Investasi Emas 10 Gram Masih Menguntungkan?

Investasi Emas 10 Gram Masih Menguntungkan?
Investasi Emas 10 Gram Masih Menguntungkan?

Jika kita membicarakan emas sebagai bentuk investasi sepertinya tidak ada habis-habisnya walaupun realitanya bahwa ketersediaan emas yang terdapat di alam tentu saja terbatas. Namun tetap saja logam mulia satu ini selalu melekat di hati para investor emas dari waktu ke waktu. Logam mulia emas memiliki beberapa varian yang ditawarkan ke publik bagi investor emas yang ingin memilikinya. Biasanya di pasaran, jika investor emas ingin membeli emas batangan tersedia dengan berat 3gr, 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr. Di mata investor emas, ukuran emas 10 gram dan 5 gram menjadi ukuran emas yang paling diburu dan diincar oleh investor.

Bahkan karena permintaan yang begitu banyak, terkadang Antam, salah satu tempat favorit untuk berburu emas pun juga terkadang mengalami kehabisan stok emas untuk ukuran 5 gram dan 10 gram.

Harga Emas Batangan 10 gram Antam

Harga emas batangan 10 gram Antam saat ini berkisar Rp7.105.000, dimana kamu bisa mendapatkan emas batangan Antam berbagai ukuran di Butik Emas LM terdekat dari domisili kamu yang terdapat di berbagai daerah. Jika kamu membeli emas batangan di Antam, emas batangan yang kamu beli terjamin keaslian dan kemurniannya dengan sertifikat LBMA (London Bullion Market Association).

Sertifikat LBMA ini menjadi sebuah standarisasi dari kualitas emas yang disediakan oleh Antam untuk para investor emas dengan tingkat kemurniaan emas 99,99%. Sedangkan untuk emas batangan 10 gram Antam bermotif batik seharga Rp7.770.000. 

Emas 10 gram yang kamu beli di Antam juga dilengkapi oleh sertifikasi secara digital dengan bantuan teknologi Certieye. Dimana bisa mengecek emas tersebut asli atau tidak dengan aplikasi Certieye yang bertugas sebagai pemindai barcode di setiap produk emas asli batangan produksi Antam. Seperti diketahui setidaknya ada beberapa faktor yang membuat harga emas selalu naik-turun sebagai berikut.

a. Perubahan Kurs Mata Uang

Jika kurs dollar AS terhadap Rupiah menguat, harga emas juga akan mengalami kenaikan,

b. Suku Bunga

Jika suku bunga mengalami kenaikan, harga emas akan anclok, karena investor mengalihkan aset atau uangnya ke mereka ke produk perbankan seperti deposito yang memberikan bunga yang lebih bagus ketimbang emas.

c. Demand dan Supply

Di mana ada demand pasti ada supply, inilah yang dimanfaatkan oleh investor spekulan untuk membeli dan menjual emas. 

Naik-turun harga emas juga dipengaruhi oleh hal ini, dimana jika permintaan meningkat dan suplainya tidak ada = harga emas melonjak naik, sedangkan jika tingkat suplainya banyak dan permintaan sedikit membuat harga emas mengalami penurunan.

d. Inflasi

Tingkat inflasi yang tinggi juga menyebabkan harga komoditi barang ikut naik, hal ini membuat harga emas naik apalagi mata uang Rupiah terhadap dollar Amerika melemah sehingga masyarakat lebih akan mencari investasi yang stabil seperti emas. Alhasil, dengan permintaan yang naik, harga emas juga akan melonjak.

Prospek Investasi Emas Kedepannya

Walaupun demikian, prospek investasi emas 10 gram atau ukuran lainnya tetap menjanjikan cuan di tahun 2019 ini, dimana jika melihat tren harga emas, kenaikan harga biasanya terjadi di akhir tahun pada periode November-Desember yang dirasa dari sisi psikologi investor emas cenderung menjadi bulan dimana mereka bisa mendapatkan cuan yang cukup dengan menjual emas yang dimiliki.

Jadi apa kamu memiliki niat untuk menjadi investor emas? Perlu diperhatikan, ketika kamu ingin membeli emas, kamu harus pintar mencuci dan merawatnya. Jika tidak, kamu bisa memilih alternatif investasi lain seperti investasi saham dan reksa dana. Yuk mulai investasi di Ajaib!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait