Berapa Besaran Ideal Gaji Bulanan Milenial untuk Shopping?

gaji bulanan milenial
gaji bulanan milenial

Shopping adalah sebagian dari entertainment, aktivitas sekaligus gaya hidup Milenial yang hasilnya adalah kesegaran mental untuk siap kembali berkarya, lalu berapa besaran gaji bulanan milenial yang ideal untuk dana aktivitas ini?

Proporsi Gaji Bulanan Milenial untuk Dibelanjakan

Supaya hasil kerja tidak habis begitu saja setiap bulannya, generasi Milenial harus pintar-pintar menyisihkan sebagian dana untuk keperluan berbelanja atau shopping. Kok shopping sih? Bukannya ditabung? Tenang, artikel ini membahas besaran ideal dari gaji bulanan milenial untuk disisihkan sebagai dana shopping karena artikel yang membahas besaran ideal dana tabungan sudah banyak dan keren-keren!

Please, jangan buru-buru men-judge shopping dengan cap buruk. Shopping adalah sebagian dari entertainment, aktivitas Milenial yang hasilnya adalah kesegaran mental untuk siap kembali berkarya. “Work hard, play hard”. Para Milenial jenius yang workaholic sepanjang weekdays, perlu untuk menjadi totally impulsive di weekend. Kenapa? Untuk mengendorkan syaraf-syaraf jenius yang ‘diperas’ habis di tempat kerja!

Shopper impulsif cenderung mengalami kekurang-bahagiaan (stress kerjaan?), sehingga berbelanja untuk mengembalikan mood-nya (suasana hatinya). Merasa bahwa membeli barang bagus yang disukai akan mengundang rasa bahagia dan kekaguman, hal yang dipersepsi sebagai jalan menuju kebahagiaan ini memotivasi shopper impulsif untuk pergi shopping. – Ian Zimmerman Ph.D.

Nggak dosa kok untuk shopping jeans yang mirip dengan yang sudah ada di lemari, nggak zalim kok untuk shopping action figure padahal minggu lalu sudah. Menurutkan keinginan shopping impulsif itu tidak sepenuhnya merusak. Bahkan bisa bermanfaat jika di-manage dengan dosis yang tepat. Yang penting hasilnya adalah kebahagiaan dan kesegaran mood (suasana hati) untuk siap kembali berkarya!

Nah, sehubungan dengan “dosis yang tepat” tadi, berikut ini pemikiran yang akan memudahkan profesional Milenial menyisihkan uang untuk tabungan, dan tahu berapa besaran yang ideal untuk dana shopping:

Besaran Ideal Untuk Dana Tabungan 10% hingga 20% Dari Gaji 

Di dunia keuangan, ada teori populer yang banyak dipakai untuk menabung yaitu  50/30/20. Besaran ini bukanlah besaran mutlak, karena profesional Milenial punya keputusan masing-masing dalam pengaturan keuangan sesuai kondisi. Praktisi bisnis dan keuangan, Godo Tjahjono berpendapat bahwa besaran 20% dari gaji khusus untuk tabungan, 30% untuk entertainment, serta sisanya untuk biaya hidup tidak wajib, namun ideal. 

Kebahagiaan Di Dalam Besaran 30%

Ada banyak kebahagiaan menanti di dalam besaran ideal dana entertainment 30% dari gaji. Hiburan adalah aspek penting dalam hidup, karena bisa efektif mengembalikan produktifitas bila dikelola dengan dosis yang tepat. Hiburan yang membahagiakan bisa berbeda untuk tiap individu. Bisa nonton, kulineran, atau bisa juga shopping! Mengelola dorongan shopping impulsif di dalam kerangka besaran dana yang terukur akan menjadikan siapapun kembali bahagia di awal minggu!

Taati Hitungan Besaran, Lupakan Perencanaan

Shopping impulsif terkalkulasi ini bagaikan terapi kebugaran mental para profesional Milenial. Lupakan ritual budgeting yang akan bikin sama depresinya dengan lembur di kantor. Alokasikan dana (yang tidak melebihi besaran 30%) tadi dalam satu akun e-money, lupakan credit card ataupun pundi-pundi lain.

Jelajahi shopping arcade yang suasananya paling disukai bersama orang-orang yang paling dicintai, cuci-matalah sepuasnya ke seluruh penjuru mata angin. Di jam-jam terakhir shopping hours, belilah barang jawara yang hari itu sudah mencuri hati! Atau untuk yang gila online shopping, sesegera mungkin mulai browsing dan nego, agar di penghujung minggu sudah deal, transfer dan tinggal nunggu paket untuk unboxing!

Jika masih ada sisa dari besaran ideal dana entertainment  30% tadi, variasikan entertainment berikutnya dengan happy experience yang berbeda. Shopping lagi juga mantul kok!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait