Kerja Sampingan dari Hobi yang Bisa Tambah Penghasilan

Kerja Sampingan dari Hobi yang Bisa Tambah Penghasilan
Kerja Sampingan dari Hobi yang Bisa Tambah Penghasilan

Banyak orang yang merasa tidak puas dengan penghasilannya saat ini dan ingin menghasilkan uang dengan memulai bisnis sampingan. Namun, kebanyakan dari mereka biasanya tidak memiliki modal usaha namun memiliki hobi yang ternyata bisa jadi peluang usaha sampingan. Lalu, apa biasanya alasan mereka ingin kerja sampingan?

Faktor yang Membuat Orang untuk Mencari Kerja Sampingan

  1. Eksplorasi bakat terpendam.
  2. Mengasah ilmu yang belum terpakai di tempat kerja.
  3. Menyegarkan fisik & mental, melepas kejenuhan akibat rutinitas kerja. 
  4. Penghasilan tambahan yang menambah pundi tabungan.
  5. Memperluas jaringan kerja & peluang karir.
  6. Menambah pengalaman dan minat belajar hal baru.

Manfaat Kerja Sampingan Beraktifitas Fisik

Dari berbagai peluang jenis kerja sampingan yang ada, yang bersifat digital memang sedang digandrungi, mulai dari jasa kreatif desain dan penulis lepasan, hingga jual pulsa online. Namun ada  jenis kerja sampingan yang justru bisa memberikan manfaat lebih selain uang, yaitu kerja sampingan beraktifitas fisik. Memberikan kelelahan fisik pada profesional yang mengalami kelelahan mental akibat rutinitas kerja, adalah cara menghilangkan stres paling efektif, karena dapat menekan produksi hormon Cortisol dan mendorong produksi hormon Endorphin.

Jadi, setelah stres bekerja di kantor, kerja sampingan di waktu luang yang bersifat aktivitas fisik akan bisa mengembalikan kebugaran mental & fisik, membawa kebahagiaan, plus penghasilan tambahan. 

Alternatif Kerja Sampingan Sesuai Hobi Beraktivitas Fisik

a. Tour Guide (pemandu wisata)

Profesional Milenial, mahasiswa dan ibu-ibu produktif yang punya pengetahuan lokal tentang area destinasi wisata menyukai kerja sampingan ini. Gajinya antara  Rp 200.000,- s/d 450.000,- per hari, jika berafiliasi dengan biro perjalanan yang bersertikat, bahkan mencapai Rp 1.000.000,- s/d 1.500.000,- per hari jika fasih berbahasa Inggris.

b. Instruktur Renang

Jika punya skill dan hobi berenang, ini kerja sampingan ideal untuk mengisi waktu luang, dengan gaji rata-rata Rp 200.000,- s/d 400.000,- per sesi, untuk komunitas anak-anak maupun dewasa. Umumnya berafiliasi dengan sport center, resort wisata, hotel, dll.

c. Instrukstur senam cardio dance/Zumba/Barre/adult Ballet

Untuk yang hobi senam dan bersertifikasi, kerja sampingan super fun ini tiap sesinya hanya berlangsung 1 jam memandu kelas koreografi keren full music, untuk membakar lemak dan menjaga kebugaran. Berafiliasi dengan pusat kebugaran, gaji rata-rata 500.000,- s/d 600.000,- per jam.

d. Guru Dansa

Jika punya hobi dan sertifikasi seni berdansa Waltz, Tango, Cha cha, Twist dan lain sebagainya, pekerjaan ini adalah dream job, karena akan bertemu komunitas pecinta dansa lintas budaya dan bangsa. Berafiliasi dengan studio tari, gaji rata-rata 500.000,- s/d 600.000,- per jam.

e. Pembawa anjing jalan-jalan

Untuk para pecinta anjing, pekerjaan ini akan jadi momen yang dinanti-nanti setiap minggu, karena akan bertemu berbagai karakter anjing lucu dan ceria. Yang diperlukan adalah kemampuan membimbing anjing untuk berjalan tertib, tidak saling tarik, atau mengejar-ngejar, juga harus mengantisipasi jika anjing membuang kotoran, dengan membawa penampungan atau mengarahkan ke tempat yang “aman”.  Pasarkan jasa di akun medsos pribadi, dan dapatkan gaji rata-rata 100.000,- s/d 200.000,- per jam.

e. Party planner (Penyelenggara Pesta)

Untuk Milenial pecinta pesta, jasa party planner sedang jadi tren kerja sampingan, baik untuk pesta ulang tahun, pesta lajang, baby shower, romantic couple, dll. Pasarkan jasa di akun medsos pribadi dan dapatkan gaji rata-rata Rp 100.000,- s/d Rp 200.000,- per undangan. Bayangkan jika minimum tamu tiap pesta 10 undangan!

f. Loper Koran bersepeda

Bagi yang hobi gowes, nikmati bangun subuh, kesegaran udara pagi, aktivitas bugar bersepeda sepanjang delivery area sambil mengantarkan koran terbaru ke pelanggan. Dengan keuntungan per pengantaran = Rp 16.000,-, silakan sesuaikan sendiri target keuntungan dengan kemampuan pribadi.

Kunci Sukses Kerja Sampingan

  • Hasil kerja memuaskan
  • Tarif yang kompetitif
  • Etika & sopan santun

Jangan sia-siakan peluang kerja sampingan yang sesuai hobi, melepas stres rutinitas kerja di kantor, dan menjaga kebugaran, karena ditambah dengan tarifnya yang ok, itu namanya Win – Win – Win – Win!

Bacaan menarik lainnya:

Kotler, P. & K.L. Keller. (2009). Marketing Management, Edisi 13. London: Pearson


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait