16 Ide Bisnis Milenial Yang Bisa Langsung Dikerjakan

ide bisnis milenial
ide bisnis milenial
Smiling confident young hipster woman wearing a checkered shirt, a black t shirt and glasses holding a pen and looking sideways. Question marks and a light bulb on a chalkboard. Mock up

Ajaib.co.id. Setiap masa selalu menghasilkan tren maupun peluang bisnis yang baru seiring dengan dinamika yang terjadi. Begitu pula yang dialami oleh kaum milenial saat ini yang merasakan banyak perubahan dengan semakin gencarnya pengaruh teknologi. Telah tercipta banyak bisnis milenial yang benar-benar berbeda dari masa sebelumnya namun tetap potensial untuk menghasilkan cuan.

Sebuah peluang usaha hadir dengan kebutuhan maupun minat masyarakat yang berlaku di masa tertentu. Misalnya di masa penjajahan dulu, cengkeh menjadi produk berharga karena peminatnya yang tinggi di Benua Eropa. Namun di era digital ini maka metode bisnis online adalah peluang terbesar untuk mencari penghasilan.

Generasi milenial merupakan generasi yang cukup terpapar dengan pengaruh teknologi namun juga masih menguasai skill dengan metode konvensional. Karena itulah sebenarnya ada banyak peluang bisnis milenial yang bisa dijajal baik itu secara online maupun konvensional. Bahkan akan menjadi lebih baik jika bisa menjalani bisnis lawas dengan sentuhan online.

Misalnya saja berjualan produk makan dan minum unik namun dengan promosi lewat media sosial. Atau bisa juga menjalankan online shop namun tetap menyediakan layanan konvensional untuk meraih konsumen lebih luas. Ada banyak bisnis yang cocok untuk generasi milenial lakoni lebih dari sekedar jualan online saja.

Apa saja itu? Yuk cek di artikel di bawah ini.

Ide Bisnis Milenial yang Tak Perlu Modal Besar, Bisa Langsung Menghasilkan Uang Lho

Berbinis mungkin sebelumnya terdengar menyeramkan karena membutuhkan skill yang tinggi dan modal yang tidak sedikit. Namun kehadiran teknologi sudah memudahkan banyak orang untuk mulai berbisnis. Misalnya saja bisnis online shop yang kini sudah menjamur di mana saja.

Namun sebenanya ada banyak ide bisnis milenial yang bisa dikerjakan dan tidak hanya sekedar berjualan. Kamu bisa mengandalkan skill lainnya dan bukan hanya soal berdagang saja. Kuncinya adalah jeli memanfaatkan peluang untuk menemukan konsumen yang membutuhkan jasa atau produk yang kamu tawarkan.

Semakin banyak orang ingin memulai bisnis mereka sendiri, termasuk anak milenial. Berita baiknya adalah untuk memulainya tidak lagi membutuhkan riset pasar berbulan-bulan dan modal jutaan. Bahkan, ada bisnis yang bisa kamu mulai hari ini dengan modal sedikit atau tanpa modal. Berikut ini beberapa idenya:

1.  Freelance

Di Amerika Serikat saja diperkirakan ada 54 juta orang Amerika yang telah bergabung sebagai freelance atau pekerja lepas. Kamu dapat melakukan apa saja mulai dari blogging, jasa desain grafis hingga desain web. Freelancing menarik karena jam kerjanya fleksibel dan kamu dapat bekerja dari mana saja.

Kamu bisa melakukannya sekarang juga dengan posting keahlianmu di media sosial atau bergabung dengan platform yang mendukung. Setelah pekerjaanmu selesai maka kamu akan bisa langsung mendapatkan pembayarannya.

2.  Beli dan Jual

kamu dapat membeli dan menjual apa pun dengan bantuan situs marketplace. kamu dapat mulai dengan menjual barang-barang yang tidak lagi kamu perlukan dan memulainya. kamu juga dapat memilih sistem dropship dan pemasaran afiliasi. Ide bisnis ini lumayan digemari karena tidak membutuhkan banyak biaya.

3.  Bimbingan Belajar

Mulai ide bisnis milenial melalui les di rumah atau melalui web. Jika kamu ahli dalam bidang matematika atau sains, ada orang di luar sana yang membutuhkan bantuan. kamu dapat melakukan ini secara online atau menghubungi sekolah terdekat untuk mengiklankan layanan kamu untuk mengatur bimbingan belajar di rumah siswa.

4.  Layanan Akuntansi / Pembukuan

kamu akan terkejut betapa banyak pengusaha yang tidak tahu cara mengerjakan pembukuan atau membuat sistem akuntansi untuk bisnis mereka. Jika kamu seorang akuntan dan ingin melakukan praktik pribadi, iklankan layanan kamu melalui selebaran atau dari mulut ke mulut. Akuntansi pajak adalah bidang yang menguntungkan karena banyak bisnis dapat melakukan akuntansi sehari-hari tetapi tidak memiliki pengetahuan mengenai aspek pajak.

5.  Layanan Servis

Layanan perbaikan ini seperti perbaikan komputer, mobil, furnitur, atau TV. Orang-orang selalu dikelilingi oleh teknologi dan kemungkinan besar, mereka rusak. Jika kamu memiliki bakat dalam memperbaiki, mendirikan bengkel di rumah atau di ruang komersial, dan mengiklankan bisnis kamu.

6.  Bisnis Lanskap

Jika kamu menikmati berada di luar, tanaman, bunga, dan berkebun, mulailah bisnis lanskap di lingkungan kamu. Kamu mulai dengan membuat halaman depan kamu luar biasa dan orang-orang akan datang dan bertanya tentang lanskap kamu.

7.  Penerjemah

Jika kamu fasih dalam bahasa lain, kamu dapat memiliki bisnis sebagai penerjemah. Tawarkan layanan kamu kepada perorangan atau mulai bisnis menyalin buku, surat, atau manuskrip online.

8.  Admin Media Sosial

Mengelola berbagai akun media sosial dapat menjadi pekerjaan penuh waktu dan banyak bisnis mengalihdayakan ini ke para profesional. Jika kamu memiliki bakat dalam mengelola dan melibatkan akun media sosial, ini bisa menjadi bisnis yang dapat kamu mulai di rumah.

9.  Perencana Acara

Ini adalah bisnis yang bagus untuk seseorang yang suka perencanaan dan pengorganisasian. kamu dapat mengatur acara, pernikahan, dan pesta. Kamu dapat mengembangkan bisnis ini dengan menyediakan layanan lain seperti mencetak undangan atau membuat kue atau kamu dapat berafiliasi dengan vendor dan mengambil komisi melalui referensi.

10. Pemandu Wisata

Jika kamu memiliki landmark lokal di dekat rumah yang unik, mulailah bisnis pemandu wisata. Kamu harus memiliki pengetahuan sebelumnya tentang tempat itu. Lakukan penelitian untuk mengetahui tentang tempat-tempat wisata untuk membuat tur menyenangkan.

11. Perencana Keuangan

Kamu harus menjadi Perencana Keuangan Bersertifikat (CFP), tetapi jika sudah, tawarkan layanan kamu kepada orang-orang yang membutuhkan bantuan dalam mengatur keuangan mereka. Kamu dapat membantu mereka keluar dari utang atau mengamankan masa depan mereka.

12. Guru Musik

Jika kamu memainkan alat musik dan menyukai mengajar, jadilah guru musik. Kamu dapat meminta orang datang ke rumah kamu atau mengunjungi rumah mereka untuk sesi satu lawan satu.

13. Layanan Kebersihan

Ada banyak arah berbeda untuk bisnis ini. Kamu dapat fokus pada kantor dan melakukan pembersihan setelah jam kantor. Ada rumah yang membutuhkan pembersihan atau usaha kecil yang membutuhkan bantuan setiap saat.

14. Asisten Pribadi

Ada banyak orang sibuk saat ini yang tidak punya waktu untuk melakukan tugas mereka. Kamu dapat memanfaatkan kesibukan mereka dan menjadi asisten pribadi mereka.

15. Penitipan Bayi / Hewan Peliharaan / Rumah Tangga

Pekerjaan ini bukan hanya untuk remaja. Ada banyak orang dewasa yang melakukan pekerjaan semacam ini secara profesional. Kita semua tahu mengapa bayi membutuhkan pengasuh, tetapi beberapa pemilik hewan peliharaan dan pemilik rumah tidak suka membiarkan hewan peliharaan mereka di kandang atau rumah kosong.

Dalam kasus seperti ini, mereka ingin seseorang yang hadir secara pribadi merawat hewan peliharaan atau properti mereka. Jika kamu ingin melakukan ini secara profesional, reputasi pribadi adalah penting. Dengan reputasi yang baik, dijamin semakin banyak orang yang akan mempercayakan anak atau hewan peliharaan mereka kepadamu.

16. Driver Online

Menjadi seorang driver online full time atau tidak itu tergantung dari kebutuhan berapa yang kamu inginkan. Tak sedikit banyak yang memilih jalan ini sebagai jalur utama menhasilkan pundi. Namun tak sedikit pula yang menjadikan profesi ini sebagai kerjaan sampingan selain dari kerjaan utamanya. Cara menjadinya pun mudah, yaitu punya motor, gawai dan lisensi yang masih aktif, kamu pun dapat salam satu aspal dengan driver online lainnya di jalan.

Sejumlah peluang bisnis milenial di atas bisa kamu kerjakan kapan saja. Tidak perlu persiapan bisnis yang rumit, modal yang besar namun tetap menghasilkan uang. Hal terpenting kamu bersedia bekerja keras untuk membangun setiap usaha yang kamu jalani.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait