Pengen Nabung Saham? Ini Cara Membuka Rekening Saham!

membuka rekening saham
membuka rekening saham

Sebelum membuka rekening saham, ada beberapa syarat yang harus kamu siapkan. Untuk mengetahuinya, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini ya.

Dari banyaknya pilihan instrumen investasi, saham menjadi salah satu bentuk investasi yang paling diminati oleh masyarakat terutama investor.

Hal tersebut dikarenakan saham memiliki return yang besar dalam jangka waktu pendek. Namun, ada beberapa poin penting yang harus diketahui oleh investor pemula jika ingin memulai investasi saham.

Sebelum kamu berinvestasi dan membeli saham, kamu harus membuka rekening sahamterlebih dahulu. Masih sedikit orang yang memahami soal menabung saham, karena beranggapan bahwa hanya pengusaha sukses saja yang bisa melakukan hal tersebut.

Saat ini, sudah banyak kemudahan yang diberikan oleh perusahaan sekuritas bagi masyarakat yang ingin berinvestasi saham.

Bagi kamu yang ingin berinvestasi atau menabung saham, berikut ini adalah penjelasan mengenai cara membuka rekening saham:

Persyaratan Membuka Rekening Saham

Persyaratan untuk membuka rekening sahamterbilang cukup mudah. Sebelum membuka rekening saham, ada beberapa syarat yang harus kamu siapkan, yaitu:

  • KTP/KITAS/Paspor. Untuk WNI, harus menyiapkan KTP dan tidak bisa digantikan dengan SIM atau paspor. Sementara untuk WNA, harus menyiapkan KITAS/Paspor.
  • NPWP. Jika kamu belum memilikinya, maka kamu bisa meminta surat kepada perusahaan sekuritas tempatmu mendaftarkan rekening untuk membuat pernyataan tidak memiliki NPWP. Kemudian, ditandatangani di atas materai.
  • Cover Buku Tabungan. Dengan adanya cover buku tabungan, pihak sekuritas bisa memeriksa rekening bank nasabah dengan mudah. Jika nasabah ingin menarik uangnya dari rekening saham, maka rekening tersebut akan menjadi bank penampungan setiap kali melakukan penarikan uang.
  • Nomor Identitas KSEI. Persyaratan ini berlaku jika kamu sebelumnya sudah memiliki rekening saham dan ingin membuka rekening yang kedua.
  • Fotokopi KTP dan NPWP Suami beserta KK. Dokumen ini biasanya diperlukan jika pekerjaanmu adalah seorang ibu rumah tangga.
  • Materai Rp6.000. Materai yang dibutuhkan untuk membuka rekening saham adalah 2-8 lembar tergantung kebutuhan.

Setelah itu, kamu bisa menentukan mana perusahaan sekuritas yang akan dipilih. Jika kamu masih bingung, bisa membaca artikel mengenai perusahaan sekuritas terbaik di Indonesia.

Cara Membuka Rekening Saham

Setelah kamu mengetahui persyaratan di atas, berikut ini adalah cara membuka rekening saham yang harus kamu ketahui:

Bertemu dengan Broker

Setelah menentukan broker dan berniat membuka rekening sahamsecara online, maka kamu bisa mengunduh formulir yang disediakan oleh perusahaan sekuritas melalui laman resminya. Kemudian, kamu tinggal mengisi dan mengirimnya kembali.

Jika kamu memiliki kenalan broker, bisa membuat janji untuk membuka rekening saham.

Mengisi Formulir

Setelah bertemu dengan broker, kamu harus mengisi formulir pembukaan rekening saham dan rekening dana investor. Pengisian formulir tersebut hampir sama dengan saat kamu membuka rekening tabungan di bank.

Memilih Rekening Dana Investor (RDI)

Formulir untuk membuka rekening saham umumnya terbagi menjadi dua bagian, yaitu pembukaan rekening saham dan pembukaan rekening dana investor.

Berikut ini adalah penjelasannya:

Pembukaan rekening saham

Formulir ini digunakan untuk membuka rekening di perusahaan sekuritas, lalu juga untuk data yang dilampirkan pada Kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI.

Pembukaan Rekening Dana Investor

Formulir rekening dari rekeningmu yang ditempatkan di bank. Lalu, terpisah dari rekening perusahaan efek. Manfaat RDI adalah supaya kamu memiliki rekening bank sendiri untuk seluruh transaksi saham. RDI juga bertujuan untuk menyimpan data nasabah yang tidak dibelikan saham.

Peraturan tentang pemisahan rekening tersebut pun belum lama diterapkan oleh Pemerintah. Hal itu dikarenakan sebelumnya setiap dana yang disetor dalam rekening saham akan disimpan di rekening sekuritas. Sehingga, dana yang kamu miliki akan tergabung dengan dana dari investor lain.

Tujuan dari pemisahan rekening ini adalah untuk keamanan pihak investor. Kamu bisa memilih bank untuk menampung danamu. Sebaiknya, kamu memilih RDI dari bank yang sama dengan rekening pribadi. Hal itu dilakukan agar kamu dapat menghemat biaya administrasi lainnya.

Tunggu Pembukaan Rekening Selesai

Selanjutnya, kamu hanya tinggal menunggu pembukaan rekening hingga selesai. Lamanya waktu pembukaan rekening tergantung dari RDI yang kamu pilih. Umumnya, pembukaan rekening memakan waktu hingga seminggu.

Setelah pembukaan rekening selesai, kamu akan dikonfirmasi dengan nomor RDI yang dibuka.

Menyetorkan Deposit Awal

Rata-rata perusahaan sekuritas menargetkan deposit awal sebesar Rp5.000.000 hingga Rp10.000.000. Beberapa perusahaan sekuritas asing pun menargetkan setoran minimal Rp50.000.000. Lalu, ada juga yang mengizinkan setoran minimal sebesar Rp250.000 atau Rp100.000.

Setelah RDI millikmu jadi, kamu bisa menyetorkan jumlah modal yang diinginkan untuk diinvestasikan dalam saham. Dengan menyetorkan deposit awal, kamu juga dapat mengaktifkan rekening yang dibuka.

Kamu bisa menyetorkan deposit secara tunai atau transfer dari rekening pribadi ke RDI. Setelah itu, kamu hanya tinggal menunggu dikirimkan ID, password, dan PIN untuk login ke akun saham online milikmu. Kamu juga akan mendapatkan kartu akses KSEI.

Mengunduh Aplikasi Trading

Setelah kamu menerima ID, password, dan PIN, maka sudah bisa berinvestasi saham. Kamu bisa mengunduh aplikasi trading yang disediakan oleh broker setelah mendapatkan ID, password, dan PIN.

Aplikasi trading tersebut bisa diunduh dari laman resmi broker atau meminta langsung pada broker kamu.

Setelah kamu membuka rekening saham dan menyetorkan modal, berarti sudah bisa melakukan transaksi saham. Kamu hanya perlu memilih dan membeli saham.

Sebelum membeli saham, jangan lupa memilih saham yang akan dibeli secara cermat dan sesuai dengan kebutuhan.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara membuka rekening sahambagi kamu yang ingin berinvestasi atau menabung saham. Dengan membuka rekening saham, tentunya kamu dapat bertransaksi saham secara mudah dan praktis.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait