Hobi Shopping Emas Bukan Berarti Giat Investasi Emas

Investasi Emas

Saat mendengar kata investasi emas, seringkali orang masih menganggapnya sebagai rajin shopping perhiasan emas. Padahal emas hadir dalam berbagai macam wujud berbeda, yang masing-masing memiliki karakteristik nilai tersendiri. Emas memang berharga, tapi tidak semuanya adalah instrumen investasi.

Investasi adalah suatu aktivitas menempatkan dana pada satu periode tertentu dengan harapan penggunaan dana tersebut bisa menghasilkan keuntungan dan/atau peningkatan nilai investasi.

Apakah Sebenarnya Investasi Emas Itu?

Investasi emas adalah penanaman modal ke dalam bentuk emas atau logam mulia yang berkaitan dengan tujuan meraih akumulasi nilai dari nilai awal, sehingga mencapai keuntungan dalam bentuk peningkatan nilai emas sesuai harapan di masa depan.

Keuntungan Investasi Emas Batangan 24K

1. Tidak ada pergeseran atau perubahan kualitas dan nilai tetap tinggi.

2. Risikonya sangat rendah karena harganya relatif stabil dan cenderung naik.

3. Tidak menimbulkan biaya-biaya tambahan.

4.  Mudah dijual dan diubah bentuk.

5.  Dana untuk investasi awal cukup ringan jika dalam bentuk tabungan emas.

Kerugian Investasi Emas Batangan 24K

1. Tidak bisa dikenakan untuk mempercantik penampilan.

2. Tidak terlalu mudah didapatkan di sembarang toko emas.

3. Perlu tempat penyimpanan yang lebih aman.

4. Harga satuan terkecil cukup tinggi jika tidak dalam bentuk tabungan emas.

Keuntungan Membeli Perhiasan Emas

1. Bisa dikenakan untuk mempercantik penampilan

2. Bisa menaikkan status sosial

3. Merupakan benda seni hasil karya pengrajin berbakat

4.  Mudah dibeli, dijual dan diubah bentuk

5.  Bisa dibeli dalam pilihan yang harganya terjangkau

Kerugian Beli Perhiasan Emas dari Persepsi Investasi

Selalu ada biaya ongkos pembuatan yang menyebabkan nilai saat menjual kembali selalu lebih rendah dari nilai saat pertama membeli. Biaya ongkos pembuatan tersebut semakin membengkak dari tahun ke tahun, disebabkan oleh kenaikan tarif keahlian tenaga pengrajin dan kompleksitas desain model perhiasan. Semakin rumit desain perhiasan, semakin mahal ongkos pembuatannya.

Banyak opini yang berkeras bahwa biaya ongkos pembuatan ini akan bisa tertutupi dengan jangka waktu kepemilikan yang cukup lama. Lalu, bukankah itu berarti hanya upaya untuk menjadikannya impas, bukan untung? Jika dipaksakan untuk untung, kerugian jangka waktu penyimpanannya yang terlalu panjang tak akan lagi setimpal dengan pertambahan nilainya.

Perhiasan berbahan emas yang bukan emas murni 24K akan mengalami relativitas harga, karena sifatnya yang merupakan campuran dengan logam lain. Jika sering dikenakan, akan mengalami penyusutan kualitas, yang akan menjadi celah bagi penurunan nilai jual.

Jawaban untuk Tujuan dan Manfaat Berbeda

Tidak ada yang salah dengan shopping perhiasan emas maupun investasi emas, jika masing-masing dilakukan atas pemahaman yang benar dan sadar, tidak salah kaprah.

Investasi emas 24K bertujuan meraih nilai keuntungan tertentu yang bisa menutupi efek inflasi di masa depan. Sementara kebutuhan untuk tampil cantik dengan perhiasan emas maupun hobi mengoleksi perhiasan emas yang indah, sama-sama kebutuhan manusiawi akan keindahan, yang ujung-ujungnya mendatangkan inspirasi dan kebahagiaan.

Hati yang bahagia sama berharganya dengan investasi yang menguntungkan lho!

Bacaan menarik lainnya:

Halim, A. (2005). Analisis Investasi. Jakarta: Alfabeta

Jogiyanto, H. (2015). Teori Portofolio dan Analisis Investasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait