi maka kamu bisa membaginya menjadi subtema. Salah satu contohnya adalah tempat wisata yang murah atau cocok bagi keluarga.

Kerangka artikel yang matang akan cukup menjadi nyawa tulisanmu. Kamu juga bisa menulis artikel yang relevan dan tidak melenceng dengan adanya kerangka ini. Banyak tulisan yang awalnya bicara soal A namun berakhir dengan K, pastika kamu tidak melakukan kesalahan ini.

3.   Mencari referensi

Penulis handal tak akan bisa bekerja tanpa adanya referensi. Itulah mengapa banyak penulis memiliki hobi membaca karena aktivitas ini memberi kesempatan untukmu mendapatkan referensi sebanyak mungkin baik soal teknis maupun konten artikel.

Seorang penulis harus terus-terusan memperbarui pengetahuannya soal dunai penulisan dengan terus mencari referensi terbaru. Referensi juga penting untuk membuat artikel yang padat berisi agar pembacamu mendapatkan pengetahuan baru pula.

Jangan sampai artikel yang kamu buat hanya panjang dan bertele-tele tapi tidak memiliki isi. Kamu bisa mencari referensi lewat buku, jurnal maupun berbagai artikel yang mudah didapati di internet. Dari referensi itu, baru kamu bisa merangkai artikel yang baik dan menarik seperti yang direncanakan di awal.

Perlu kamu ketahui bahwa mungkin saat ini sulit sekali menyusun artikel yang benar-benar baru. Namun kamu hanya perlu memastikan jika karyawamu adalah suatu artikel yang orisinil dan dilatarbelakangi berbagai referensi yang kamu baca selama ini. Tahapannya sama seperti kamu menyusun tugas kuliah, kamu membaca berbagai buku dan kemudian menulisakan hasil pemikiranmu dalam artikel tersebut.

4.     Optimalisasi SEO

SEO alias Search Engine Optimization adalah sesuatu yang sangat dijunjung tinggi dalam dunia kepenulisan artikel online belakangan. Sesuai namanya, optimalisasi ini akan memungkin artikel yang kamu dibuat dianggap berkualitas oleh mesin pencari internet.

Di era ketika semua orang mengandalkan mesin pencari untuk mendapatkan contoh artikel yang sesuai maka SEO menjadi kunci. Pahami dan terapkan langkah optimalisasi ini agar artikel buatanmu dibaca semakin banyak orang dan kemudian memberikan manfaat bagi masyarakat luas.

Bacaan menarik lainnya:

Lupiyodadi, Rambat. (2013). Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi Ketiga. Salemba Empat. Jakarta.
Murni, Asfia & Lia Amaliawati (2012). Ekonomika Mikro. Bandung: Refika Aditama,


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait