Bisnis & Kerja Sampingan

Kerja Sampingan untuk Mahasiswa yang Ingin Berpenghasilan

kerja sampingan untuk mahasiswa

Ajaib.co.id – Kamu butuh ide untuk memulai kerja sampingan untuk mahasiswa? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan memberikannya dalam ulasan mengenai kerja sampingan untuk mahasiswa berikut ini.

Masa perkuliahan merupakan masa-masa yang paling menyenangkan. Di masa perkuliahan selain mendapat ilmu, kamu juga bisa mendapatkan berbagai macam pengalaman seperti unit kegiatan mahasiswa, organisasi kampus, hingga pekerjaan sampingan. Nah, kegiatan terakhir itu seringkali dicari oleh para mahasiswa.

Kerja sampingan untuk mahasiswa memang sering dicari. Karena selain untuk mencari pengalaman dan mengisi waktu luang, kerja sampingan untuk mahasiswa juga dapat memenuhi kebutuhan uang yang awalnya tidak mencukupi.

Berhubung di tengah pandemi ini masa perkuliahan juga sedang diliburkan dan segala sesuatu kegiatan pembelajaran dilakukan melalui video call, maka waktu luang kamu pun akan semakin banyak.

Tapi kira-kira jenis kerja sampingan untuk mahasiswa yang seperti apa sih yang bisa dilakukan di tengah-tengah pandemi ini? Berikut berbagai pilihan jenis kerja sampingan yang sudah Ajaib rangkum dan bisa kamu lakukan selama kamu stay #DirumahAja!

Penulis Lepas

Kalau kamu senang menulis dan merangkai kata-kata menjadi rangkaian cerita atau esai maka kamu bisa memanfaatkan hobi dan keahlian tersebut menjadi suatu pekerjaan yang berguna untuk kamu. Supaya tulisanmu nggak cuma sebagai makalah tugas kuliah, tapi juga bisa dimuat di media massa atau online website seperti blog.

Sekarang ini sudah banyak sekali media massa atau online yang menerima tulisan dari mahasiswa dalam bentuk opini, esai, atau karya sastra untuk dimuat. Bahkan beberapa media massa atau online website juga memang menyediakan kanal tulisan yang berasal dari kiriman-kiriman pembaca.

Kamu bisa membuat konten tulisan yang menarik dengan membuat blog pribadi, bahkan alih-alih bisa dilirik juga oleh berbagai brand atau perusahaan untuk mengajak kamu bekerja sama. Misalnya saja perusahaan online travel agent, penerbitan buku, e-commerce, dan sebagainya.

Untuk honornya sendiri lumayan loh, jika dihitung-hitung kasarnya satu artikel saja kamu sudah bisa mendapatkan Rp100.000 untuk 1000 kata. Bayangkan kalau kamu menulis hingga lima artikel sudah dapat Rp500.000, lumayan banget kan!

Tapi biasanya honor ini balik lagi tergantung masing-masing kliennya, karena ada juga yang menetapkan harga tergantung jumlah kata atau langsung diakumulasikan dalam sebulan.

Penerjemah

Kamu suka membaca buku terjemahan bahasa asing? Atau mampu menguasai bahasa asing dengan baik? Jangan sia-siakan bakatmu satu ini karena peluang mendapat pekerjaan sampingan sebagai penerjemah jelas lebih besar, apalagi jika kamu juga salah seorang mahasiswa jurusan sastra bahasa asing, sekalian mencari pengalaman kerja lho!

Lalu bagaimana caranya mendapatkan informasi mengenai pekerjaan yang satu ini? Mudah saja, kamu bisa menghubungi dosen, jaringan alumni kampus, atau keluarga yang sedang mencari jasa penerjemah.

Sekalian membangun koneksi juga tentunya untuk bekal setelah lulus kuliah nanti. Selain itu, solusi lainnya adalah kamu bisa menawarkan jasa penerjemah kamu melalui platform freelancer yang tersedia di Indonesia.

Untuk honornya sendiri, seorang penerjemah bahasa asing ke bahasa Indonesia ataupun sebaliknya memiliki tarif mulai dari Rp200.000 per satu halaman.

Namun perlu diingat tergantung masing-masing klien ya sehingga harganya bisa muncul secara berbeda-beda. Apakah kamu berminat untuk mencobanya?

Berbisnis Online Shop

Sudah sejak kurang lebih 4-5 tahun ke belakang, bisnis online shop sudah menjamur dimana-mana apalagi dengan munculnya berbagai platform e-commerce yang mudah diakses kapan saja.

Hal ini tentu saja menjadi peluang bisnis bagi mahasiswa yang ingin mencari uang tambahan. Walaupun yang bermain di bisnis satu ini sudah banyak sekali jumlahnya, namun bisnis online shop masih sangat menjanjikan.

Kamu bisa dengan mudahnya memanfaatkan platform e-commerce yang tersedia, atau dengan menggunakan sosial media Instagram dengan membuat akun bisnis kamu.

Tidak perlu takut untuk tidak mendapatkan customer karena sekarang ini mulai dari anak SD hingga ibu-ibu rumah tangga semuanya bermain di sosial media dan juga menyukai berbelanja online. Kamu tinggal memikirkan bagaimana strategi marketing dan sales kamu,

Ada berbagai macam cara untuk memulai bisnis online shop, jika kamu nggak punya modal untuk menyediakan produk sendiri, kamu bisa berjualan dengan cara pre-order, yaitu menawarkan produk ke orang-orang kemudian ketika ada pesanan baru kamu membuatnya.

Mudah sekali bukan? Keuntungan dari bisnis online shop juga tidak main-main lho, kalau ramai kamu bisa mendapatkan jutaan rupiah setiap minggu-nya, asik banget kan!

Content Creator / Social Media Influencer

Pekerjaan satu ini selalu menjadi primadona, karena selain mendapatkan uang kamu juga mendapatkan popularitas. Tapi nggak sembarangan orang bisa bekerja menjadi content creator atau social media influencer. Mereka yang menjadi seorang content creator dan influencer biasanya memiliki jumlah followers yang banyak dan setia.

Sebenarnya, syarat untuk bekerja sebagai content creator atau social media influencer sangatlah sederhana, kamu hanya perlu membuat konten untuk ditayangkan di kanal media sosial milikmu, dan kamu harus konsisten membuat konten yang bisa menggaet viewer datang ke akun media sosial, baik dalam bentuk artikel maupun video.

Tapi perlu diingat jangan hanya konten clickbait ya tapi juga memiliki isi sehingga kamu tidak punya persona yang buruk dari pengikut kamu. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan uangnya? Oh mudah sekali, setiap jumlah klik pengunjung ke laman kamu akan dikonversi menjadi sejumlah uang.

Keuntungan menjadi content creator atau social media influencer ini juga selain mendapatkan uang sekitar ratusan ribu hingga jutaan rupiah, kamu juga bisa berkesempatan untuk bekerjasama dengan perusahaan ternama karena sekarang content creator dan social media influencer sering dimanfaatkan untuk mempromosikan produk dan dinilai lebih efektif daripada sekedar iklan biasa.

Bermain Reksa Dana

Pekerjaan satu ini mungkin terkesan membosankan dan menyita banyak waktu karena harus terus memantau grafik setiap harinya. Tapi ternyata banyak juga lho mahasiswa yang terjun ke dunia satu ini dan memulai portofolio mereka. Selain itu ketika bermain reksa dana, kamu juga sekalian merekrut Manajer Investasi (MI) yang akan mengelola keuangan kamu.

Nah itu lah beberapa pilihan pekerjaan untuk mengisi waktu luang kamu dan menghasilkan uang tambahan. Jika kamu berniat untuk bermain reksa dana, kamu bisa belajar dasar-dasarnya melalui Ajaib.

Namun perlu diingat, meski melakukan kerja sampingan, jangan sampai meninggalkan pelajaran di kuliah dan nilaimu jadi berantakan ya! Belajar bertanggung jawab dengan pilihan yang kamu buat dan jadilah pribadi yang mandiri dan bijak dalam mengelola keuangan.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Artikel Terkait