Bisnis & Kerja Sampingan

Pengertian dan Manfaat Manajemen Pemasaran Bagi Bisnis

manajemen pemasaran

Ajaib.co.id – Tidak bisa dipungkiri, manajemen pemasaran adalah salah satu hal penting di dalam dunia bisnis. Mengapa demikian? Untuk menjawabnya, yuk simak ulasan berikut ini.

Kaum milenial yang tertarik dengan bisnis dan investasi seperti kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan kata pemasaran. Pemasaran merupakan salah satu proses paling penting dalam bisnis. Tanpanya, bisnis tidak akan bisa bertahan tapa hal ini.

Karena itu, dibutuhkan manajemen pemasaran supaya pemasaran yang dilakukan bisa berjalan efektif. Bagaimana cara terbaik untuk melakukan pemasaran?

Sebelum mengetahui cara terbaik untuk melakukan pemasaran, kamu harus memahami terlebih dahulu pengertian dari manajemen pemasaran. Menurut ahli pemasaran Philip Kotler, manajemen pemasaran adalah sebuah analisis perencanaan, implementasi, dan pengendalian sebuah tahapan yang dirancang untuk menghasilkan produk yang diinginkan pasar untuk mencapai tujuan bisnis.

Konsep ini sangat bergantung kepada perancangan yang dilakukan bisnis tersebut termasuk target kebutuhan pasar, penentuan harga, komunikasi, dan distribusi yang efektif sehingga pasar bisa terinformasikan dengan baik.

Menurut Philip Kotler, ada lima aspek penting dalam hal ini, antara lain:

  • Mengatur fungsi pemasaran
  • Mengatur tujuan dan sasaran pemasaran
  • Menerapkan rencana pemasaran ke dalam proses kegiatan perusahaan
  • Mengontrol program pemasaran
  • Mengembangkan rencana pemasaran

Singkatnya, manajemen pemasaran mencakup seluruh proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, koordinasi, dan mengendalikan kegiatan pemasaran.

Tanpa adanya manajemen atas kegiatan ini, pemasaran tidak akan berjalan efektif dan aliran barang atau jasa yang diproduksi bisa tidak sampai ke tangan konsumen dengan baik.

Bisa disimpulkan bahwa manajemen pemasaran termasuk ke dalam proses kreatif untuk dapat berkomunikasi dengan konsumen sehingga bisa menghasilkan laba yang membantu bisnis untuk mencapai tujuannya.

Seperti yang telah disebutkan, manajemen pemasaran harus memiliki rancangan atas pelaksanaan dan koordinasi atau kontrol dalam kaitannya dengan fungsi pemasaran.

Hal ini termasuk dalam riset pemasaran, perencanaan dan pengembangan produk, penetapan harga, penjualan, cara berkomunikasi atau membuat iklan, dan distribusi untuk memuaskan konsumen. Tujuan dari adanya hal ini antara lain:

1. Meningkatkan Kepuasan Pelanggan

Dalam bisnis, pelanggan atau konsumen adalah raja. Keinginan dan kebutuhannya adalah kiblat bagi para bisnis. Hal ini juga bisa memotivasi para pebisnis untuk dapat berinovasi dalam mengembangkan produknya.

Manajemen pemasaran membantu bisnis untuk mengetahui bagaimana permintaan konsumen di pasar sebelum menawarkan produknya. Pemasaran berorientasi pada konsumen, karenanya proses pemasaran dimulai dan diakhiri dengan konsumen.

2. Meningkatkan Keuntungan

Pemasaran adalah proses dari sebuah bisnis yang bertujuan untuk menghasilkan pendapatan. Tanpa adanya pemasaran, bisnis tidak akan bisa beroperasi.

Maka itu, manajemen pemasaran yang baik dapat meningkatkan keuntungan yang diperoleh sebagai keberhasilan atas penjualan produk yang memuaskan. Keuntungan ini akan diputar kembali untuk kegiatan perusahaan lainnya, termasuk pertumbuhan dan diversifikasi perusahaan.

3. Menciptakan Permintaan di Pasar

Menciptakan permintaan di pasar merupakan tujuan pertama dari adanya manajemen pemasaran. Hal ini biasanya dilakukan dengan berbagai cara, termasuk membuat misi terencana untuk mengetahui selera dan preferensi konsumen di pasar terhadap barang atau jasa yang disediakan bisnis.

Hal ini dilakukan supaya pasar akan memberikan tanggapan yang baik ketika barang atau jasa tersebut masuk ke pasar.

4. Citra Produk yang Baik

Dengan adanya manajemen pemasaran yang baik, pelayanan dan kualitas barang atau jasa yang disediakan bisnis pun juga akan meningkat. Dengan ini, citra produk pun menjadi baik di masyarakat.

Bayangkan jika pemasaran dilakukan tanpa terencana, pelayanan dan kualitas produk pun bukan tidak mungkin menjadi buruk. Hal ini yang harus dihindari karena jika pasar telah melihat citra produk buruk, akan sulit bagi mereka untuk percaya lagi di kemudian hari.

5. Memenuhi Ekspetasi Konsumen

Konsumen yang telah mengenal barang atau jasa yang kamu tawarkan jauh lebih berharga daripada konsumen baru yang sama sekali belum mengenal produk kamu. Maka itu, kamu harus melayani konsumen dengan sebaik mungkin. Kepuasan konsumen menjadi nomor satu yang perlu kamu penuhi.

Bisnis sebaiknya selalu mengembangkan dan mendistribusikan produk serta layanan yang memenuhi ekspektasi pasar. Dengan dipenuhinya ekspektasi tersebut, konsumen akan mendapatkan kepuasan. Mereka bisa melakukan pembelian ulang dan mengajak orang-orang di sekitarnya untuk bisa ikut membeli produk tersebut.

Sebaliknya, jika ekspektasi mereka tidak terpenuhi, konsumen cenderung malas untuk melakukan pembelian ulang dan bahkan bisa mengajak orang lain untuk tidak membeli barang dan jasa yang kamu tawarkan.

6. Menciptakan Konsumen Baru

Konsumen adalah dasar dari sebuah bisnis. Menciptakan konsumen baru berarti mengeksplorasi dan mengidentifikasi kebutuhan konsumen secara lebih teliti lagi. Di sini akan lahir sebuah inovasi oleh bisnis demi bisa mendapatkan perhatian konsumen baru.

Inovasi ini juga berguna untuk perkembangan bisnis. Tanpa adanya inovasi, perusahaan atau organisasi hanya berjalan di satu tempat saja dan tidak terlalu banyak memiliki perkembangan.

Setelah berhasil memenuhi ekspektasi konsumen, ini saatnya untuk akuisisi konsumen baru. Dengan kepercayaan diri bahwa konsumen lama telah terlayani dengan puas, kamu bisa melebarkan sayap dan meraih konsumen baru. Manajemen pemasaran yang baik akan menghendaki hal ini karena persiapannya yang sudah matang.

Sebaliknya, tanpa manajemen pemasaran, konsumen baru pun tidak dapat terakuisisi secara maksimal, bahkan bisa saja gagal. Dalam artian, bisnis tidak melakukan persiapan manajemen pemasaran secara maksimal.

Apakah kamu kini semakin memahami manfaat dari manajemen pemasaran? Dapat kita simpulkan bahwa manajemen pemasaran memegang peranan penting dalam sebuah bisnis.

Tanpanya, bisnis tersebut tidak dapat berjalan dengan efektif. Temukan sendiri cara terbaikmu untuk melakukan manajemen pemasaran agar berguna untuk bisnismu. Selamat mencoba! 

Artikel Terkait