6 Alasan yang Meyakinkan Kamu untuk Mulai Investasi Saham

6 Alasan yang Meyakinkan Kamu untuk Mulai Investasi Saham
6 Alasan yang Meyakinkan Kamu untuk Mulai Investasi Saham

Saat ini, investasi menjadi pilihan banyak orang dalam mengatur keuangan agar terjamin di masa yang akan datang. Ada banyak instrumen investasi yang bisa dipilih, salah satunya ialah investasi saham. Dengan berinvestasi saham, kamu bisa mendapatkan keuntungan dari saham yang dibeli. Walaupun begitu, masih banyak orang yang berpendapat investasi saham rumit karena harus terus memantau perkembangan saham setiap saat. Hal itulah yang membuat banyak orang tidak mencoba untuk investasi saham.

Padahal investasi saham bisa dilakukan semua orang bahkan investor pemula sekalipun. Yang harus kamu lakukan hanyalah membuka rekening sekuritas di bank tertentu, lalu memasukkan modal sesuai dengan dana yang kamu miliki. Selain itu, masih ada beberapa alasan-alasan yang meyakinkan agar kamu mau mulai investasi saham. Berikut penjelasannya.

Investasi dengan Modal Kecil

Untuk memulai investasi, sudah pasti kamu harus menyiapkan modal awalnya. Banyak yang mengira modal awal yang harus disiapkan besar, padahal tidak begitu. Kamu bisa tetap berinvestasi meski hanya punya modal kecil. Dengan modal mulai dari Rp100.000 kamu bisa membeli beberapa lot saham. Namun, bagi yang mengincar saham bluechip, kamu bisa menabungnya terlebih dahulu.

Transaksi Mudah dan Fleksibel

Tidak seperti yang dibayangkan, saham sebenarnya relatif lebih mudah dalam proses transaksinya. Kamu tidak perlu membawa-bawa sertifikat atau lainnya saat proses transaksi. Bahkan, kamu cukup menghubungi broker atau melakukan transaksi secara online melalui platform-platform yang sudah tersedia.

Selain itu, untuk berinvestasi saham bisa dikatakan cukup fleksibel karena bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja. Dengan begitu, investasi ini tidak akan mengganggu kegiatan utamamu.

Pergerakan Saham Mengikuti Laju Inflasi

Pergerakan nilai saham yang kamu miliki biasanya akan dipengaruhi dengan tingkat inflasi. Misalnya, saat di awal kamu hanya memiliki saham yang nilainya Rp1.000.000, maka dengan inflasi meningkat nilainya pun berpotensi bertambah. Maka dari itu kamu harus mempertimbangkan dengan baik jenis saham yang memang cukup terpengaruh dengan inflasi.

Saham Jadi Investasi Jangka Panjang

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, nilai saham akan terpengaruh dengan laju inflasi. Saat kamu memutuskan investasi saham dengan tenor yang panjang tentu akan menguntungkan. Dan memang rata-rata orang yang investasi saham pasti memang bertujuan untuk investasi jangka panjang agar masa depan bisa terjamin dengan baik.

Investasi Terbukti Aman

Saat kamu memutuskan untuk melakukan investasi, pilihlah investasi yang sudah pasti aman dan diawasi oleh lembaga yang berwenang. Untuk investasi ini diawasi oleh pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan begitu, sudah dipastikan saham adalah investasi yang aman karena bersifat legal atau sah secara hukum. 

Pajak Sederhana

Selain seperti yang sudah disebutkan di atas, pajak untuk investasi saham bisa dikatakan sederhana. Hal itu karena pajaknya bersifat final, yang artinya pajak sudah dipotong oleh pihak sekuritas. Dengan begitu kamu sudah menerima keuntungan bersih dari penjualan saham atau pembagian dividen.

Setelah mengetahui alasan-alasan tersebut di atas, seharusnya kamu makin yakin untuk melakukan investasi saham. Jangan lupa untuk mencari tahu strategi dan tips investasi agar bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal. Kamu juga harus mempertimbangkan jenis saham mana yang akan kamu beli agar bisa meraup keuntungan di masa yang akan datang.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait