Arti Ekspektasi yang Tidak Sesuai Kenyataan Sehari-hari

Arti Ekspektasi
Arti Ekspektasi

Setiap orang memiliki ekspektasi terhadap sesuatu apapun itu. Namun, arti ekspektasi sebenarnya apa sih? Ekspektasi itu sendiri adalah harapan atau keyakinan terhadap sesuatu yang diharapkan untuk jadi kenyataan di waktu yang akan datang. Tentu harapan itu harus disertai tindakan yang nyata.

Jadi arti ekspektasi itu keyakinan kuat untuk mengharapkan sesuatu terjadi seperti yang diinginkan. Akan tetapi tidak semua ekspektasi berujung pada kenyataannya. Seperti banyak orang bilang, bahwa ‘ekspektasi tidak sesuai realita’.

Ya, terkadang hidup memang kejam bagi seseorang, di mana apa yang diharapkan setelah berjuang keras untuk mendapatkannya ternyata tidak sesuai yang diinginkan. Meski begitu bukan berarti kamu langsung patah semangat. Terus berusaha sampai ekspektasi itu jadi kenyataan. Supaya lebih jelas simak beberapa contohnya berikut ini.

Ekspektasi Soal Gaji

Saat kamu melamar kerja atau mendapat panggilan wawancara, selalu ada pertanyaan, “berapa gaji yang Anda harapkan?” Ini juga sebagai bentuk ekspektasi kalau kamu menginginkan gaji yang sesuai untuk bisa bekerja perusahaan itu. Bagi para pencari kerja, terutama yang fresh graduate, pertanyaan tersebut seringkali menghantui. Hal ini yang pada akhirnya menjadikan kamu tidak yakin dengan jawabanmu.

Supaya tidak merugikan kamu dan meminimalisir untuk dieliminasi, ada tiga cara yang bisa kamu lakukan.

·        Tak Perlu Dijawab

Maksudnya bukan berarti kamu diam dan tak benar-benar menjawab ekspektasi tersebut. Jika kamu memang tidak ingin menyebutkan nominalnya, kamu bisa mengatakan untuk mempelajari lebih banyak soal pekerjaan itu terlebih dahulu. Namun, biasanya perusahaan yang ingin tahu berapa besaran gaji yang kamu harapkan. Bahkan, banyak aplikasi yang mengharuskan kamu mengisi nominal gaji saat akan melamar pekerjaan.

·        Beri Rentang

Kalau kamu masih bingung menjawabnya beri rentang gaji dari yang diharapkan. Kamu bisa meriset dahulu besaran gaji secara umum di posisi yang dilamar, kemudian sesuaikan dengan pengalaman, pendidikan, dan kemampuanmu. Jangan lupa sertakan juga tunjangan dalam perhitungan ekspektasi gaji kamu. Jika masih ragu, sebutkan angka minimalnya yang bikin kamu nyaman mengutarakannya.

·        Sebutkan Saja Angkanya

Jika memang harus, sebutkan saja angka yang konservatif dan siap-siap untuk bernegosiasi. Ambil saja bagian tengah dari rentang gaji yang diharapkan.

Ekspektasi dalam Bidang Ekonomi

Ekspektasi dalam ekonomi berarti mengharapkan atau memprediksi tentang kemajuan perekonomian di periode yang akan datang. Ekspektasi tersebut bisa bermacam-macam, seperti inflasi, neraca perdagangan, pertumbuhan ekspor, hingga jumlah pengangguran.

Misalnya pemerintah memiliki ekspektasi di tahun 2018 ekonomi Indonesia akan tumbuh sebesar 6%. Namun, realitanya ekspektasi tersebut meleset karena berbagai faktor. Ekspektasi akan pertumbuhan ekonomi memang tidak selalu sesuai harapan, bisa saja di bawah atau lebih dari yang diperkirakan.

Ekspektasi Hubungan Antar Manusia

Dalam hidup bermasyarakat, seringkali kita memiliki ekspektasi terhadap orang lain. Seseorang bisa saja membantu kita mewujudkan apa yang jadi keinginan, tapi seringkali tidak sesuai yang diharapkan.

Contohnya, temanmu pria sedang berusaha mendekati wanita impiannya dengan menggunakan banyak cara. Menurut temanmu itu, ia sudah berusaha melakukan apapun namun tetap tidak membuat si wanita luluh dan malah terganggu. Kasus tersebut salah satu contoh bahwa ekspektasi tak selalu seindah kenyataannya.

Jadi, sudah tahu kan arti ekspektasi sebenarnya. Alangkah baiknya jangan terlalu berekspektasi karena kalau tidak sesuai yang ada malah kecewa berat.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait