Milenial, Perencanaan Keuangan

Cara Cepat Kaya untuk Generasi Milenial, Ini Triknya

Ajaib.co.id – Siapa sih yang tidak ingin cepat kaya? Apakah kamu termasuk generasi milenial yang sedang mencari cara cepat kaya? Untuk mencapai target tersebut, memang tidak mudah dilakukan. Semuanya perlu perjuangan dan kerja keras.

Walaupun banyak generasi milenial yang sudah bekerja keras, tetapi tidak bisa memenuhi kebutuhannya yang berkaitan dengan finansial. Mengapa begitu? Sebab, masih banyak generasi milenial masih tergoda dengan gaya hidup yang tinggi, sehingga mereka tidak sempat menabung.

Bagi kamu milenial yang ingin menjadi kaya raya, simak dulu tips atau cara cepat kaya di bawah ini :

Jangan Gunakan Kartu Kredit

Kartu kredit sering disalahgunakan oleh milenial. Tak heran, para milenial sering terjerat utang. Salah satunya adalah tagihan kartu kredit yang macet.

Padahal, kartu kredit bisa dimanfaatkan dengan baik untuk keperluan tertentu atau mendesak. Namun, mereka malah sering menggunakan kartu kredit untuk pengeluaran atau kebutuhan sehari-hari.

Jika terlalu sering menggunakan kartu kredit, kamu bisa terjerat utang yang akan menghambatmu di masa mendatang. Sebaiknya, kamu gunakan kartu kredit untuk hal yang berguna atau keadaan darurat saja.

Menentukan Target di Usia 25 Tahun

Perencana keuangan, Douglas A. Boneparth mengatakan, para milenial harus menentukan target finansial atau keuangannya ketika berusia 25 tahun.

Di usia tersebut, kamu harus mengukur atau membuat prioritas tujuan di masa mendatang. Kamu bisa menabung atau menginvestasikan sebagian penghasilanmu.

Menabung dan berinvestasi di usia muda sangat penting, dan kamu akan merasakan dampak positifnya di kemudian hari. Semakin lama kamu menabung dan berinvestasi, maka semakin banyak pula uang yang dihasilkan.

Meminimalisir Pengeluaran

Hal lain yang bisa kamu lakukan adalah meminimalisir pengeluaran. Agar lebih ampuh, kamu bisa menggunakan metode 50/20/30. Metode ini akan membuat kamu untuk menghemat dengan cara mengatur keuangan.

50 persen keuanganmu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. 20 persen untuk ditabung atau investasi. Kemudian, 30 persen bisa kamu jadikan sebagai pengeluaran lain, seperti membeli tiket jalan-jalan atau membeli tiket bioskop.

Hidup Secara Hemat

Untuk menjadi cepat kaya, kamu wajib menerapkan sistem hidup hemat. Kurangi kebiasaanmu nongkrong di coffee shop atau beberlanja impulsif di online shop dan menghabiskan uang ratusan ribu. Jika dihitung-hitung, dalam satu bulan kamu bisa mengeluarkan biaya sekitar jutaan rupiah.

Maka dari itu, sebaiknya kamu kurangi kebiasaan tersebut agar bisa hidup hemat. Kamu bisa mengurangi kebiasaan tersebut dengan nongkrong di coffee shop selama sebulan sekali.

Coba bayangkan berapa uang yang bisa kamu hebat dengan tidak membeli di coffee shop? Misalnya saja, 1 cup coffee di coffee shop kamu membutuhkan uang setidaknya Rp50 ribu, dalam 1 bulan, kamu bisa menghabiskan uang Rp1,5 juta hanya untuk kopi? Untuk menyiasatinya, kamu bisa membuat kopi sendiri dengan membeli kopi sachet 2 ribuan per hari. Bagaimana? Hemat bukan?

Memanfaatkan Promo

Di era serba digital ini, pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan promo. Apalagi, jika promo yang ditawarkan berasal dari suatu brand, online shop, atau e-wallet.

Dari promo tersebut, kamu bisa menghemat pengeluaran. Misalnya, kamu berbelanja di ecommerce dan membayar dengan e-wallet. Kamu bisa memperoleh cashback dalam jumlah yang cukup besar.

Meskipun nominalnya terlihat kecil setiap bertransaksi, setidaknya kamu bisa menghemat keuangan. Dengan cara ini, kamu sudah berhasil meminimalisir pengeluaranmu.

Namun, jangan mentang-mentang ada promo, lalu kamu menjadi seenaknya berbelanja tanpa memikirkan kebutuhan lainnya. Pastikan kamu memanfaatkan promo sesuai kebutuhan ya, jangan pernah beli barang yang tidak dibutuhkan alias lapar mata.

Memulai Bisnis Sampingan

Salah satu cara untuk menjadi orang kaya adalah dengan memulai bisnis sampingan. Saat ini banyak orang yang memiliki pekerjaan sampingan untuk menambah penghasilan dari pekerjaan utamanya. Ada banyak bisnis yang bisa kamu manfaatkan, mulai menjadi reseller atau dropshipper bisnis online hingga membuka bisnis sesuai dengan hobi dan kemampuan.

Misalnya, ketika kamu menyukai belajar, kamu bisa membuka jasa les privat setelah pulang kerja. Atau kamu juga bisa menawarkan jasa fotografer ketika kamu memiliki hobi dibidang fotografi. Nah, saat ini banyak sekali orang yang mencari jasa penulis. Jadi, buat kamu yang memiliki hobi menulis, kamu bisa memanfaatkan hobi kamu menjadi bisnis sampingan yang juga bisa mendapatkan keuntungan besar. Menarik bukan?

Lakukan Investasi

Sebaiknya, alokasikan dana yang kamu miliki untuk berinvestasi. Kamu bisa memilih instrumen investasi yang paling diminati, seperti investasi emas, saham, reksa dana, atau melalui P2P Lending. Dengan melakukan investasi secara benar-benar, kamu bisa dengan mudah meraup kekayaan dengan lebih mudah.

Bagi kamu yang masih pemula, kamu bisa mulai dengan memilih investasi emas. Namun, pastikan kamu merawat dan menyimpannya dengan benar. Karena tanpa kamu merawatnya, kamu bukan mendapatkan keuntungan, tapi justru nilai dari emas itu sendiri bisa menurun.

Sedangkan, bagi kamu yang ingin memulai investasi dengan aman tanpa perlu melakukan perawatan, kamu bisa mulai dengan membuka rekening reksa dana. Dengan memulai investasi reksa dana, kamu bisa mendapatkan keuntungan dengan lebih mudah, cepat, dan aman.

Kamu juga bisa berinvestasi di saham. Namun sebelum mulai investasi saham pastikan kamu sudah mempelajari dulu cara berinvestasi saham yang benar terutama untuk pemula. Investasi saham memang terbukti menjadi salah satu cara cepat kaya. Bahkan kamu bisa mendapat keuntungan lebih dari 20% asalkan kamu berinvestasi dengan strategi yang benar.

Untuk segera mendapatkan keuntungan dari berinvestasi, kamu bisa mulai dengan membuka rekening reksa dana dan saham di Ajaib. Ajaib merupakan salah satu platform yang dapat membantu kamu untuk sukses secara finansial.

Dengan memulai investasi di Ajaib, kamu bisa melakukannya kapan dan di mana saja secara online. Jadi tunggu apalagi? Mulai buka rekening reksa dana dan saham kamu sekarang juga di Ajaib!

Itulah berbagai cara cepat kaya yang bisa dilakukan oleh generasi milenial. Kalau kamu ingin cepat kaya, tidak ada salahnya mulai menyiapkan finansial mulai dari sekarang.

Artikel Terkait