Cara Cuci Emas yang Benar agar Tetap Bersinar & Tak Dimakan Zaman

Emas merupakan alat investasi yang terus menjanjikan dari masa ke masa. Pasalnya, harga emas setiap tahunnya terus menguat. Di akhir tahun 2019, harga emas diprediksi bisa menyentuh Rp800.000 per gramnya. Namun, ketika berinvestasi dengan instrumen emas, maka kamu harus bisa merawatnya agar kilau emas tidak pudar. Sebab, warna emas ini memengaruhi harga bila kamu berniat menjualnya lagi.

Seperti kamu ketahui, sejak zaman dahulu emas merupakan logam mulia yang warnanya bisa luntur. Para arkeolog saja tidak pernah menemukan emas yang terlihat masih baru di situs-situs bersejarah. Fakta tersebut membuat kamu harus bisa menjaga kilau emas, terutama yang berbentuk perhiasan karena sering digunakan. Sebenarnya, cara praktis mencuci emas adalah merendamnya di dalam larutan sabun cuci piring cair yang berkualitas, seperti Sunlight. Kemudian, secara perlahan-lahan menyikatnya menggunakan sikat lembut untuk mengangkat segala kotoran.

Cara Mencuci Emas

Berikut cara mencuci emas dengan baik dan benar:

1. Sediakan sabun cuci piring cair, air hangat, dan sikat gigi berbulu halus. 

2. Sikat gigi atau sikat lain berbulu kasar dapat merusak permukaan emas.

3. Isi sebuah mangkuk dengan air hangat dan tambahkan sedikit sabun cuci piring cair.

4. Rendam perhiasan emas didalamnya selama beberapa menit.

5. Gunakan sikat gigi untuk mengangkat kotoran dan debu yang melekat.

6. Bilas dengan air bersih dan keringkan dengan handuk atau kain halus.

Tips Merawat Emas

Selain dicuci, kamu juga harus merawat emasnya. Hal ini perlu dilakukan secara hati-hati. Untuk menjaga perhiasan emas tetap terlihat seperti baru, kamu harus ikuti beberapa tahapan sederhana dalam artikel ini. 

1. Hindari Zat Kimia

Saat hendak bepergian, usahakan perhiasan emas yang kamu pakai tidak terkena oleh zat kimia seperti contohnya parfum. Hal ini disebabkan karena parfum mengandung zat klorida yang dapat merusak struktur dalam emas.

Biasanya yang paling sering terkena parfum secara langsung adalah gelang emas serta kalung emas. Bukan hanya itu, zat kimia lain seperti sabun, body lotion, serta hair spray juga sebaiknya tidak langsung mengenai anting emas maupun cincin emas. Usahakan melepas terlebih dahulu semua perhiasan yang kamu miliki saat hendak mandi.

2. Simpan Dalam Kotak Perhiasan Non-Iron

Saat membeli perhiasan, beberapa toko akan memberikan secara gratis kotak tempat menyimpan perhiasan. Biasanya terbuat dari bahan bludru, kain satin, maupun kotak yang sekedar berlapis kertas.

Jangan menyimpan perhiasan berbahan emas di dalam kotak yang berbahan besi seperti kaleng permen dan sebagainya karena dapat menimbulkan proses korosi. Usahakan juga untuk tidak menyampur perhiasan satu dengan yang lain agar tidak terjadi gesekan yang menimbulkan goresan.

Bahkan bila menyatukan penyimpanan kalung emas maupun gelang emas dengan perhiasan lain, akan sangat mudah bagi rantai tersebut untuk melilit satu sama lain.

Seperti itulah cara mencuci emas dan merawatnya agar sinar perhiasan emas yang kamu miliki tetap terjaga dengan baik. Dengan melakukan perawatan yang baik, harga jual emasmu akan tetap tinggi, ditambah lagi harga emas akan selalu naik dari waktu ke waktu.

Namun, jika kamu tidak bisa merawatnya dengan baik dan tetap ingin berinvestasi, kamu bisa mencoba investasi saham ataupun reksa dana. Dengan begitu, kamu tidak perlu repot merawat dan mencucinya hanya untuk mempertahankan nilai emas tersebut. Bagaimana memulainya? Kamu bisa mulai dengan mendownload aplikasi Ajaib sekarang juga!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait