Menghasilkan Uang Melalui Hobi? Bisa Kok!

Ilustrasi artikel Ajaib: Menghasilkan Uang Melalui Hobi? Bisa Kok!

Apa jadinya jika hobi kamu bisa menghasilkan uang? Menjalankan hobi tentu hal yang menyenangkan bagi setiap orang. Hobi menjadi kegiatan untuk menuangkan kreatifitas atau sekadar melepas stres.

Penghasilan bisa didapat dari mana saja, termasuk hobi. Tentu akan sangat menyenangkan jika apa yang kamu senangi juga bisa menghasilkan uang. Apakah kamu penasaran tentang hobi yang bisa menghasilkan uang? Simak pembahasannya berikut ini.

Fotografi

Fotografi telah berubah dengan sangat pesat dalam waktu yang relatif singkat berkat teknologi. Jelas, transisi dari film ke fotografi digital telah menjadi bagian dari perubahan ini. Internet dan jejaring sosial telah sangat meningkatkan jangkauan dan visibilitas potensial bagi para fotografer. Semua perubahan ini berarti bahwa ada lebih banyak orang yang tertarik pada fotografi daripada sebelumnya.

Jika kamu juga termasuk penggemar fotografi, hobi ini bisa menghasilkan uang dengan membuka jasa pemotretan untuk klien. Orang akan selalu membutuhkan fotografer profesional untuk membantu mereka mengenang semua momen spesial dalam hidup mereka. Berikut beberapa jenis pemotretan yang dapat Anda lakukan:

  • Maternity photo shoots
  • Newborn photo shoots
  • Pemotretan hewan peliharaan
  • Potret keluarga

Apakah kamu memiliki koleksi foto berkualitas tinggi yang cukup banyak? Mengapa tidak mengirimkannya ke situs stok fotografi? Cobalah untuk menjadi kontributor untuk situs-situs seperti iStock, BigStock, dan ShutterStock, atau unggah fotomu ke akun Flickr pribadi. Kamu bisa melisensikan fotomu melalui Getty Images.

Cara menjual foto stok:

  • Mendaftar sebagai kontributor. Kamu akan diminta untuk memberikan beberapa informasi dasar tentang dirimu serta dokumen identifikasi untuk membuktikan identitas.
  • Unggah foto Anda dan tambahkan metadata, deskripsi foto, dan kata kunci yang relevan.
  • Kirim foto stok untuk ditinjau.

Desain

Menjadi freelance desainer dan mengerjakan proyek khusus untuk klien mungkin merupakan cara paling umum bagaimana desainer menghasilkan uang. Pekerjaan ini membantumu mendapatkan banyak pengalaman sebagai desainer dan memiliki kesempatan untuk bekerja dengan klien dan tim yang berbeda di berbagai proyek.

Jika kamu melompat dari satu proyek ke proyek lain dengan cukup cepat, kamu tidak akan bosan dan itu akan membantumu tetap termotivasi dan terinspirasi. Kamu juga bisa meningkatkan pendapatan dengan mengubah bisnis freelance ini  menjadi perusahaan atau agen.

Menjual berbagai template yang kamu buat juga merupakan ide yang menarik. Misalnya tema situs web, ikon, ilustrasi, pola, dan sebagainya. Selain produk digital, cobalah juga menjual produk seperti kaos, tas, chase dengan desain unik. Ini adalah ide bisnis yang sangat menjanjikan untuk mendapatkan uang.

Kamu tahu bahwa Instagram adalah media sosial yang sangat bagus untuk dijadikan alat marketing. Sebagai seorang yang ahli dalam hal desain, kamu bisa menawarkan jasa untuk mendesain tampilan instagram agar lebih menarik. Dengan tampilan yang eye catching, Instagram klienmu akan lebih banyak mendapatkan pengunjung.

Menulis

Semua orang tahu bahwa tidak banyak penulis yang bisa menjadi kaya karena pekerjaannya. Namun, selalu ada orang yang memiliki hobi menulis. Apakah itu termasuk kamu?

Jika ingin menghasilkan uang dari hobi ini, ada beberapa yang bisa kamu coba. Dengan ketekunan dan kerja keras, tidak menutup kemungkinan kamu bisa mendapatkan uang banyak dari hobi menulis ini.

Kamu bisa memulai untuk membuat blog dengan domain sendiri. Mengapa? Karena blogging dapat membantumu menghasilkan uang dengan cepat. Kamu bisa mendapatkan uang dari iklan yang muncul di blog. Jika pembacamu banyak, kamu bisa menghasilkan uang lebih banyak.

Kamu juga bisa menjadi freelance writer. Cobalah untuk membuat akun di situs-situs freelance seperti PeoplePerHour, Freelancer dan Fiverr. Situs ini menghubungkan para penulis lepas dengan klien yang membutuhkan layanan mereka.

Belajarlah menulis konten untuk kebutuhan web dan blog pelanggan. Pelajari cara membuat artikel yang sesuai dengan SEO dan cara menentukan keyword untuk artikel. Keahlian ini sangat dibutuhkan dalam dunia digital dalam upaya marketing perusahaan.

Bermain Game

Beberapa tahun yang lalu, orang-orang menganggap bahwa game adalah hal yang negatif. Para gamers sering lupa waktu dan kecanduan bermain game. Namun, seiring berkembangnya waktu, games bisa menghasilkan uang. Berikut di antaranya.

Setiap game harus melalui pengujian beta sebelum menyentuh pasar umum. Ini bisa menjadi cara yang menarik dan menyenangkan untuk mendapatkan uang tambahan dari game. Perusahaan mencari orang untuk menguji permainan mereka sebelum melepas game mereka ke pasar.

Tugasmu adalah mengidentifikasi kelemahan atau cara untuk meningkatkan produk sebelum masuk ke pasar. Keuntungan menjadi penguji game adalah kamu dapat menghasilkan banyak uang dengan melakukan itu. Bagian yang sulit adalah menemukan perusahaan yang akan mempekerjakanmu.

Twitch adalah anak perusahaan platform streaming dari Amazon di mana kamu dapat memperoleh uang melalui dukungan pelanggan. Ada banyak gamers yang streaming di media ini. Mereka mendapatkan uang dari orang-orang yang menjadi pelanggan channel. Media ini mirip seperti Youtube.

Jika kamu benar-benar andal dalam bermain game, cobalah untuk bergabung dengan sebuah tim. Kamu bisa mengikuti berbagai macam turnamen game online bersama tim. Kamu akan mendapatkan pelatihan yang profesional juga mendapatkan uang yang sangat banyak dari peluang ini.

Itulah beberapa hobi yang bisa menghasilkan uang. Beberapa di antaranya memungkinkan kamu menghasilkan uang tanpa modal sekalipun. Namun, jika kamu memerlukan modal untuk mulai sebuah bisnis, kamu bisa mengajukan pinjaman modal usaha di P2P Lending seperti Modal Rakyat.

Perusahaan P2P Lending telah terdaftar di OJK, sehingga kamu akan aman secara legal. Bunga pinjaman yang diberikan juga tidak akan memberatkan karena disesuaikan dengan skor kredit. Karena itulah, kamu tidak perlu khawatir tidak bisa membayar pinjaman modal usaha.

Kamu telah membaca berbagai ide mendapatkan uang dari hobi. Jadi, mana ide menghasilkan uang yang paling menarik untukmu?


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.   

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait