Investasi, Saham

Mengenal Pasar Modern dan Contoh Emiten Saham di BEI

Sumber: Pexels

Ajaib.co.id – Pasar merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi ekonomi. Produk yang dijual dan dibeli dapat berupa barang atau jasa, berbagai faktor produksi maupun sumber daya ekonomi. 

Nah seperti halnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, kita mungkin sering berkunjung ke pasar untuk membeli barang yang kita butuhkan. Pasar yang kita kunjungi, tempat kita melakukan transaksi ekonomi  mungkin saja di pasar tradisional maupun pasar modern. 

Pasar tradisional merupakan pasar yang kegiatan penjual dan pembeli dapat dilakukan secara langsung dalam waktu sementara maupun tetap dengan tingkat pelayanan yang cukup terbatas.

Hal ini berbeda dengan pasar modern yang merupakan kebalikan dari pasar tradisional, lho. Nah, dibawah ini kita akan membahas mengenai pasar modern. Yuk, simak pembahasannya berikut ini:

Mengenal Pasar Modern

Pasar modern atau yang juga dikenal sebagai pasar swalayan merupakan pasar yang produknya baik berupa barang dan jasa dijual dengan harga pas, sehingga dalam pasar ini tidak terjadi aktivitas tawar-menawar harga oleh penjual dan juga pembeli. 

Hal ini menjadi salah satu perbedaan mencolok antara pasar modern dengan pasar tradisional, lho. 

Pada pasar swalayan ini,  pembeli dapat melihat label harga yang telah tertera di dalam produk berupa barcode yang pelayanannya dilakukan secara mandiri maupun dilayani oleh pramuniaga. 

Nah untuk dapat dengan mudah mengenali jenis pasar modern, berikut ini beberapa ciri atau karakteristik dari pasar modern:

  • Produk yang dijual beraneka ragam dan umumnya dapat bertahan lama dengan kualitas yang baik.
  • Tidak terjadi aktivitas tawar-menawar harga barang oleh penjual dan pembeli.
  • Umumnya pasar ini berada di suatu bangunan dengan pelayanan yang dilakukan sendiri.
  • Harga barang telah tertera di produk dan diberi barcode.
  • Memiliki kondisi yang lebih bersih dan juga nyaman dan juga dilengkapi dengan fasilitas seperti air conditioner.
  • Tata ruang dan tempat yang terstruktur dan juga rapi untuk memudahkan konsumen dalam pencarian barang.
  • Pelayanan di pasar ini pada umumnya memuaskan konsumen dengan pelayanan yang lebih modern.
  • Dalam pembayaran produk yang akan dibeli dapat dilakukan melalui kasir yang disediakan oleh masing-masing toko.

Keunggulan dan Kelemahan Pasar Swalayan

Dengan pelayanan dan pengelolaan yang lebih maju, pasar swalayan pastinya memiliki keunggulan  dan juga kelemahan jika dibandingkan dengan pasar lainnya. 

Jika dilihat dari jenis produk yang diperjualbelikan di pasar swalayan, produk yang dijual sangat variatif dan luas baik yang berasal dari dalam negeri maupun produk impor.

Kualitas barang yang variatif juga sangat terjamin karena biasanya harus melalui proses quality control terlebih dahulu. Terdapat standar produk yang telah ditetapkan dan juga kuantitas produk yang terukur sesuai dengan permintaan pasar. 

Selain itu, keunggulan pasar ini terletak dalam pengelolaan yang dilakukan secara modern dengan profesional dan menerapkan strategi manajemen pemasaran yang baik yang dikelola oleh pihak profesional, lho.

Hal ini menjadi salah satu keunggulan yang tidak dapat kita temui di pasar tradisional, kan? Penerapan diskon, promo dan juga customer reward sering kita temui pada pasar ini, lho.

Produk dalam pasar swalayan tidak akan mudah rusak karena sistem dan manajemen persediaan dan pergudangan produk diatur dengan baik. Pasar ini juga menggunakan teknologi dalam membantu distribusi produk mereka.

Namun demikian, pasar swalayan juga memiliki kelemahan lho, seperti halnya untuk memasukkan produk pada pasar swalayan. Menjual produk di pasar swalayan tidak semudah melakukan penjualan di pasar tradisional. 

Terdapat berbagai persyaratan administratif yang harus dipenuhi oleh produsen seperti legalitas usaha, legalitas dari Badan Pengawas Obat dan Makanan, dan sertifikat halal untuk berbagai produk makanan dan minuman.

Selain itu, peralihan konsumen yang terjadi dari pasar tradisional ke pasar swalayan menyebabkan tingkat pendapatan pedagang di pasar tradisional semakin berkurang.

Seperti kita ketahui, sebagian besar dari pedagang di pasar tradisional merupakan golongan masyarakat menengah ke bawah, sedangkan pemilik pasar swalayan adalah golongan atas yang dapat menyebabkan kesenjangan ekonomi semakin besar.

Dan juga potensi penanaman modal asing pada pasar swalayan cukup besar. Investasi pihak asing dalam jangka waktu yang panjang dapat mengurangi devisa negara karena kegiatan impor yang semakin besar. 

Contoh Emiten Saham Pasar Modern di Bursa Efek Indonesia

Nah untuk lebih memahami pasar modern, berikut ini adalah beberapa contoh emiten saham pasar modern yang terdaftar di BEI, yakni:

Emiten dengan kode saham LPPF ini merupakan department store modern pertama di Indonesia yang menyediakan pilihan fashion. 

Hingga saat ini, LPPF mengoperasikan 153 gerai lho, dan tersebar di 76 kota di seluruh Indonesia dan juga telah mengembangkan bisnis secara online. 

MPPA merupakan salah satu contoh pasar modern dengan bidang sektor utama perdagangan barang konsumen primer. Perusahaan ini dimiliki oleh Lippo Group. Toko mereka telah tersebar di 72 kota di Indonesia seperti, Hypermart, Foodmart Fresh, Primo Supermarket, dan lainnya.

AMRT atau Alfamart adalah contoh pasar swalayan selanjutnya.  Pastinya kamu tidak asing lagi kan, dengan perusahaan ini? Gerai minimarket ini pastinya dapat kita temui dimana saja. AMRT dengan model bisnis Alfamart yang menjual berbagai kebutuhan sehari-hari dengan konsep community store. 

Ramayana Lestari Sentosa department store yang merupakan perusahaan perdagangan umum. RALS menjual berbagai barang seperti tas, sepatu, pakaian dan juga kebutuhan sehari-hari. RALS mengoperasikan toko salah satu dengan nama Ramayana.

Demikian pembahasan mengenai pasar modern dan juga beberapa contoh emiten yang listing di Bursa Efek Indonesia. Konsep pasar modern berfokus pada kebutuhan dan keinginan pelanggan dan bertujuan untuk memenuhi kepuasan pelanggan. Pasar modern juga berorientasi pada pelanggan sesuai dengan konsep pemasaran baru dan mengacu pada konsep yang lebih luas.

Nah, apakah kamu tertarik untuk berinvestasi pada emiten saham pasar modern ini? Sekarang kamu dapat dengan mudah memulai investasi, lho. 

Ajaib merupakan aplikasi investasi yang mudah dan aman untuk penggunanya berinvestasi. Yuk, download Ajaib di smartphone kamu dan mulai berinvestasi!

Sumber: Profil Perusahaan Tercatat, MPPA Investor Relations: Store Location, Perbedaan Pasar Konvensional dan Modern, Pasar Modern, dan General Trade Vs Modern Trade : Pasarkan Produk Dengan Efektif, dengan perubahan seperlunya.

Artikel Terkait