Ini Beberapa Hobi yang Menghasilkan Uang, Ada Hobimu?

hobi yang menghasilkan
hobi yang menghasilkan

Ada beberapa hobi yang menghasilkan. Apakah hobi kamu salah satunya? Untuk lebih jelasnya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini.

Seiring dengan bentuk perkembangan zaman, jenis-jenis pekerjaan semakin terlihat variatif. Jika pada saat dahulu, hobi yang bisa menghasilkan uang cenderung hanyalah hobi yang menghasilkan yang sifatnya olah raga, seperti sepak bola atau atlet. Saat ini zaman sudah berubah dimana sekarang hobi lainnya juga bisa menghasilkan uang.

Bahkan jika kamu tahu, kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari atau hobi kamu kini juga bisa menghasilkan uang jika kamu lakukan dengan serius dan sungguh-sungguh. Namun ini pastinya tak semudah membalikkan telapak tangan, untuk bisa menghasilkan uang dari hobi, kamu perlu memiliki tekad bulat yang kuat dan juga kegigihan.

Adapun beberapa hobi yang menghasilkan antara lain :

Hobi Menggambar

Jika kamu memiliki hobi menggambar? Maka hobi ini bisa berkembang dan dibilang adalah hobi yang sangat menjanjikan untuk bisa menghasilkan uang. Meski begitu sebelum gambar kamu layak jual, jangan berhenti untuk mengasah kemampuan menggambar kamu.

Selanutnya Ada banyak cara agar hobi menggambar kamu bisa menghasilkan uang. Misalkan saja dengan menjual desain website, logo, ikon, desain kaos, gambar untuk website, lukisan, atau gambar untuk kebutuhan lainnya.

Disisi lain, dari ragam dan berbagai alternatif tersebut, gambar untuk desain logo bisa dibilang adalah yang paling mahal. Didukung lagi jika kamu menemukan platform yang tepat untuk menjual hasil karya kamu.

Hobi Bermain Game

Ada banyak orang yang mengira hika hobi bermain game hanya akan menghabiskan uang kamu saja. Namun, jika kamu bisa memanfaatkannya dengan sebaik mungkin, maka hobi ini bisa memberikan kamu banyak uang.

Adapun salah satu cara yang paling umum untuk menghasilkan uang dari bermain game adalah dengan menjadi konten kreator YouTube. Dengan begitu ada banyak gamer profesional yang berhasil mengumpulkan banyak uang dari bermain game.

Nama popular yang terkenal seperti Jess No Limit, Dyland Pros, Kimi Hime, dan Miawaug tentu saja bukan lagi nama yang asing bagi kamu yang hobi bermain game.

Dengan begitu, kamu bisa mengikuti jejak mereka dan membuat channel YouTube game kamu sendiri. Hal terpenting adalah dengan memastikan kamu harus konsisten dalam membuat konten, dan terus berlatih meningkatkan skill gaming kamu.

Apabila penonton dan subscriber kamu sudah banyak, Selanjutnya kamu juga bisa memonetize channel kamu dan mendapatkan bayaran dari setiap video yang kamu unggah.

Hobi Memasak

Tak ada orang yang tak tahu bahwa hobi memasak adalah hobi yang mudah dan sangat menghasilkan uang. Di Indonesia ada jutaan jenis masakan dan banyak jenis masakan yang bisa kamu jual. Misalkan saja dari kue rumahan, jajanan tradisional, jajanan modern, atau bahkan masakan rumahan.

Bagi kamu yang memiliki hobi memasak bisa mendapatkan uang dengan membuka warung, merintis usaha catering, atau membuka toko kue kamu sendiri. Lebih dari itu, kamu juga bisa menjual hasil masakan kamu melalui media sosial.

Jika kamu lebih getol lagi dalam usaha, kamu juga bisa merekam proses memasak yang kamu lakukan dan mengunggahnya ke platform video seperti YouTube atau berbagai resep dan tips masakan yang enak.

Hobi Koleksi Mainan

Hobi yang satu ini memang terbilang cukup unik, Mengkoleksi mainan termasuk hobi yang jarang ditemui. Namun, sallah satu hobi dengan mengkoleksi mainan nyatanya juga bisa menghasilkan uang. Mmisalkan saja dengan mengkoleksi action figure yang limited edition.

Dengan menjadi kolektor Action figure, ini cenderung terus meningkat harganya seiring waktu. Maka dari itu, kamu bisa membeli action figure yang limited edition pada saat peluncuran, dan kemudian menjualnya kembali saat stok sudah habis dipasaran.

Kini dengan mudahnya kamu bisa menjual action figure koleksi kamu melalui channel YouTube, Instagram, marketplace, atau di komunitas pecinta mainan dengan kisaran harga terbaik.

Hobi Menulis

Saat ini ada banyak orang mengira orang Indonesia memiliki minat baca yang rendah. Namun ini salah, dan tidak sepenuhnya benar. Ada banyak orang yang senang membaca, meski bentuknya tidak lagi buku yang tebal dan terkesan serius.

Dewasa ini, orang cenderung lebih suka membaca bentuk tulisan yang simpel dan singkat. Misalkan saja tulisan mengenai tutorial, cerita, informasi, atau berita. Iini kemudian bisa bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan uang dari hobi menulis yang kamu punya. kamu bisa menjadi citizm journalis atau juga bisa menjadi pekerja atau penulis lepas.

Hobi Membuat Video

Hobi membuay video juga cukup menjanjikan dan banyak diminati. Agar kamu bisa mendapatkan hasil video yang bagus, tentu saja hal penting yang dibutuhkan adalah skill yang baik. Apabila kamu memiliki kemampuan ini, kamu bisa langsung menghasilkan uang dari sana.

Misalkan saja dengan mengunggah video hasil karya kamu atau dengan bekerja sama dengan orang lain yang mempunyai konten, namun tidak memiliki cukup waktu untuk membuat videonya sendiri. Hobi ini juga akan memperoleh bayaran yang lumayan besar.

Hobi Fotografi

Fotografi adalah hal yang sangat menyenangkan, kamu bisa memfoto beragam hal dengan teknik-teknik yang kamu inginkan dan bisa juga kamu jual. Meski teknik fotografi harus dilatih, namun nayatanya fotografi tidak terlalu sulit untuk dipahami.

Selain menjual foto, kamu juga bisa membuka studio foto, jasa foto prewedding, pernikahan, dan lain-lain. Sementara untuk menjual foto kamu, kamu bisa melalui iStockphoto.com, shutterstock, fotolia.com dan banyak lagi.

Nah itulah beberapa hobi yang menghasilkan yang bisa kamu terapkan untuk mendukung pundi-pundi kekayaan kamu. Jika kamu ingin tau lebih banyak lagi artikel bisnis dan ekonomi yang inspiring, kamu bisa mendownload aplikasi Ajaib di Google Play Store. Nikmati kemudahan investasinya, selamat mencoba.


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait