Pensiun, Perencanaan Keuangan

Negara Masih Memberikan THR Pensiunan bagi PNS

thr pensiunan

THR pensiunan dananya tetap dikucurkan oleh Pemerintah di tahun 2019. Dicairkannya tunjangan ini dibarengi dengan keluarnya THR PNS atau para pegawai yang masih aktif. Yang mendapatkan THR tersebut langsung dari negara ada PNS, TNI, dan Polri.

Karena hal itu, cukup wajar jika profesi tersebut diminati oleh banyak orang Indonesia karena setelah menjadi pegawai non aktif pun mereka masih menerima tunjangan hari raya di luar tunjangan kinerja yang lumayan juga. Setelah para abdi negara itu pensiun, Negara punya kewajiban untuk menjamin masa tua mereka dengan sebaik-baiknya.

THR Pensiunan untuk Abdi Negara

Sebagai pegawai yang bertugas untuk Negara dalam waktu bertahun-tahun, wajar saja jika Pemerintah Indonesia memperhatikan kesejahteraan para pegawainya yang sudah bekerja selama itu. Pembagian THR pensiunan ini sendiri diatur oleh peraturan menteri yang sudah disetujui oleh Presiden Joko Widodo karena itu apabila tidak dilaksanakan maka akan ada hukuman yang menanti si pelanggar. Maka dari itu pencairan THR ini dijamin oleh negara dan diawasi langsung oleh Menteri Keuangan , Sri Mulyani. Semuanya dilakukan secara transparan.

Pencairan THR pensiunan sudah sesuai dengan Peraturan Menteri Keuangan (PM) Nomor 58/PMK/05/2019 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pemberian Tunjangan Hari Raya Kepada Pegawai Negeri Sipil, Prajurit TNI, Anggota Kepolisian RI, Pejabat Negara, Penerima Pensiun, dan Penerima Tunjangan Yang Bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Itu artinya peraturan THR pensiunan dibuat sendiri oleh Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

Berbeda dengan Tunjangan Pensiun

Para pensiunan PNS, TNI, dan Polri mendapatkan THR sama dengan sebulan gaji terakhir yang didapatkannya dulu. Pencairan ini dilakukan secara serentak. Selain THR pensiunan, PNS, TNI, dan Polri juga mendapatkan dana pensiun berupa pensiun pokok, tunjangan keluarga, dan tunjangan tambahan penghasilan. Berbeda dengan THR pensiunan yang diberikan hanya pada hari raya, pensiun pokok dan berbagai macam tunjangan itu diberikan per bulan dalam kurun waktu yang sudah ditentukan.

Pemberian THR juga ketentuannya sudah diatur oleh Negara. Menurut peraturan, THR diberikan kepada para pegawai dan non pegawai paling cepat 10 hari kerja sebelum tanggal hari raya. Hanya yang berbeda adalah lembaga yang diberikan wewenang untuk mencairkan tunjangan hari raya.

Tunjangan ini dicairkan secara langsung oleh PT Taspen dan PT Asabri, jadi lembaga yang mengurus untuk pensiunan ini sudah terpercaya. Pembayaran tunjangan hari raya sendiri berbeda dengan tunjangan dan pensiunan bulanan yang didapatkan para pensiunan.

Akan sangat bagus jika tunjangan-tunjangan yang didapatkan itu dijadikan investasi. Kamu yang sekarang menjadi PNS bisa berencana melakukan investasi saham, investasi emas, atau investasi dalam bentuk deposito.

Ketika investasi tersebut punya kelebihan dan risikonya masing-masing, tapi yang jelas investasi ini akan menambah penghasilan kamu di masa depan. Apalagi jika kamu punya impian di masa depan yang ingin dicapai.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait