Banking, Milenial

5 Rekomendasi Tabungan BCA, Cocok untuk Milenial

tabungan bca

Bank BCA menjadi salah satu bank favorit pilihan generasi milenial karena aksesibilitasnya tinggi. Memiliki tabungan BCA memberikan banyak kelebihan karena fiturnya yang sangat beragam dan mampu mengakomodir kebutuhan anak muda. Selain itu, pilihan produk simpanannya juga sangat bervariasi dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Rekening tabungan mungkin memang pilihan terbaik untuk menyimpan uang yang kamu miliki. Suku bunganya yang rendah menjadi alasan utamanya. Bukannya untung, bunga yang akan kamu dapatkan akan kalah besarannya dibandingkan biaya administrasi bulanan dan biaya fasilitas yang kau gunakan. Namun tetap saja produk tabungan masih menjadi pertimbangan utama bagi banyak orang untuk memilih bank pribadinya.

Alasannya karena rekening simpanan ini yang akan menjadi dasar banyak aktivitas keuangan di masa mendatang. Rekening tabungan umumnya menjadi produk perbankan banyak orang yang kemudian menjadi salah stau favoritnya. Jika memiliki kondisi keuangan yang lebih baik, barulah orang akan naik ke tahap berikutnya seperti membuka rekening tabungan valas atau tabungan deposito.

Keunggulan lain rekening tabungan adalah manfaatnya untuk kehidupan kita sehari-hari. Di era modern saat ini, sangat lah jarang orang menyimpan uang tunai dalam jumlah banyak di rumah atau dompetnya. Tabungan memungkinkan kita menyimpan uang dengan aman namun juga tetap likuid alias mudah diakses.

Uang yang kita simpan sewaktu-waktu bisa diambil melalui mesin ATM maupun teller bank kantor cabang terdekat. Selain untuk kebutuhan sehari-hari juga ketika ada kebutuhan dana darurat seperti biaya kesehatan atau pendidikan yang di luar anggaran yang disusun.

Selain itu, dengan fasilitas berupa kartu ATM dan internet banking maka rekening itu memudahkan kita untuk berbagai transaksi perbankan untuk kebutuhan payment. Misalnya saja berbelanja di supermarket, membayar etoll, membeli pulsa, tagihan listrik dan masih banyak lagi.

Karena itulah, dalam memilik jenis produk tabungan dari bank maka aksesibilitas menjadi pertimbangan utama dibandingkan suku bunga yang ditawarkan. Salah satu produk favorit banyak anak muda di Indonesia tentu saja tabungan BCA.

Tabungan BCA, Aksesibilitas Tinggi Pas Untuk Anak Muda

Bank Central Asia (BCA) merupakan bank swasta yang berdiri pada 21 Februari 1957. Dalam perjalanannya, bank sempat menghadapi krisis moneter sekaligus berhasil melewatinya. Kini bank telah memiliki berbagai layanan perbankan. Sehingga tak heran, jika BCA dinyatakan sebagai bank domestik yang punya kapitalisasi tertinggi mencapai USD 49,01 miliar, berdasarkan data Bloomberg per kuartal IV-2018.

Bank BCA sendiri menjadi salah satu bank favorit bagi generasi milenial karena layanannya yang prima. Hal ini termasuk pula soal aksesibilitasnya dan kecepatan transaksinya. Misalnya saja kapabilitas Bank BCA sebagai alat pembayaran di banyak tempat, layanan sigap petugasnya via call center atau kantor cabang sampai aksebilitasnya untuk transaksi luar negeri melalui akun Paypal.

Tentu saja nama besar BCA tak perlu lagi diragukan. Selain karena lembaga keuangan sudah terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), jumlah kantor cabangnya yang tersebar di seluruh Indonesia merupakan suatu bukti nyata.

Salah satu produk bank yang terkenal adalah tabungan BCA yang merupakan varian produk untuk simpanan dana nasabahnya. Secara keseluruhan, ada 10 jenis tabungan BCA yang bisa dipilih oleh nasabah.Selain tabungan Tahapan BCA yang paling dikenal publik ada pula simpanan khusus seperti BCA Dollar dan Laku. Masing-masing punya fitur dan keunggulan sendiri misalnya saja soal jumlah setoran awal minimunya, desain kartu ATM dan masih banyak lagi.

Meski demikian tidak semua jenis produk cocok untuk milenial. Ada sejumlah produk simpanan yang lebih pas untuk anak muda dengan fitur yang ditawarkannya. Bagimu yang baru akan membuka rekening di Bank BCA, berikut adalah rekomendasi dari Ajaib khusus untukmu milenial yang aktif dan dinamis.

1.  Tahapan BCA

Tahapan BCA adalah tabungan sejuta umat. Dalam arti, banyak masyarakat yang punya tabungan BCA ini. Bank BCA mengklaim bahwa tabungan memberikan kenyamanan melalui kartu ATM-nya yang bernama Paspor BCA (biru, emas, dan platinum) dan layanan online lainnya.

Paspor BCA berfungsi sebagai kartu ATM dan debit untuk transfer, berbelanja, menarik dana, membayar berbagai tagihan (kartu kredit, listrik, internet), membeli pulsa, dan masih banyak lagi. Tabungan juga dapat diakses melalui internet maupun mobile banking. Sehingga sangat cocok untuk menjawab semua kebutuhan sehari-harimu.

Tak sedikit pula perusahaan yang menggunakan jasa bank untuk membayar payroll karyawan. Sehingga para karyawan wajib memiliki rekening Tahapan BCA untuk menerima gaji bulanan. Buat milenial yang akan memasuki dunia kerja, tak ada salah membuka tabungan ini dengan setoran awal minimum Rp500.000. Untuk biaya admin, tabungan ini mengenakan biaya bulanan sebesar Rp15.000 – Rp20.000, tergantung jenis kartu, dan tarik tunai maksimal Rp10.000.000 per hari.

2.  Tahapan Xpresi

Tahapan Xpresi adalah tabungan yang cocok buat milenial trendi dan dinamis. Hal itu bisa dilihat dari desain kartu yang beragam. Desain kartu ATM tabungan ini sangat unik dan menarik. Kamu bisa memilih lebih dari 50 desain yang disediakan oleh BCA untuk nasabah pemilik Tahapan Xpresi. Bahkan temanya juga sesuai dengan minat milenial seperti fashion, retro, nature, dan traveling.

Kamu bisa mendapatkannya setelah mengisi formulir permohonan pembukaan rekening dan syarat lainnya. Keuntungan tabungan ini antara lain setoran awal cuma Rp50.000, praktis karena tanpa buku tabungan, tarik tunai maksimal Rp7.000.000 per hari, dan semua transaksi dapat dipantau di e-banking BCA.

Selain itu, kartu Tahapan Xpresi juga berfungsi sebagai ATM, biaya administrasi tabungan per bulan hanya 5.000, dan sering ada promo. Ya, promo. Mulai dari promo nonton diskon 50 persen, diskon bubble drink, hingga diskon makanan. Promo ini tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi milenial sepertimu kan?

3.  Tahapan Gold

Rekomendasi tabungan BCA ketiga dari Ajaib adalah Tahapan Gold. Bagi milenial yang sedang merintis bisnis, menggunakan Tahapan Gold salah satu solusinya. Karena tabungan memberikan kemudahan dalam bertransaksi bisnis 24 jam. Dengan modal Rp10.000.000 juta, kamu bisa membuka tabungan bisnis.

Keunggulan lainnya biaya administrasi sama dengan Tahapan BCA, tabungan akan memberikan informasi mutasi rekening lebih lengkap dibanding tabungan lain, dan menggunakan layanan Autoprint sehingga tidak perlu antri untuk mencetak buku tabungan. Bank juga memahami kesibukan kamu sebagai entrepreneur. Sehingga bank memberikan layanan Appointee dengan menunjuk dua orang wakil untuk melakukan transaksi.

4.  Tahapan Berjangka

Jika kamu sudah memiki salah satu produk di atas dan sudah memiliki kondisi finansial yang lebih baik, mungkin saatnya kamu menambah jenis rekening yang kamu miliki. Ada baiknya memiliki rekening tabungan yang memiliki fungsi investasi seperti Tahapan Berjangka. Produk ini adalah tabungan dengan setoran rutin per bulan dalam jangka waktu tertentu dan memberikan manfaat asuransi jiwa.

Tabungan berjangka bisa dibuka dengan setoran awal Rp500.000 dan setoran berikutnya sesuai kemampuanmu. Penarikannya bisa dilakukan secara autodebet lewat rekening tabungan utamamu. Tabungan punya bunga lebih tinggi dari tabungan utama di atas dan tanpa biaya administrasi. Tetapi kamu tidak bisa mengambil dana tersebut sebelum jatuh tempo.

Jangka waktu yang ditawarkan minimal 12 bulan dan maksimal 240 bulan dalam mata uang rupiah. Selama tempo waltu tersebut, simpananmu akan diberikan suku bunga yang besarannya tentu saja menguntungkan. Ketika tiba waktu, kamu akan mendapati uangmu telah berkembang nilainya.

5.  Deposito Berjangka

Selain Tabungan Berjangka, milenial boleh mempertimbangkan untuk membuka Deposito Berjangka untuk fungsi tabungan sebagai investasi. Bedanya deposito mengharuskan kamu menyetor dana minimal Rp8.000.000. Bunganya juga lebih tinggi dan tanpa biaya administrasi. Jangka waktu deposito bisa memilih 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan.

Kamu bisa melakukan simulasi deposito BCA ketika akan membuka rekening ini untuk mendapatkan gambaran jelas akan uangmu nantinya. Hasil dari deposito ini nantinya bisa dialihkan ke tabungan utamamu atau dilanjutkan untuk deposito berikutnya. Bahkan tabungan ini bisa dimiliki dalam 8 mata uang asing lainnya selain rupiah.

Milenial tak hanya dikenal gemar menghamburkan uang demi belanja atau traveling. Tetapi milenial juga suka menabung untuk mempersiapkan masa depan. Kamu yang berniat menyisihkan sebagian tabungan untuk berinvestasi, maka Deposito BCA dapat menjadi salah satu pilihan. Uangmu akan bekerja dengan sendirinya. Dengan pilihan jangka waktu dan bunga yang kompetitif, Deposito BCA menjadi pilihan investasi yang tepat.

Manfaatkan sumber daya keuangan yang kamu miliki untuk sebaik mungkin menata kondisi finansialmu. Aturan lebih baik keuangan pribadimu dengan memiliki tabungan BCA yang tepat baik untuk aksesibilitas maupun investasi.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait