Daftar 4 Reksa Dana Pasar Uang Paling Direkomendasikan

reksa dana pasr uang
reksa dana pasar uang
Busines man counting dollar banknote – online business concept

Industri keuangan di Indonesia sedang mengalami masa yang sulit dengan melemahnya Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), yang menjadi acuan pasar modal Indonesia hingga mencapai 5,71 persen sepanjang bulan Januari 2020. Hal ini berdampak pada reksa dana yang berbasis saham meskipun reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap masih mengalami sedikit kenaikan.

Dikutip dari Kontan.co.id, jumlah dana kelolaan atau asset under management (AUM) industri reksadana mencatatkan turun pada awal tahun 2020. Melansir riset yang diterbitkan oleh Infovesta Utama, AUM industri reksacdana secara keseluruhan turun 1,16% secara bulanan. Pada Desember 2019, AUM reksacdana tercatat sebesar Rp 563,58 triliun sedangkan pada Januari 2020 AUM turun menjadi Rp 557,06 triliun.

Fakta ini mungkin sedikit mengkhawatirkan bagi investor yang menanamkan uangnya di pasar uang dan pasar modal sekaligus. Namun mungkin sekaligus juga menawarkan peluang untuk berinvestasi lebih banyak di reksa dana pasar yang mengandung risiko lebih rendah di tengah ketidakpastian global yang terjadi di pasar saham.

Reksa dana ini sendiri mencatatkan kinerja yang positif dan menghasilkan keuntungan yang memuaskan bagi para investornya sepanjang tahun 2019 lalu.Tambahan lainnya, reksa dana saham menjadi jenis reksa dana yang mencatatkan penurunan AUM terbesar sepanjang bulan Januari 2020 dengan penurunan mencapai 8,89 persen, disusul reksa dana campuran yang berkurang 5,01 persen.Sementara itu, reksa dana pasar uang menjadi jenis reksa dana yang mencatatkan kenaikan terbesar yakni 9,42 persen, disusul oleh reksa dana pendapatan tetap 1,54 persen.

Hal ini menambah satu lagi alasan kamu untuk berinvestasi reksa dana melalui instrumen pasar uang ini. Instrumen ini cocok bagimu yang ingin investasi jangka pendek, untung dan tetap stabil. Meskipun isu ekspor impor antara negara raksasa ekonomi memanas, instrumen ini akan tetap bertahan

Reksa Dana Pasar Uang, Pilihan Investasi di Tengah Isu Global yang Tak Pasti

Reksa dana pasar uang adalah salah satu bentuk investasi yang dianggap paling cocok untuk investor pemula. Berbagai instrumennya yang paling dikenal antara lain obligasi yang jatuh temponya kurang dari satu tahun, deposito, dan Sertifikat Bank Indonesia (SBI). Namun ada pula instrumen lain berupa sertifikat deposito, surat berharga komersial seperti surat utang, commercial paper, banker s acceptance, call money, treasury bills dan surat berharga pasar uang.

Reksa dana ini terbukti paling stabil di tengah berbagai perang dagang yang terjadi termasuk antara Amerika dan Eropa baru-baru ini. Bahkan diperkirakan selama tahun 2020 ini kinerjanya akan tetap bertahan. Apalagi di tengah derasnya isu yang mengancam dunia mulai dari kemungkinan perang dunia sampai dengan merebaknya virus Corona.

Kamu yang ingin mulai berinvestasi namun dengan tingkat risiko yang masih bersahabat bisa mempertimbangkan untuk membeli produk reksa dana ini. Hampir semua agen penjual reksa dana pasti menyediakan produk ini sehingga kamu bisa dengan mudah mendapatkannya. Namun ingat ya, pastikan kamu melakukan transaksi reksa dana di agen penjual yang terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Sebagai tambahan pertimbangan, kamu harus tahu bahwa return yang diterima investor produk ini pada 2019 naik hingga 6% dibandingkan tahun sebelumnya. Reksa dana pasar uang sesuai bagi pemula karena minim resiko. Keuntungannya bisa mencapai 7% per tahun, cukup besar bagi pemula meskipun memang tak sebesar saham. Selain itu, dana kita juga bisa sewaktu-waktu ditarik tanpa batasan waktu.

Kamu juga tidak dikenakan biaya pembelian atau penjualan jika sewaktu-waktu melepas reksa danamu. Berbagai poin inilah yang menjadikan reksa dana dianggap cocok bagi pemula dan milenial yang penghasilannya terbatas namun ingin menjajal dunia investasi. Kalau kamu sedang mempertimbangkan ingin membeli reksa dana, mungkin 5 produk ini bisa dicoba. Dilansir dari Kontan.co.id, 4 reksa dana pasar uang ini memiliki rekam jejak 5 tahun terbaik dan menguntungkan.

1.  Manulife Indonesia Money Market Fund

Produk reksa dana ini menargetkan return sebesar 5% dari reksa dana dengan menempatkan dananya di deposito bank besar. Alasannya karena bank besar memiliki kinerja keuangan yang stabil meskipun keuntungannya tidak terlalu besar. Hal ini dianggap sesuai dengan investor pasar uang yang konservatif dan mengutamakan konsistensi.

2.  Mandiri Kapital Prima

Jenis reksa dana dari bank Mandiri telah memberikan imbal hasil 37,57% per tahun alias 0.48% per bulan selama lima tahun belakangan. Reksa dana ini seluruhnya ditempatkan di deposito bank BUKU II dan III. Pasalnya, rate bank tersebut dianggap lebih kompetitif dibandingkan BUKU 4. Selain itu, deposito juga resikonya lebih kecil dibandingkan obligasi.

3.  Mega Dana Kas

Produk keuangan ini berhasil memberikan return sebesar 39,03% selama 5 tahun performanya di pasar uang. Sebagian besar dananya ditanamkan di produk deposito bank BUKU III. Selain itu, adapula penanaman dana di obligasi korporasi dengan rating A dari PT Pemeringkat Efek Indonesia.

4.  Bahana Dana Likuid

Produk ini menempat posisi teratas sebagai reksa dana pasar uang paling menguntungkan 5 tahun terakhir. Return-nya yang diperoleh investornya mencapai 40,49%, jauh lebih tinggi dibandingkan produk lainnya. Bahana Dana Likuid adalah produk dari PT Bahana TCW Investment Management yang juga merupakan mitra manajer investasi dari Ajaib. Kamu yang tertarik dengan produk ini bisa langsung membelinya lewat aplikasi investasi Ajaib.

Ajaib memastikan investasi yang kamu tanamkan memberikan hasil terbaik. Salah satunya dengan bermitra dengan manajer investasi terbaik seperti Bahana TCW Investment Management. Selain itu, masih ada 20 manajer investasi berpengalaman lainnya yang bekerja sama dengan Ajaib.

Memiliki reksa dana pasar uang adalah pilihan yang terbaik dengan kondisi industri keuangan saat ini. Meskipun kamu ingin investasi yang aman namun jangan sampai mengabaikan tingkat pengembalian yang bisa kamu terima. Instrumen investasi seperti deposito berjangka atau emas batangan mungkin adalah produk yang paling aman namun keuntungannya jelas tidak progresif.

Hanya saja, tidak lengkap rasanya jika kamu tidak memahami semua karakteristik dari reksa dana pasar uang. Salah satu kekuranganya adalah investasi ini tidak dijamin oleh lembaga manapun, berbeda dengan deposito yang dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Selain itu, sebagai cara berinvestasi tentu saja tetap ada risiko yang kamu hadapi.

Misalnya saja kemungkinan adanya wanprestasi oleh pihak yang terlibat. Karena itu kamu wajib pula berhati-hati ketika membeli produk reksa dana pasar uang. Untuk jaminan mutu, kamu bisa berinvestasi reksa dana melalui aplikasi Ajaib.

Ajaib bekerja sama dengan banyak manajer investasi yang terjamin kualitasnya. Selain itu, ada banyak produk reksa dana yang bisa kamu dapatkan lewat aplikasi ini. Kamu bisa menyesuaikan pilihanmu dengan profil risiko atau mendapatkan rekomendasi dari tim ahli kamu.

Pengelolaan yang baik akan memberikan imbal hasil yang maksimal pula. Apalagi investasi reksa dana sangat bergantung dengan kecakapan manajer investasi yang kita pilih. Sebagai pemula, kita hanya menunggu dana tersebut dikelola sampai waktunya memberikan hasilnya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait