Dunia Kerja, Perencanaan Keuangan

Pengertian Analisis Laporan Keuangan dan Cara Membuatnya

pengertian laporan keuangan

Laporan keuangan adalah kebutuhan tak terelakkan dalam dunia bisnis. Namun banyak orang yang tak paham benar akan pengertian analisis laporan keuangan dan esensinya ketika terjun dalam dunia bisnis. Padahal keberadaanya penting untuk mengetahui kondisi keuangan perusahaan ataupun bisnis yang sedang dijalankan.

Jika kamu berniat untuk menjadi enterpreneur, paling tidak kamu harus menguasai cara melakukan analisa laporan keuangan dasar. Banyak wirausahawan muda yang punya ide bisnis yang bagus dan penjualan awal yang juga relatif ramai tapi sulit untuk memiliki usaha yang panjang.

Alasannya tentu saja adalah penyusunan laporan keuangan yang buruk sehingga sulit untuk menentukan besarnya keuntungan, modal maupun faktor keuangan lainnya. Selain itu, laporan keuangan juga bisa memberikan gambaran kemampuan perusahaan dan juga untuk mengevaluasi soal langkah berikutnya yang harus diambil.

Dalam skala perusahaan besar, jajaran manajerial menjadikan ini salah satu dasar utama proses pengambilan keputusan untuk menghasilkan keputusan besar korporasi. Dari uraian data inilah diketahui mana yang menjadi keunggulan kinerja perusahaan dan mana yang menjadi kelemahan dan perlu diperbaiki.

Pada tahap enterpreneur, tentunya jenis laporan maupun jenis analisis yang dilakukan tidak serumit seperti korporasi besar. Hanya saja tentu saja keberadaanya dibutuhkan untuk paling tidak mengetahui kondisi keuangan tahun berjalannya usaha tersebut.

Seorang wirausahawan paling tidak membuat laporan sederhana dengan menguraikan pos-pos keuangannya seperti pemasukan, belanja bahan, biaya usaha, utang, dll. Dengan demikian, ia akan tahu benar berapa banyak harus mengalokasikan uang untuk memenuhi kewajibannya seperti tagihan listrik atau cicilan utang dan mana yang bisa diklaim sebagai laba.

Seiring dengan semakin besarnya usaha, ada baiknya laporan keuangan yang disusun juga semakin kompleks agar semakin memberikan keterangan jelas akan usaha tersebut. Kamu juga bisa berlatih membuat laporan yang detail dengan data kuantitatif dan non kuantitatif untuk menambah ilmu bisnismu.

Pengertian Analisis Laporan Keuangan dan Apa Saja Jenisnya

Laporan keuangan adalah informasi keuangan dari sebuah perusahaan dalam periode tertentu seperti laporan keuangan bulanan, laporan keuangan tiga bulan, laporan keuangan per semester, dan laporan keuangan tahunan.Namun, ada empat jenis laporan keuangan yang biasanya digunakan oleh perusahaan, yaitu laporan keuangan neraca, laporan keuangan laba rugi, laporan uang kas, dan laporan perubahan kepemilikan modal.

Dalam perusahaan besar, laporan keuangan dijalankan dengan sangat rapi oleh akuntan. Laporan keuangan tidak hanya digunakan untuk menghitung laba rugi, tetapi juga menjadi salah satu sumber informasi untuk mengambil kebijakan. Dalam usaha berskala kecil menengah, laporan keuangan sangat diperlukan jika pemilik usaha ingin usahanya terus dikelola dan berkembang.

# Pengertian Analisis Laporan Keuangan Lebih lanjut

Laporan keuangan difungsikan untuk menyediakan informasi mengenai posisi keuangan, kinerja keuangan perusahaan, dan menunjukkan perubahan posisi keuangan di sebuah perusahaan. Informasi tersebut digunakan oleh beberapa pihak yang bersangkutan (stakeholder) dalam mengambil keputusan.

Angka-angka yang ada di laporan keuangan digunakan oleh pemberi pinjaman, pihak manajemen, investor, pemegang saham, dan karyawan untuk menilai kinerja dari sebuah perusahaan.

Laporan keuangan pun harus dibuat dengan standar tertentu, sehingga laporan keuangan perusahaan bisa dipahami dan digunakan oleh seluruh pihak yang berkepentingan. Salah satu fungsi laporan keuangan adalah bahan untuk perbandingan.

#4 Jenis Laporan Keuangan Perusahaan

Secara umum, ada empat jenis laporan keuangan perusahaan, yaitu:

  • Laporan laba rugi (income statement)
  • Laporan keuangan neraca (balance sheet)
  • Laporan arus kas (cash flow)
  • Laporan perubahan ekuitas (a statement of changes in equity)

Jika kamu ingin mengetahui kondisi perusahaan, bisa membaca masing-masing laporan keuangan. Selain itu, kamu juga bisa membaca hubungan antar laporan keuangan.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai empat jenis laporan keuangan yang harus kamu ketahui:

  • Laporan Laba Rugi

Memuat laporan mengenai selisih pendapatan yang dikurangi dengan biaya-biaya atau bebannya. Hal ini dapat digunakan untuk mengambil kebijakan atau dasar ukuran untuk mengukur tingkat pengembalian investasi dan laba per sahamnya.

  • Laporan Keuangan Neraca

Ditujukan untuk mengetahui posisi keuangan dari sebuah perusahaan pada periode tertentu. Jenis laporan ini juga sangat diperlukan untuk mengetahui nilai perusahaan setelah menjalani berbagai aktivitas yang berkaitan dengan keuangan.

Laporan ini memiliki tiga unsur, yaitu harta, kewajiban, dan modal. Harta merupakan kekayaan yang dimiliki UKM, seperti harta tetap, harta lancar, dan harta tidak berwujud (hak paten dan merek dagang).

  • Laporan Arus Kas

Laporan arus kas berisi informasi yang berkaitan dengan kas masuk dan keluar dalam periode yang telah ditetapkan. Sebab, hal itu berhubungan dengan waktu pencatatan. Laporan kas juga berfungsi sebagai syarat informasi perubahan historis dari kas.

  • Laporan Perubahan Ekuitas

Ekuitas dalam ilmu pengetahuan diartikan sebagai modal atau kekayaan dari entitas. Entitas yang dimaksud adalah perusahaan dan UKM. Ekuitas diperoleh dari selisih jumlah aset setelah dikurangi dengan kewajiban. Laporan perubahan ekuitas merupakan laporan yang berisi tentang perubahan atau ekuitas dalam periode tertentu.

#Gambaran Sederhana Laporan Keuangan untuk UKM

Untuk membuat sebuah laporan keuangan, kamu harus mempersiapkan buku transaksi catatan keuangan, yaitu:

  • Buku Kas
  • Buku Pembelian Barang
  • Buku Persediaan Barang
  • Buku Biaya
  • Buku Penjualan
  • Buku Piutang
  • Buku Utang

Kamu bisa menyiapkan tujuh buku di atas untuk mencatat tujuh poin tersebut. Untuk satu transaksi, kamu akan melibatkan minimal dua buku, seperti mencatat pengeluaran biaya yang dicatat di buku tas dan buku biaya. Begitu juga dengan transaksi penjualan atau pembelian, kamu juga harus melibatkan beberapa buku untuk mencatat transaksi yang dilakukan.

Begitulah pengertian laporan keuangan yang harus kamu ketahui. Mengetahui ini, bisa memudahkan kamu dalam memulai usaha atau mengelola perusahaan. Jika kamu merasa sudah siap menjalankan bisnismu, pastikan pula paham benar akan pengertian analisis laporan keuangan agar tak kesulitan di kemudian hari.

Bacaan menarik lainnya:

Affa, Robert C. & M.D. JK Lasser. (2001). Expert Financial Planning. JohnWiley & Son, Inc.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait