3 Hal yang Bisa Memengaruhi Harga Emas Antam

harga-emas-antam
harga emas antam

Emas merupakan salah satu investasi yang banyak diminati karena harganya yang stabil. Namun tetap saja harga emas bisa berubah-ubah setiap harinya. Salah satu yang paling banyak dipantau orang adalah harga emas antam per hari.

Emas batangan dari PT Aneka Tambang (Antam) merupakan yang paling banyak diminati sebagai investasi daripada sekedar perhiasaan emas. Harga belinya cenderung lebih mahal karena dilengkapi dengan sertifikat keaslian dan tahun produksi yang jelas. Kadarnya juga paling maksimal jika dibandingkan dengan emas biasa.

Harga emas antam per gram diperbaharui setiap jam 10 pagi. Perubahan ini bisa dipantau lewat berbagai aplikasi. Saat ini harganya berkisar Rp752.000 per gram meskipun bisa naik atau turun kapan saja. Tapi tahukan kamu apa saja faktor yang mempengaruhi perubahan harga logam mulia ini?

Ajaib akan menjabarkan tiga hal yang bisa menjadi penyebab fluktuasi harga emas antam antara lain:

Minat Pasar

Minat investasi masyarakat khususnya pada emas batangan semakin tinggi. Hal ini berpengaruh pada jumlah emas yang tersedia alias faktor kelangkaan. Sebelumnya harga emas antam cukup tinggi karena merupakan jenis emas yang paling dipercaya kualitasnya. Namun hal ini berubah sejak Pegadaian juga merilis emasnya sendiri.

Masyarakat kini banyak yang beralih ke emas dengan cap pegadaian sehingga harga emas antam tidak selalu tinggi. Dalam beberapa kasus, emas pegadaian bahkan lebih mahal dan instrumen investasi yang lebih menguntungkan.

Suku Bunga Bank

Ada pemahaman umum di masyarakat jika harga emas akan turun jika suku bunga naik. Meski tidak selalu akurat, hal ini bisa jadi gambaran umum. Kenaikan suku bunga biasanya menyebabkan orang menarik uangnya dan menyimpannya dalam bentuk deposito. Deposito dianggap lebih menguntungkan karena bunganya lebih besar daripada investasi emas saat itu. Perubahan suku bunga sendiri salah satunya dipengaruhi oleh nilai tukar rupiah.

Inflasi

Harga emas antam juga sangat ditentukan oleh tingkat inflasi. Ketika inflasi tidak terkontrol maka nilai tukar mata uang semakin tidak ada harganya. Masyarakat kemudian akan beralih menggunakan alat tukar lain yang lebih berharga seperti emas. Semakin tinggi inflasi berarti semakin tinggi minat akan emas batangan sehingga harganya juga ikut naik. Investasi emas diharapkan bisa digunakan pengganti mata uang ketika kondisi sudah tidak memungkinkan.

Membeli emas antam batangan untuk investasi tidak sama seperti membeli perhiasan emas. Kamu tidak bisa asal masuk ke toko emas untuk mendapatkannya. Belilah emas antam di berbagai distributor yang terpercaya agar tidak tertipu dan malah merugi. Jangan tergiur dengan harga emas antam per gram yang terlalu rendah dari pasaran. Bisa saja itu barang palsu dan kadarnya meragukan.

Antam sendiri menyediakan beberapa fasilitas pembelian emas melalui butik emas dan unit usahanya. Selain itu bisa juga membeli di berbagai platform online terpercaya, salah satunya aplikasi pegadaian.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait