Emas, Investasi

Situs Tepercaya untuk Cek Harga Emas Sebelum Membelinya

Ajaib.co.id – Sebagai investor emas, mengecek harga emas tentu sudah menjadi rutinitas, karena setiap harinya, harga dan nilai ini akan terus berbeda, bisa jadi naik, atau malah turun. Mengecek harga terbaru menjadi salah satu pijakan investor dalam mengambil keputusan. Apalagi di masa pandemi virus corona seperti saat ini. Harga logam mulia ANTAM terus naik dan turun.

Harga ANTAM hari ini, 20 Agustus 2021, nilai emas 24 karat Antam turun Rp 1.000 per gram dan berada di posisi Rp946.000. Sedangkan, harga buyback emas Antam hari ini menjadi berada di angka Rp826.000 per gram, dari sebelumnya sebesar Rp 827.000 per gram.

Beruntunglah saat ini kita hidup di era digital di mana hampir semua informasi dapat diperoleh dengan mudah. Bayangkan jika kita harus terus-menerus mendatangi toko emas hanya untuk menanyakan harga membeli dan harga menjual emas hari ini. Kita akan sangat mungkin ketinggalan momen pergerakan emas dengan cara ini.

Situs Terbaik untuk Cek Harga Emas Terbaru

Ada banyak situs yang bisa diandalkan untuk mengecek harga emas hari ini. Ayo kita intip situs-situs terbaik untuk mengecek nilai emas!

1. Harga Emas (https://harga-emas.org/)

Tanpa basa-basi, di halaman utama harga-emas.org, kamu akan segera dapat melihat harga terbaru setiap harinya. Harga diperbarui secara berkala hingga pada jam-jam tertentu.

Ada informasi juga tentang harga beli dan jual emas batangan ANTAM dan UBS. Kamu juga bisa melihat riwayat pergerakan emas dunia hingga lima tahun ke belakang di website satu ini.

2. Logam Mulia (http://www.logammulia.com)

Situs Logam Mulia merupakan Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia dari PT Aneka Tambang (ANTAM) Tbk. Kamu tentu sudah tahu, emas batangan 99,99 persen yang paling diminati untuk investasi berasal dari perusahaan BUMN satu ini. Jadi, segala informasi mengenai emas di situs Logam Mulia sudah pasti terjamin.

Selain bisa mengecek harga emas ANTAM yang terbaru, kamu bisa melakukan banyak hal di situs ini. Kamu bisa beli emas batangan ANTAM secara online sekaligus mengambil layanan penyimpanan di brankas. Situs ini juga menampilkan informasi sekaligus menjual produk logam mulia lainnya seperti perak serta koin dinar dan dirham.

Tersedia juga produk-produk pilihan seperti emas batangan seri batik, Gift Series untuk kado, hingga produk industri seperti perak nitrat dan peralatan berbahan platina. 

Kamu bisa mencoba cek harga di situs jual-beli emas lainnya yang dikelola swasta. Jangan lupa cermati selisih harga serta fasilitas layanannya, ya.

3. Pegadaian (https://www.pegadaian.co.id/harga) 

Emas Pegadaian saat ini tengah populer di masyarakat dengan produk tabungan emasnya. Bagaimana tidak, kini masyarakat bisa memiliki emas dengan menabung. Uniknya, setiap setoranmu yang memenuhi minimal setoran akan langsung dikonversi ke satuan gram emas.

Misalnya harga emas pada 27 Agustus 2020 tahun lalu adalah Rp1.019.000 per 1 gram, dan kamu membeli emas 5 gram dengan harga saat ini yaitu Rp4.505.000, dan kamu menyetor dana ke tabungan sebesar Rp4.505.000, setoran yang tercatat di buku tabungan emasmu adalah sebesar 5 gram emas, bukan lagi dalam rupiah.

Situs Pegadaian juga menyediakan harga terbaru, baik emas batangan ANTAM (termasuk seri retro dan batik) maupun UBS. Harga emas batangan meliputi beli dan jual, serta tabungan emas.

4. Media massa dan media online

Media-media massa tertentu ada yang menampilkan perkembangan nilai emas setiap harinya. Contohnya, kolom kabar emas di rubrik ekonomi dalam sebuah surat kabar. Selain surat kabar, perkembangan nilai emas biasanya juga rutin dikabarkan melalui media-media online, terutama media bersubjek ekonomi, bisnis, dan investasi.

Dengan mengetahui harga terbaru melalui media massa dan online, kamu sekaligus bisa membaca informasi-informasi tambahan lainnya yang penting. Misalnya, mengetahui perkembangan ekonomi dan bisnis terbaru. Sebagai investor, tentu kamu wajib tahu perkembangan dunia dan segala hal yang berpengaruh terhadap investasimu.

Masih banyak lagi sumber lainnya yang bisa kamu tuju untuk mendapatkan informasi seputar harga terbaru. Kalau bingung, kamu tinggal ketikkan kata pencarian terkait harga di mesin pencari Google. Dijamin semua situs yang menampilkan harga akan langsung tersaji di depanmu. Namun, pastikan situs-situs yang kamu tuju kredibel ya, sebagaimana contoh-contoh di atas.

Tips Jual Beli Emas Batangan

Bicara soal investasi emas, kita akan persempit pembahasan seputar jual beli emas batangan. Ya, untuk berinvestasi, pilihlah emas batangan 99,99 persen murni dengan harga yang sudah dipatok. Emas batangan berbeda dengan perhiasan emas yang sering kali sudah dicampur bahan lain dan nilai jual kembalinya lebih rendah.

1. Pilih Tempat Pembelian yang Tepercaya

Tentukan tempat pembelian emas batangan yang tepercaya. Jangan sampai kena tipu, apalagi jika kamu melakukan pembelian emas secara online. Dengan pembelian secara online, biasanya kamu hanya akan melihat sertifikat emas tanpa memegang fisik emas secara langsung.

Jika memang ingin membeli emas batangan secara online, pastikan dari pihak yang menjamin keaslian emas, misal dari situs Logam Mulia yang dikelola PT ANTAM Tbk. Tempat-tempat lainnya yang menjamin keaslian emas yang dijual, baik untuk pembelian maupun tabungan, misalnya Pegadaian, Kantor Pos, Butik Emas, dan bank-bank yang menawarkan emas.

2. Cek Fisik Emas Batangan

Cek fisik emas batangan untuk memastikan tidak ada kerusakan, goresan, dan kekurangan lainnya yang dapat menurunkan kualitas emas. Cara ini bisa dilakukan jika kamu membeli emas secara langsung di tempat penjualan emas.

3. Simpan Emas di Tempat yang Tepat

Ketiga, pastikan untuk menyimpan emas batangan dengan baik agar awet dan tentunya aman. Akan lebih baik jika kamu menggunakan jasa titipan emas pada lembaga tepercaya, seperti Pegadaian atau Butik Emas.

Keuntungan & Kekurangan Investasi Emas

1. Keuntungan Investasi Emas

a. Sifatnya yang Mudah Dicairkan

Investasi emas memberikan keleluasaan bagi kamu untuk mencairkannya ke dalam bentuk uang tunai dengan cara mudah dan waktu singkat, serta lebih fleksibel daripada jenis investasi lainnya.

b. Bebas Pajak

Berbeda dengan memiliki saham perusahaan, ketika kamu membeli emas untuk berinvestasi kamu tidak akan dikenakan pajak investasi. Sehingga, nilainya sudah pasti sesuai harga beli dan harga jual yang berlaku saat itu.

c. Melindungi Nilai Kekayaan

Emas memiliki kecenderungan nilai yang selalu meningkat dari tahun ke tahun, apalagi jika kamu menginvestasikannya dalam jangka panjang. Investasi emas bisa melindungi nilai kekayaan seseorang yang dicerminkan dari harganya yang selalu stabil dan cenderung mengalami kenaikan, sehingga ketika dijual kembali, pemegang investasi emas cenderung mendapatkan hasil balik yang lebih tinggi.

2. Kelemahan Investasi Emas 

a. Risiko Kehilangan yang Cukup Tinggi 

Risiko ini muncul dari kejadian perampokan dan pencurian yang mungkin terjadi terutama jika perhiasan yang digunakan cukup banyak atau mencolok. Untuk melindungi aset kamu, pemegang investasi emas biasanya bersedia membayar lebih banyak dana untuk menyewa safe deposit box.

b. Harganya Fluktuatif

Meski kecenderungan harga emas selalu meningkat, namun peningkatan itu tidak terjadi setiap hari dan membutuhkan waktu yang lama, bahkan hingga bertahun-tahun jika kamu mengharapkan untung yang besar.

Emas pun terkadang mengalami penurunan harga jual meski tidak jarang mengalami kenaikan. Perubahan harga emas ini berpotensi mempersulit investor emas untuk dapat menghitung nilai investasi emas di masa mendatang.

c. Dampaknya Sangat Kecil Terhadap Ekonomi

Memiliki investasi emas tidak bisa memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi. Hal ini disebabkan adanya keuntungan yang dimiliki cenderung digunakan untuk kepentingan pribadi.

d. Merupakan Investasi Jangka Panjang

Fluktuasi harga emas yang cukup besar tidak bisa menjamin kamu bisa mendapatkan keuntungan besar dalam waktu singkat. Artinya untuk mendapatkan keuntungan dari selisih harga beli dan jual yang tinggi tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat.

e. Harganya Cenderung Melambat Ketika Kondisi Ekonomi Stabil

Harga emas cenderung mengalami peningkatan ketika kondisi ekonomi dalam keadaan tidak stabil. Bisa jadi dalam waktu ini terjadi inflasi yang menyebabkan kenaikan dan juga penurunan harga emas.

Emas adalah salah satu investasi yang mudah dilakukan dan menguntungkan. Sayangnya, kamu harus punya dana dulu untuk minimal 0,5 gram emas jika ingin membeli secara kontan. Kalau begitu, taruh saja dana awalmu di reksa dana pilihan Ajaib.

Tentukan sendiri jangka waktu penyisihan danamu hingga mencapai jumlah yang diinginkan. Keuntungannya, danamu akan berkembang dari keuntungan reksa dana. Unduh sekarang aplikasi Ajaib-nya, yuk.

Artikel Terkait