Basmi Investasi Bodong, OJK Lakukan Pengawasan Ketat

investasi bodong
investasi bodong

Pengawasan OJK dibuat seketat mungkin agar investor pemula terhindar dari investasi bodong. Untuk lebih lengkapnya, simak ulasan yang telah redaksi Ajaib himpun ini.

Jangan takut berinvestasi hanya karena kasus investasi bodong. Pasalnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan melakukan pengawasan ketat terhadap praktik investasi.

Investasi adalah salah satu cara untuk memperoleh keuntungan atau melipatgandakan harta. Namun tidak semua masyarakat menguasai literasi keuangan terutama tentang investasi. Hal tersebut dimanfaatkan oleh segelintir oknum untuk menipu mereka.

Investasi Bodong

Oknum menawarkan skema investasi dengan hasil atau return tinggi dalam waktu singkat kepada masyarakat yang rendah literasi keuangan. Jika diteliti lebih dalam, oknum tidak memiliki izin dari OJK dan pengelolaan dananya pun tidak jelas. Alhasil tak sedikit masyarakat yang tergiur berinvestasi.

Tetapi apa yang ditawarkan oleh oknum itu tidak terbukti. Mereka pun tertipu dengan investasi bodong. Dana yang mereka kumpulkan pun tidak sedikit. Misalnya kasus investasi bodong yang dilakukan oleh Millenium danatama Group di Batam, Riau, dan Solid Gold Berjangka di Bali pada tahun ini.

Satgas Waspada Investasi (SWI), bagian dari pengawasan OJK, menutup 27 kegiatan usaha yang diketahui sebagai investasi bodong. Dikutip dari CNBC Indonesia, Rabu (09/10/2019), 27 entitas tersebut adalah 8 investasi forex yang mendompleng perusahaan lain, 8 investasi cryptocurrency tanpa izin, 3 perdagangan berjangka tanpa izin, 2 MLM tanpa izin, dan 6 investasi lainnya.

Menghindari Investasi Bodong

Pasti kamu tidak ingin terjebak investasi bodong, kan? Untuk menghindarinya, kamu harus mencari tahu perusahaan investasi sebelum bertransaksi.

Status Perusahaan

Cari tahu status perusahaan, apakah mereka telah terdaftar di OJK atau belum. Hal ini sangat penting.

OJK merupakan lembaga independen yang mempunyai fungsi, tugas, dan wewenang pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan. Fungsi OJK ialah menyelenggarakan sistem pengaturan dan pengawasan terintegrasi terhadap seluruh kegiatan sektor jasa keuangan. Jika sebuah perusahaan melenceng dari ketentuan, OJK tak segan untuk menetapkan sanksi bahkan mencabut izin usaha.

Karena menangani semua sektor jasa keuangan, pengawasan OJK akan secara ketat pada semua perusahaan investasi dan tentunya perusahaan lainnya. Baik perusahaan yang bergerak dalam pasar uang, saham, maupun reksa dana.

Instrumen Investasi

Apa instrumen investasi yang ditawarkan oleh perusahaan? Berapa return yang dijanjikan? Untuk memastikannya, kamu bisa membaca informasi investasi di laman Bursa Efek Indonesia dan media terpercaya. Jika praktik mereka mencurigakan, kamu bisa melaporkannya ke laman SWI OJK.

Menggali Informasi

Investasi bodong dijalankan oleh perusahaan bodong. Pada umumnya mereka akan pelit informasi perusahaan dan cara menyampaikan syarat serta ketentuan investasi pun tidak jelas atau tidak sesuai ketentuan pemerintah. Jika perlu, kamu bisa mencari tahu kepada orang terdekatmu yang menguasai ilmu investasi.

Jangan Takut Berinvestasi

Jangan sampai praktik investasi bodong menyurutkan langkahmu untuk berinvestasi. Cari tahu semua informasi investasi agar tidak tertipu.

Kamu bisa mulai berinvestasi pada instrumen yang sesuai profil risiko dan tujuanmu. Tujuan investasi tak hanya menggandakan uang saja. Tujuan lainnya adalah mewujudkan keuangan sehat di masa mendatang dan selalu merencanakan untuk setiap pengeluaran.

Jangan lupa untuk mencatat nomor telepon serta email pengaduan SWI OJK sebagai lembaga pengawasan keuangan. Segera laporkan jika kamu menemui perusahaan yang mencurigakan.

Bacaan menarik lainnya:

Jogiyanto. (2009). Teori Portofolio Dan Analisis Investasi. Yogyakarta : BPFE


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait