Tips Berinvestasi Reksa Dana Saham Untuk Pemula

Tip Berinvestasi Reksa Dana Saham Untuk Pemula

Pintar dalam mengelola keuangan adalah hal yang harus dikuasai oleh generasi milenial saat ini. Berapapun gaji yang kamu terima. Sebaiknya jika pendapatan bisa disisihkan untuk berinvestasi guna merencanakan masa depan yang lebih cerah. Salah satu alternatif investasi adalah reksa dana saham. 

Definisi Reksa Dana Saham

Reksa dana saham adalah jenis investasi yang menempatkan investasi ke pembeliaan saham yang tercatat di bursa efek Indonesia. Reksa dana cocok untuk kamu pemodal kecil atau pemodal pemula yang tidak memiliki keahlian untuk menghitung risiko atas investasinya. 

Reksa dana merupakan produk investasi yang terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika ingin memulai berinvestasi reksa dana saham. Untuk memulai berinvestasi reksa dana tidak harus dengan modal yang besar. Kamu bisa mulai berinvestasi dengan modal awal Rp10.000 saja.

Manfaat dan Keuntungan Investasi Reksa Dana Saham

Ada beberapa manfaat dan keuntungan yang bisa kamu dapatkan. Berikut ulasannya:

1. Potensi Return Tinggi 
Return bisa mencapai 15% setahun atau bahkan mencapai 20% setahun. Sangat cocok bila dijadikan alternatif investasi yang menjamin pemodal dalam mempersiapkan masa tua.

2. Transparansi Informasi
Jenis investasi ini akan memberikan informasi perkembangan portofolio serta biaya secara berkelanjutan. Hal ini dilakukan supaya pemodal bisa memantau keuntungan, biaya, serta risiko secara berkala. Pengelola dana juga wajib menerbitkan laporan keuangan tengah tahun dan tahunan secara teratur. Adanya transparansi informasi ini kamu sebagai pemodal tentu dapat memonitor perkembangan secara rutin.

3. Lebih Aman
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, reksa dana saham sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Hal ini tentu saja memberikan rasa aman untuk kamu pemodal yang ingin memulai berinvestasi. 

Tips Berinvestasi Reksa Dana Saham

Inilah tip berinvestasi reksa dana saham yang perlu kamu ketahui sebelum memulai mengalokasikan dana.

  • Tentukan Tujuan Berinvestasi
    Sebelum memulai berinvestasi kamu perlu mengetahui apa sebenarnya tujuan investasi kamu. Tujuan ini bisa menjadi motivasi untuk kamu memulai dan memilih. Karena setiap instrumen mempunyai jangka waktu dan risiko yang berbeda. Tujuan investasi menjadi patokan dalam menentukan jenis instrumen yang cocok untuk kamu. 
  • Tentukan Jangka Waktu Investasi
    Jangka waktu investasi ini menentukan jenis instrumen yang akan kamu pilih. Bagi kamu yang masih tahap coba-coba sebaiknya memilih reksa dana pasar uang yang jangka waktunya pendek. Namun jika kamu ingin berinvestasi dengan tujuan jaminan hari tua, kamu bisa memilih reksa dana saham. Pikirkan secara matang saat memilih jangka waktu dengan mempertimbangkan kemampuan keuangan kamu. Hindari menarik dana di tengah perjalanan karena masalah keuangan kamu. Hal ini bisa membuat kamu mengalami kerugian.  
  • Tentukan Tempat Kamu Akan Membeli
    Pilihlah perusahaan Manajer Investasi yang sudah berpengalaman dengan track record yang terpercaya. Bagi pemula saya sarankan untuk menggunakan aplikasi Ajaib untuk berinvestasi. Pada dasarnya aplikasi ini didesain untuk pemodal tanpa pengalaman. Secara otomatis aplikasi Ajaib akan merekomendasikan pilihan instrumen terbaik untukmu. 

Itulah beberapa tips berinvestasi reksa dana saham untuk pemula yang dapat kamu terapkan untuk memulai investasi. Jika ada pertanyaan, kamu dapat meninggalkan komentar melalui kolom di bawah ini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait