Mau Nabung Saham, Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulainya?

Mau Nabung Saham, Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulainya?
Mau Nabung Saham, Kapan Waktu yang Tepat untuk Memulainya?

Meski dapat diprediksi, kamu harus mengakui pergerakan saham itu tak pasti. Bisa jadi hari ini menunjukkan tren positif, suatu hari tiba-tiba harganya anjlok. Meski memiliki target, perusahaan tentu dapat mengalami pasang surut yang berpengaruh pada harga saham.

Jadi, memang benar ada waktu-waktu terbaik untuk nabung saham untuk meminimalkan risiko dan kerugian. Kamu harus tahu cara menabung saham pada waktu yang tepat untuk keuntungan maksimal.

Tentukan Rencana Investasi

Sebelumnya, kamu harus sudah punya rencana, apakah akan berinvestasi jangka pendek atau jangka panjang. Tak pernah ada saham yang betul-betul bisa ditebak pergerakannya. Saham bisa naik dan turun kapan saja, sangat fluktuatif.

Kabar baiknya, jika kamu memilih investasi jangka panjang, kamu bisa beli saham kapan saja. Apalagi jika kamu menabung saham dengan membeli dalam jumlah sedikit tetapi secara berkala. Perlahan tetapi pasti, hasilnya akan kamu rasakan. Itulah mengapa, banyak yang menyarankan saham sebagai investasi jangka panjang. Namun, kamu tetap harus paham bagaimana mengatur dana yang akan kamu tempatkan dalam jangka panjang. 

Lain halnya jika kamu ingin ‘bermain’ saham dalam jangka pendek. Misalnya, kamu ingin mendapatkan keuntungan dari saham dalam hitungan hari atau minggu. Jika ini pilihanmu, kamu harus benar-benar melakukan analisis saksama dalam membaca situasi.

Kamu harus melihat rentang harga suatu perusahaan dalam satu hari untuk kemudian memutuskan membeli sahamnya pada harga terendah. Kamu harus cepat membaca peluang pasar ketika banyak orang menjual saham dengan harga murah, misalnya ketika terjadi situasi krisis.

Kapan Keuntungan Didapat?

Tentunya bervariasi. Bisa dalam hitungan jam, satu hari, satu bulan, satu tahun, bahkan lebih. Jika kamu memilih investasi jangka panjang dan cenderung pasif dalam mengikuti dinamika bursa, bisa jadi setahun atau lebih barulah kamu dapat keuntungan. Syaratnya tentu saham yang kamu beli berasal dari perusahaan yang memiliki rekam perkembangan baik dari tahun ke tahun.

Atau, mungkin kamu membeli saham dari perusahaan yang memiliki tren positif, sembari cermat memerhatikan rentang harga. Jika demikian, kemungkinan dalam satu bulan kamu bisa melihat seberapa keuntungan yang kamu peroleh.

Mau dapat untung dalam satu jam atau satu hari? Sangat jarang terjadi tetapi bukan tidak mungkin. Ada faktor untung-untungan ketika misalnya kamu membeli saham murah dan tiba-tiba terjadi gairah pasar dan harga sahammu langsung naik drastis. Tentu ini jarang terjadi.

Keuntungan instan lebih mungkin terjadi jika kamu sudah benar-benar menguasai aktivitas perdagangan saham, fluktuasi harga, dan momen yang tepat. Masih banyak hal yang perlu diamati dan dipelajari seiring jam terbang bertambah.

Wah, jadi sebenarnya waktu yang tepat untuk nabung saham itu sangat tergantung situasi dan kondisi, ya. Jadi, sebelum investasi jangan lupa baca info terbaru mengenai pergerakan nilai saham terlebih dulu dan mengecek harga saham melalui bursa efek. Kamu juga bisa belajar dan menemukan cara investasi di blog Ajaib. Yuk nabung saham sekarang!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait