Dunia Kerja

Virtual Office, Revolusi Bisnis dengan Efisiensi Biaya 90%

Sejak terjadinya perlambatan ekonomi global di 2014, terjadi perubahan bentuk kebutuhan ruang perkantoran, dari kepemilikan menjadi penyewaan gedung. Namun sebagai dampak dari boomingnya startup e-commerce lokal di Indonesia pada tahun-tahun terakhir ini – yang menganut pakem super efisien dan efektif – terjadilah revolusi cara berbisnis – di mana kebutuhan ruang perkantoran sebuah bisnis online harusnya tidak lagi perlu menghabiskan investasi besar. Cukup bersifat maya, berbasis digital. Datang ke kantor seharga sewa ratusan juta per bulan melalui kemacetan berseri dari depan rumah hingga area parkir – selain dirasa akan menguras modal – sudah dianggap sebagai sebuah kekurangcerdasan. Akhirnya Virtual office menjadi jawaban dari revolusi cara berbisnis Milenial ini.

Ganti Cara Berbisnis, Ganti Cara Meeting Via Virtual Office

Kantor virtual/Virtual office adalah kantor yang memungkinkan karyawan dan pemilik bisnis bekerja dari jarak jauh, dengan menyediakan berbagai fasilitas bisnis yang dapat diakses melalui internet. Virtual Office bersifat kantor sewa non-fisik yang tetap memiliki wujud kantor elegan beralamat domisili sah, yang bisa digunakan sebagai alamat legal bisnis, dilengkapi dengan fasilitas kantor lengkap guna mempertahankan terpenuhinya kebutuhan meetingdi kantor, tanpa perlu memiliki atau membayar sewa gedung kantor sendiri.

Efisiensi Ganti Office Ke Virtual Office

Pengguna virtual office mendapatkan keuntungan paket biaya operasional yang jauh lebih murah dan bisa dipangkas hingga 90% dibandingkan dengan cara kerja berkantor konvensional. Jika harga sewa ruang kantor konvensional bernilai sekitar Rp 200.000,- s/d 350.000,- per m2

(= Rp60.000.000,- s/d Rp400.000.000,- per bulan untuk luas kantor sekitar 300m2), maka harga sewa sebuah virtual office di area Sudirman Central Business District (SCBD) berkisar antara Rp200.000,- s/d 350.000,- per bulan!

Fasilitas Virtual Office Per Bulan

1. Alamat bisnis

Alamat bisnis diperlukan untuk menerima dan mengirim berkas, dan sebagai tempat bertemu dan mengadakan meeting dengan mitra, klien atau tim kerja, untuk membicarakan perkembangan bisnis.

2. Serviced office

Virtial office biasanya juga menyediakan layanan kantor pada umumnya, seperti resepsionis yang akan menyambut tamu dan penerimaan panggilan telepon.

3. 60 jam pemakaian meeting room

Ruang meeting yang dilengkapi berbagai perlengkapan sepertia proyektor, marker, papan tulis, hingga cam untuk video conference agar rapat dapat berjalan lancar.

4 Layanan menjawab telepon dan pesan suara

Nomor telepon bisnis dilengkapi pula dengan pengelolaan panggilan masuk maupun layanan pesan suara yang nantinya disambungkan kepada pemilik bisnis. 

Nilai Lebih Virtual Office

  • Sangat tepat guna bagi perusahaan yang karyawannya sering berada dilapangan.
  • Menciptakan lingkungan yang lebih bersih, menekan pemborosan transportasi, waktu dan tenaga karena karyawan tidak perlu lagi pergi ke kantor.
  • Waktu kerja yang fleksibel, sehingga karyawan leluasa mengatur jam kerja dan quality time untuk pribadi & keluarga.
  • Efisiensi modal dan biaya operasional revolusioner hingga 90%.

Redefinisi “Berkantor” 

Bekerja bukan berarti berkantor. Bekerja adalah aktivitas produktif bagi perkembangan bisnis, yang bisa dilakukan kapan pun dan dari mana pun. Berkantor bukan lagi di bekerja dalam gedung, namun beraktivitas bisnis dan profesional secara terkordinasi pada sebuah entitas bisnis beralamat resmi di sebuah virtual office.

Itulah beberapa revolusi bisnis yang bisa hemat biaya untuk memulai usaha dan membangun bisnis dengan modal sedikit. Dengan menggunakan virtual office, kamu bisa menjalankan bisnis dengan lebih mudah tanpa khawatir biaya operasional yang bengkak.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait