Investasi

Kartu AKSes KSEI: Solusi Investor Memonitor Aset Sahamnya

kartu akses ksei

Ajaib.co.id – Dengan Punya Kartu AKSes KSEI setiap investor bisa leluasa memonitor dan mengelola portofolio investasi sahamnya dari akun-akun yang terdaftar di berbagai perusahaan sekuritas berbeda. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini.

Jika kamu benar-benar semangat menggeluti investasi saham dengan cara mengamati langsung, menganalisa, dan mengkalkulasi keuntungan dan risiko sendiri, kamu pasti juga suka memilih-milih dan mendaftarkan akun di beberapa perusahaan sekuritas yang potensial.

Pada tahap yang sudah se-advance itu, pasti kinerjamu sebagai investor sudah sangat simultan. Maka, demi bisa berpacu dengan waktu dan tak kehilangann momen kesempatan transaksi yang menguntungkan, kamu perlu punya kartu AKSes KSEI, 1 gerbang akses leluasa ke semua data investasi sahammu.

Kartu AKSes KSEI adalah e-KTPnya Investor Saham

Para investor saham baru umumnya senang punya kartu AKSes KSEI (singkatan dari: Acuan Kepemilikan Sekuritas Kustodian dari Kustodian Sentral Efek Indonesia), karena membuat mereka ngerasa lebih advance dalam dunia investasi! Kartu ini didapat ketika pertama kali sekali menjadi investor saham dan registrasi akun di Perusahaan Sekuritas (broker), dikirimkan ke alamat investor disertai detail akun. Selain sebagai kartu indentitas sang investor, kartu ini juga berfungsi mencek portofolio saham miliknya.

Jika sudah punya kartu ini, berarti kamu masuk dalam 1 juta orang yang berinvestasi di pasar modal Indonesia. Masyarakat awam mungkin menganggap kartu ini hanya milik kalangan investor tajir, padahal, saat ini siapapun bisa langsung registrasi jadi investor saham hanya bermodalkan Rp100.000, dan langsung punya kartu AKSes KSEI! Masa sih?

Masing-masing sekuritas memiliki ketentuan standar modal awal minimal berbeda, yang wajib dideposit ketika membuka akun. Saat ini beberapa sekuritas menetapkan besaran minimal dana awal hanya Rp100.000. See, semua kalangan masyarakat bisa jadi investor saham lho!

Selain itu, jumlah minimal pembelian saham dari suatu emiten (perusahaan penerbit saham) adalah 1 lot (= 100 lembar). Lalu, harga saham termurah yang diperdagangkan di BEI hanya Rp 50,- per lembar. Artinya, cukup dengan Rp5000, tiap investor sudah bisa mulai membeli saham dan berinvestasi.

Kartu AKSes KSEI merupakan identitas sekaligus akses tunggal bagi tiap investor, jadi ketika buka akun Efek lagi di perusahaan sekuritas lain, tidak perlu membuat kartu lagi. Awalnya kartu ini perlu diaktivasi dulu, dan cara mendapatkan kode aktivasinya dapat dilihat pada amplop yang berisi secret code. Persis seperti aktivasi PIN baru ATM.

Siapakah KSEI?

KSEI merupakan singkatan dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia, yaitu perusahaan yang memberikan layanan jasa penyimpanan dan penyelesaian transaksi Efek (saham & obligasi), meliputi: penyimpanan Efek secara digital, eksekusi transaksi dan administrasi Rekening Efek, distribusi hasil Corporate Action, dan layanan terkait lainnya.

Mengenal Faisilitas AKSes KSEI lebih lanjut

AKSes KSEI adalah sarana akses informasi melalui jaringan internet yang diperuntukkan bagi investor, guna memonitor posisi dan mutasi Efek miliknya, yang tersimpan pada Sub Rekening Efek di KSEI. Masing-masing investor berhak memperoleh akses atas fasilitas ini melalui Pemegang Rekening KSEI (yaitu perusahaan sekuritas), dimana ia terdaftar sebagai nasabah pemilik akun Efeknya. Perusahaan sekuritas sebagai pemegang pekening KSEI, maupun investor, tidak dikenakan biaya apapun oleh KSEI, dan penjelasan lebih lengkapnya ada di http://www.ksei.co.id.

Manfaat Lengkap Punya Kartu AKSes KSEI bagi Investor

  • Kartu ini meleluasakan investor mengakses data kepemilikan Efek, serta mutasinya, dalam Sub Rekening Efek yang disimpan di sistem KSEI (C-BEST) hingga 30 hari terakhir, secara langsung (real time)!
  • Kartu ini memberikan kemudahan bagi investor untuk melakukan konsolidasi laporan portofolio lain miliknya, yang tersebar di beberapa Perusahaan Sekuritas atau Bank Kustodian.
  • Kartu ini menumbuhkan kepercayaan dan rasa aman bagi investor untuk berinvestasi di pasar modal.
  • Kartu ini memberikan manfaat tambahan berupa akses luas ke informasi transparan pasar modal Indonesia, yang dibutuhkan investor.

Manfaat Fasilitas AKSes KSEI bagi Pemegang Rekening (Perusahaan Sekuritas)

  • Menyediakan informasi yang valid dan dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi investor.
  • Menjadi sarana media komunikasi bagi penyampaian dan penyajian informasi, berupa inquiry atau report bagi nasabahnya, dengan data real time yang akurat.
  • Meminimalisasi ongkos komunikasi, cetak dan pengiriman laporan.
  • Menyediakan ruang bagi pengembangan lebih lanjut prasarana Pemegang Rekening (perusahaan sekuritas), demi meningkatkan kualitas komunikasi dengan nasabahnya.

Syarat Untuk Punya Kartu AKSes KSEI

Syaratnya: investor telah memiliki Sub Rekening Efek di KSEI. Setelah itu, investor berhak meminta akses Fasilitas AKSes KSEI, dan sesuai surat Bapepam-LK No.: S-4882/BL/2009 tanggal 8 Juni 2009, Perusahaan Sekuritas atau Bank Kustodian berkewajiban melaksanakan permintaan tersebut.

KSEI Tidak Cetak Kartu AKSes KSEI Lagi?

Sejak tanggal 20 Mei 2019, KSEI tidak lagi mencetak kartu AKSes KSEI secara fisik. Lho, trus gimana dong? Tak sedikit investor baru yang curhat tentang kartu AKSes yang tak kunjung tiba. Mungkin membludaknya jumlah investor baru telah membuat KSEI kesulitan mencetak semua kartu secara fisik.

Solusinya, KSEI meluncurkan fasilitas AKSes generasi terbaru, yang disebut: AKSes Next Generation (AKSes Next-G). Sebagai pengganti versi fisiknya, KSEI bekerjasama dengan Indopremier meluncurkan kartu AKSes KSEI dalam bentuk digital, yang dengan mudah dapat diakses di website AKSes Next Generation yang bertampilan dan berfitur lebih menarik, tanpa perlu menggunakan kartu fisik. Yang perlu digunakan investor hanyalah NIK, nomor handphone dan email aktif, seperti yang teregistrasi di Perusahaan Sekuritas.

Cara Awal Mengakses Fasilitas AKSes KSEI

  • Kunjungi http://akses.ksei.co.id 
  • Klik logo AKSes di sisi kiri atas atau tulisan Investor Area di sisi kanan atas website.
  • Klik ‘Create Your Own User ID for the First Login’ ketika pertama kali akses.
  • Masukkan data:
  1. Nomor Investor ID (halaman depan kartu).
  2. Check digits (halaman belakang kartu).
  3. Pin Code (di Pin Mailer).
  4. Klik ‘Next’.
  • Masukkan data:
  1. User ID (minimum 8 alphanumeric characters).
  2. Password (gunakan pin pad pada layar)
  3. Confirm Password.
  4. E-mail address
  5. Jawab 5 Secret Questions dengan benar.
  6. Klik ‘Next’.
  7. Baca dan klik ‘I agree with the term and conditions’.
  8. Klik ‘Submit’.

Berkat modifikasi ini, data akses gampang diingat, registrasi kilat, NIK manjamin validitas, email address jadi User ID, Password lebih aman karena dibuat sendiri. Tapi, sayangnya nggak bisa berasa keren lagi, karena nggak ada kartu keren di dompet!

No worries kan, kamu tetap bisa seru-seru-an menjadi investor saham milenial yang brilian. Asal, jangan lupa minimalkan risikonya dengan investasi keren lain, seperti reksa dana di Ajaib. Yakni, APERD berintegritas yang memberikan fleksibilitas dengan minimum investasi cuma Rp10.000, aplikasi mudah, menu pilihan paket investasi variatif, dan menyandang status kelulusan dari program pembinaan inkubator startup terkemuka Y Combinator di Silicon Valley, serta pengawasan penuh Otoritas Jasa Keuangan. Ajaib tetap jadi pilihan keren untuk kalangan milenial!

Bacaan menarik lainnya:

Fuady, Munir. (2001). Pasar Modal Modern (Tinjauan Hukum). Bandung : Citra Aditya Bhakti


 Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang

Artikel Terkait