Harga Saham ARTI Masih Tidur Panjang

harga-saham-arti
harga saham arti

Harga saham ARTI (PT Ratu Prabu Energi) seperti masih tertidur panjang di tengah melonjaknya harga minyak mentah dunia. Harga saham ARTI tidak bergerak di level Rp50 per lembarnya.

Dengan harga itu, saham Pt Ratu Prabu Energi Tbk (ARTI) memiliki kapitalisasi pasar sebesar Rp392 miliar. Ironisnya, harga saham ARTI tidak bergerak di angka Rp50 per lembar dalam setahun ini.

Mengacu pada Bursa Efek Indonesia, pada 17 September 2019, harga saham ARTI masih gocap. Nilai transaksinya pun sangat rendah, Rp765.000 dengan volume perdagangan sebesar 15.300 saham.

Dalam sepekan terakhir, tak ada pergerakan saham ini, begitu pun secara year to date atau tahun berjalan dan setahun terakhir. Kinerja keuangan perusahaan yang belum pulih ini membuat saham ARTI tak beranjak di level ini. Perusahaan juga baru merilis laporan keuangan Juni 2019 atau semester pertama di tahun 2019.

Perseroan ternyata masih mencetak rugi mencapai Rp8,275 miliar per Juni 2019, dibandingkan laba sebesar Rp2,554 miliar yang dicetakn per Juni 2018. Rugi ini terjadi di tengah beban umum dan administrasi yang naik sebesar 27,6 persen, dari Rp27,82 miliar menjadi Rp35,50 miliar per Juni 2019.

Mengacu laporan keuangan per Juni 2019, pendapatan ARTI juga merosot 34,56 persen, dari Rp166,47 miliar per Juni 2018 menjadi Rp108,93 miliar. Adapun beban usaha perseroan naik 27,6 persen menjadi Rp35,50 miliar, seiring dengan kenaikan beban umum dan administrasi.

Ratu Prabu Energi berdiri pada 31 Maret 1993 dengan nama PT Arona Binasejati dan bisnis awalnya bergerak dalam bidang industri manufaktur wooden furniture, yaitu industri perabot dan kelengkapan rumah tangga yang terbuat dari kayu, bambu dan rotan. Fokus awalnya menitikberatkan pada produksi furnitur outdoor dengan tujuan pasar Belanda dan Kanada. Namun kini Ratu Prabu fokus di bisnis jasa pertambangan minyak dan gas lewat anak usaha PT Lekom Maras.

Data Refinitiv mencatat, pada perdagangan Selasa pagi tadi, harga minyak jenis Brent masih naik tipis 0,1 persen di level 68,17 dolar Amerika Serikat/barel, sementara minyak jenis light sweet turun 0,2 persen di level 61,98 dolar Amerika Serikat/saham. Kenaikan harga minyak sejak 16 September 2019, seiring dengan terjadinya serangan di fasilitas minyak milik raksasa minyak Arab Saudi, Saudi Aramco.

Strategi Membangkitkan Harga Saham Arti

Untuk membangkitkan saham bereka di Bursa Efek Indonesia, PT Ratu Prabu Energi Tbk ingin memperkuat pekerjaan jasa minyak dan gas (migas) di luar negeri. Perusahaan itu mengincar Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand. Ratu Prabu sudah mengirim satu rig untuk pekerjaan di Malaysia. Dalam pelaksanaannya, mereka bekerjasama dengan perusahaan migas setempat, yakni Petronas, untuk jangka waktu enam bulan.

Sejauh ini, Ratu Prabu memiliki empat rig. Tiga rig di antaranya sudah terpakai. Namun dari tiga rig tersebut, satu rig akan menganggur karena kontrak kerjasama dengan mitra bisnis pengguna segera berakhir.

Sejalan dengan rencana perluasan pekerjaan jasa migas ke luar negeri, Ratu Prabu berniat menambah dua rig dengan kekuatan sekitar 340 horse power (hp). Perusahaan berkode saham ARTI di Bursa Efek Indonesia (BEI) itu menargetkan, rig baru bisa terpakai untuk menangani pekerjaan migas di Brunei Darussalam mulai akhir 2019.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Ayo bergabung dengan Ajaib, investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Ikuti Kami
Artikel Populer
Artikel Terkait