4 Peluang Bisnis Buat Kamu yang Senang Merawat Hewan

4 Peluang Bisnis Buat Kamu yang Senang Merawat Hewan
10 Peluang Bisnis Buat Kamu yang Senang Merawat Hewan

Memelihara hewan bagi sebagian kalangan menjadi hobi yang membahagiakan. Tak jarang yang memberikan perhatian khusus untuk merawat hewan peliharaannya. Oang-orang ini rela berkorban waktu, tenaga dan uang demi hewan yang dipeliharanya.

Sejak dahulu sudah banyak orang yang memilih hewan peliharaan seperti kucing, anjing, kelinci maupun ikan sebagai hobi guna mengisi waktu luangnya. Namun belakangan memiliki peliharaan sudah menjadi gaya hidup terkini. Bahkan banyak hewan yang berbahaya untuk pemiliknya namun tetap dipelihara dengan alasan eksotisme dan keren.

Terbukti, pasar hewan maupun toko hewan sekarang lebih banyak diminati untuk mendapatkan hewan peliharaan. Jika dahulu orang memelihara hewan dengan cara yang sederhana misalnya dengan memberi makan secara teratur atau berupaya untuk membuat kandang yang bersih untuk kesehatannya maka sekarang tidak demikian.

Masyarakat sekarang meluangkan perhatian yang lebih untuk membuat hewan peliharaannya lebih nyaman dan terurus. Misalnya saja mencurahkan kasih sayang yang lebih banyak atau mengupayakan memberi makan yang bergizi agar hewannya tumbuh sehat. Banyak pula yang berkunjung secara rutin ke dokter hewan untuk menghindari peliharaannya terkena penyakit.

Saat ini orang tidak ragu lagi untuk memberikan perhatian maupun dana lebih untuk hewan peliharaan kesayangan. Ada pula yang merawat hewan kesayangannya bagaikan anak sendiri lebih daripada biasanya.

Memiliki hewan memang memberikan dampak psikologis yang baik untuk pemiliknya. Hewan peliharaan bisa membantu meredakan stres pemiliknya dan membahagiakan pikiran. Dikutip dari situs Alodokter, merawat hewan peliharaan juga bisa membantu membangun interaksi sosial dan juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun dampak lainnya yang kerap tidak disadari orang lain adalah hobi merawat hewan juga bisa menjadi peluang bisnis lho. Keahlian yang kamu bangun dengan merawat hewan peliharaan sendiri bisa dijadikan kesempatan untuk menambah sumber penghasilan. Hobi ini bisa menjadi jasa yang sangat dibutuhkan orang banyak yang tidak punya skill atau pengalaman sepertimu.

Suka Merawat Hewan? Bisa Jadi Peluang Bisnis Menjanjikan Lho

Memiliki binatang peliharaan merupakan hal yang menyenangkan, selain dapat dijadikan teman bermain, hewan peliharaan juga dapat dijadikan tempat curhat dan melepas penat setelah seharian beraktivitas di luar rumah.

Dalam merawat hewan juga susah-susah gampang. Sebab, masing-masing binatang memerlukan perawatan yang berbeda. Sama halnya seperti manusia, binatang peliharaan juga memiliki kebutuhannya sendiri, seperti diantaranya, makanan, vitamin bahkan aksesoris-aksesoris yang membantunya tampil lebih menarik dan lucu. 

Namun, ada baiknya jika hobi tidak sekedar hobi saja, kamu dapat memanfaatkan peluang bisnis yang berkaitan dengan dunia binatang yang kamu sukai. Melalui hal ini tentu yang diharapkan adalah kamu memperoleh keuntungan dari hobi merawat hewan.

Jasa yang kamu tawarkan ini bukan hanya bermanfaat menambah pundi-pundi uangmu. Kamu juga membantu pemilik lain yang mungkin tidak punya waktu atau tenaga lebih untuk memberikan perawatan terbaik bagi hewan peliharaannya. Ada banyak orang yang sanggup membeli atau mengadopsi hewan namun ternyata tidak punya ketrampilan untuk melakukan perawatan pada hewannya.

Lalu, ide bisnis seperti apa yang dapat kamu lakukan ? Berikut beberapa ide-ide peluang bisnis buatmu yang senang merawat hewan:

1. Jasa penitipan hewan

Jika kamu sangat senang dikelilingi oleh hewan-hewan, maka jasa penitipan hewan bisa kamu coba. Di Indonesia sendiri, bisnis jasa penitipan hewan masih kurang diminati karena banyak yang berpikir bahwa ini jarang dibutuhkan. Kenyataannya banyak orang yang kesulitan mencari tempat penitipan hewan.

Apalagi untuk waktu tertentu misalnya ketika hari raya atau masa liburan. Pemilik hewan khawatir meninggalkan peliharannya sendirian di rumah sehingga lebih memilih menitipkannya di tangan yang berpengalaman meskipun harus mengeluarkan biaya.

Biasanya petshop alias toko hewan menyediakan jasa ini namun kamu bisa menawarkan konsep yan berbeda. Misalnya saja dengan menyediakan lahan untuk bermain atau hewan peliharaan tersebut tidak dikandangkan. Jasa penitipan hewan ini adalah peluang besar untuk meraup keuntungan karena kompetitornya masih sedikit.

Namun beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam membangun usaha jasa penitipan hewan adalah fasilitas yang memadai dan lengkap untuk para binatang yang dititipkan. Untuk memulainya kamu dapat mempromosikan usaha di berbagai jejaring media sosial dan mulai bergabung dengan komunitas pecinta hewan.

2. Berjualan kandang

Layaknya manusia, hewan juga membutuhkan tempat yang layak untuk tempat tinggal. Menjajal usaha penjualan kandang hewan cukup menarik, hanya saja kamu dituntut untuk berinovasi dalam berjualan kandang binatang.

Kandang binatang yang bentuknya itu-itu saja akan sangat membosankan dan tidak dilirik oleh konsumen. Maka dari itu, berinovasilah dalam bentuk kandang yang anti mainstram. Misalnya berkreasi dalam hal desain atau bahan bakunya sehingga lebih mudah dibawa-bawa. Dengan desain menarik dan promosi yang tepat niscaya usahamu pasti akan laris.

3. Salon Hewan

Salon hewan saat ini mulai digemari para pemilik hewan. Alasanya memang grooming dan memandikan hewan bukan hal yang bisa dilakukan semua orang. Apalagi salon hewan menjanjikan tubuh yang wangi dan bersih. Siapa yang tidak mau jika hewan peliharaannya menjadi bersih?

Sebenarnya, perawatan hewan sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri, hanya saja ada beberapa pecinta hewan yang mungkin tidak memiliki waktu khusus untuk melakukan sederet perawatan hewan kesayangan. Salon hewan adalah pilihan tepatnya.

Meskipun digandrungi, namun di Indonesia salon hewan masih jarang dan ini merupakan kesempatan kamu untuk memulai usaha salon hewan dan mempersiapkan kebutuhan-kebutuhannya.

4. Makanan Hewan

Ide bisnis lain adalah dengan menjual makanan hewan. Jika di lingkungan kamu tinggal banyak hewan-hewan peliharaan, tidak ada salahnya untuk memulai bisnis penjualan makanan hewan. Untuk memudahkan bisnismu mulailah dari melakukan penjualan makanan hewan secara online.

Dalam penjualan makanan hewan, mulailah dari yang paling sering dicari, misalkan pakan ayam, ikan, kucing, dan anjing. Kemudian kamu bisa mengembangkannya dengan produk makanan yang lebih spesifik misalnya untuk kesehatan atau bulu yang lebih indah. Tawarkan harga yang bersaing agar peminatnya bertambah.

Itulah beberapa peluang usaha yang cocok buat kamu pecinta hewan. Selain kamu bisa merawat hewan kesayangan, kamu juga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Sangat menarik bukan? Namun ketika sudah mendapat untung, jangan lupa investasi ya! Karena dengan investasilah keuntunganmu bisa berlipat ganda.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait