Investasi, Saham

Ini Dia Panduan Untuk Memulai Investasi Saham

Ajaib.co.id – Jika kita bicara tentang investasi maka salah satu instrumen keuangan yang memberikan hasil terbaik adalah saham. Jika kamu memulai investasi dengan menanamkan Rp10.000.000 di sepuluh saham terbesar IHSG pada tahun 2001, maka akan bernilai Rp153.525.405 hari ini saat artikel ini dibuat.

Investasi saham, jika dilakukan dengan benar, bisa menjadi cara yang paling efektif untuk membangun kekayaan. Sayangnya tidak semua orang bisa memulainya dengan benar.

Tips Memulai Investasi

Investasi adalah sebuah kegiatan penanaman modal untuk menghasilkan lebih banyak dari modal yang ditanamkan. Modal adalah salah satu faktor utama dalam kegiatan ini. Namun ternyata tidak hanya itu.

Untuk menjadi investor yang baik kamu harus memiliki tiga hal yaitu Mental, Metode Investasi/Trading dan Manajemen Modal. Kurang satu saja dari ketiga hal tersebut maka investasimu tidak akan berhasil. Berikut cara-cara untuk memulai investasi saham.

Bereskan Masalah Keuanganmu

Sebelum kamu terlibat dalam segala jenis investasi apa pun, kamu harus pastikan terlebih dahulu bahwa situasi keuangan kamu ada pada posisi yang bisa mengakomodasi kamu melakukan kegiatan baru.

  • Pekerjaan – Kamu harus pastikan bahwa sumber pendapatan dan pekerjaanmu cukup aman untuk mendukungmu memulai investasi.
  • Utang – Selama kamu punya utang dengan nilai yang mencekik nampaknya investasi bukan untukmu. Setidaknya hingga nilai utangmu turun ke rasio di bawah 30% dari total pendapatanmu sebaiknya jangan sentuh investasi. Ingatlah pepatah kuno namun efektif ini; never invest money you can’t afford to lose. Kamu tidak seharusnya menginvestasikan uang yang sedang sangat kamu butuhkan. Investasi saham mengandung risiko, ketika kamu sedang berupaya membayar utang kamu sebaiknya bereskan sebelum memulai investasi.
  • Situasi keluarga – Jika kamu baru saja memiliki momongan maka kemungkinan kamu akan membutuhkan tabunganmu untuk anggota keluargamu yang baru. Situasi keluarga diharapkan stabil sebelum kamu memulai investasi. Situasi keluarga yang tak terkendali dengan semua pengeluaran yang timbul bisa membuat mentalmu agak tertekan sehingga investasimu mungkin kacau.

Miliki Tabungan

Sebelum kamu mempertaruhkan uangmu, kamu harus terlebih dahulu menyisihkan uang yang tidak terpapar risiko apa pun. Kamu harus pastikan bahwa kamu punya cukup dana untuk menopang kehidupanmu sehari-harimu ketika pasar saham bergejolak.

Cadangan dana akan kamu perlukan untuk dua tujuan;

  1. Bertindak sebagai dana darurat. Dana darurat akan membantu kamu bertahan ketika ada hal yang mengganggu aliran pendapatanmu. Juga akan sangat banyak membantu ketika kamu membutuhkan dana cepat untuk kebutuhan darurat. Besar dana darurat adalah sebesar biaya hidupmu selama tiga bulan. Setidaknya kamu harus memilikinya dan bisa diambil kapan saja. Reksa dana pasar uang cocok untuk itu.
  2. Menghindarkanmu dari kepanikan jika nilai investasi sedang turun. Sehingga kamu tidak perlu menjual sahammu di masa-masa sulit.

Ketahui Tujuan Investasimu

Dengan mengetahui tujuan investasimu maka kamu akan mendapat gambaran tentang arah investasimu. Kamu bisa tanyakan kepada diri sendiri tentang motivasimu memulai investasi seperti misalnya; “Apakah investasiku ini untuk masa pensiunku kelak?” atau “Apakah aku akan memerlukan uang yang diinvestasikan dalam 5-6 tahun lagi?”

Belajar Investasi

Belajar investasi seringkali luput dalam daftar hal yang harus dilakukan sebelum memulai investasi. Padahal belajar investasi sama pentingnya dengan pengelolaan mental dan manajemen modal. Kamu minimal harus memahami satu metode analisis yang paling cocok buatmu.

Bahkan dalam analisis fundamental pun kamu harus mengatur berapa banyak saham growth dan value yang mau kamu koleksi. Jika kamu ingin mengelola portofoliomu sendiri maka belajar adalah cara yang wajib kamu tempuh.

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan untuk mengedukasi dirimu sendiri. Kamu bisa membaca buku-buku investasi, mendengarkan podcast, bergabung dengan komunitas saham, mengambil kursus singkat yang disediakan brokermu atau bahkan menghadiri seminar. Ada banyak sumber investasi di luar sana yang bisa kamu pelajari termasuk artikel yang disediakan Ajaib.

Untuk menjadi investor yang baik kamu perlu masuk ke lingkungan yang dipenuhi dengan para ahli dengan berbagai member yang aktif. Kamu bisa bergabung dengan komunitas investasi Ajaib yang memenuhi syarat grup yang baik.

Pilih Broker yang Tepat

Berikutnya adalah memilih broker. Broker atau sekuritas adalah perantara kamu dan bursa yang akan memfasilitasi kamu membeli saham perusahaan pilihanmu. Dalam memilih broker kamu harus pastikan bahwa platform broker pilihanmu tidak sulit untuk digunakan, mudah dioperasikan dan berbiaya rendah. Kamu bisa pilih Ajaib sekuritas sebagai mitra investasimu.

Ajaib sekuritas cocok untuk kamu para investor yang membutuhkan platform trading saham ramah pengguna. Manajemen Ajaib kaya dengan pengalaman dan dapat memfasilitasi investasi online dengan baik. Kelebihan Ajaib sekuritas adalah;

  • Daftar akun saham sepenuhnya online – Dengan pendaftaran 100% online kamu bisa daftar dari rumah sambil rebahan dan tidak membutuhkan waktu lama. Seluruh pengurusan dokumen dilakukan melalui aplikasi Ajaib. Ikuti alur prosedur pendaftarannya, setelah semua tahapan selesai, kamu hanya perlu menunggu sekitar 24 jam untuk pembukaan rekening.
  • Tanpa Modal Minimum – Kamu sebagai calon investor bisa menyetorkan modal berapa pun sesuai dengan rencana investasimu. Inilah yang membuat Ajaib lebih banyak dipilih oleh mereka yang baru ingin berlatih investasi saham.
  • Biaya Transaksi Murah – Biaya transaksi saham di Ajaib berkisar antara 0,10%-0,08% tergantung volume perdagangan. Ajaib sesekali memberikan bonus berupa gratis biaya transaksi.
  • Berbasis Mobile – Transaksi dilakukan berbasis aplikasi seluler yang aman dan mudah digunakan, berisikan informasi yang lengkap. Hal ini memudahkan investor memantau portofolio di manapun dan kapanpun.
  • Materi Belajar dan Komunitas yang Dibina dengan Baik – Komunitas yang didirikan Ajaib akan membantu para member untuk berdiskusi seputar saham dan reksa dana. Materi belajar juga disediakan dan cukup informatif.
  • Informatif – Platform saham Ajaib sangat informatif. Setiap emiten saham sudah dilengkapi statistik fundamental yang dapat membantu kamu memilih saham seperti data EPS, PER, PBV, Dividend Yield, RoA, RoE, DER, NPM, dll beserta grafiknya. Jadwal aksi korporasi beserta berita terkini tersaji dalam satu klik. Bahkan Ajaib menyertakan link langsung ke laporan keuangan masing-masing emiten. Kamu juga bisa memperoleh data per sektor saham dan daftar populer seperti saham-saham Top Value, Top Gainer, Top Volume, dll. Pokoknya semua yang kamu butuhkan ada di sini.
  • Pengisian Saldo Buying Power yang InstanTop up saldo rekening dana saham (RDN) benar-benar mudah. Investor akan menerima nomor RDN bank Permata setelah pendaftaran akun saham disetujui pihak manajemen Ajaib. Untuk mulai bertransaksi saham investor cukup transfer dana yang besarnya ditentukan sendiri ke RDN Bank Permata dari bank mana saja (ATM, m-Banking, Internet Banking). Secara otomatis, mengikuti jam kerja bank, dana akan langsung masuk ke saldo Ajaib-mu dan kamu bisa segera langsung bertransaksi saham.
  • Tarik Dana Bebas Ribet – Penarikan dana sebelum jam 3 sore di hari kerja akan langsung diproses secara instan. Minimal penarikan hanya Rp10.000 saja dengan charge antar bank sebesar Rp2500. Gratis charge antar bank jika kamu menarik dana ke rekening Bank Permata.
  • Customer Service Online dan Gesit – Ada layanan Customer Service (CS) via email dan chat langsung melalui aplikasi. Kamu juga bisa tanya-tanya seputar saham di forum komunitas yang disediakan pihak Ajaib langsung di aplikasi Ajaib.

Tentukan Budget Investasi

Setelah memilih broker, berikutnya kamu bisa mulai tentukan anggaran investasi. Jumlah awal kamu memulai investasi tidaklah penting. Yang terpenting adalah kesiapan kamu dalam berinvestasi seiring waktu. Rata-rata trading saham, jika dilakukan dengan benar, menghasilkan keuntungan setidaknya 10% dalam setahun.

Jika kamu menyukai dividen/laba bersih yang dibagikan ke investor, maka kamu bisa pilih yang menghasilkan cukup besar. Beberapa saham memberikan dividen 10% atau lebih misalnya saja Waskita Beton Precast Tbk (WSBP).

Modal adalah salah satu hal utama yang diperlukan dalam investasi saham. Tentu sulit membayangkan menghasilkan Rp100 juta dari modal Rp10 juta saja. Untuk mengubah Rp10 juta jadi Rp100 juta maka kamu perlu berinvestasi di saham-saham yang punya potensi ten bagger/nilainya naik 10 kali lipat atau lebih. Itu cukup sulit terutama bagi mereka yang baru memulai investasi saham. Dengan modal Rp10 juta tentu akan lebih mudah mengejar keuntungan Rp1 juta per tahun.

Kamu bisa mulai tentukan sendiri berapa banyak yang mau kamu tanamkan, apakah mau dengan metode Dollar Cost Averaging/mencicil atau Lumpsum/sekaligus. Menentukan anggaran tentunya butuh pengetahuan dan itu bisa kamu peroleh dengan mengedukasi dirimu sendiri dengan bacaan bermutu seputar investasi.

Alternatif Investasi Saham

Ketika memutuskan berinvestasi saham kamu bisa tanyakan beberapa hal kepada dirimu sendiri:

  • Apakah saya cukup analitis, merasa tertantang dan menikmati melakukan riset saham dan mengolah angka-angka?
  • Apakah saya sebaliknya; membenci matematika dan tidak menyukai “pekerjaan rumah”?
  • Apakah saya rela menghabiskan waktu setiap minggunya mendedikasikan diri untuk belajar investasi saham?
  • Apakah saya senang membaca berita emiten-emiten investasi saya tapi tidak punya keinginan untuk menyelam lebih dalam mengolah semua data?

Untuk beberapa orang memilih saham bukan pekerjaan mudah. Dan akan menjadi sulit jika kamu tidak punya waktu dan tenaga untuk mengelola emosi dan melakukan analisis. Jika kamu merasa kerepotan dan tidak punya cukup waktu maka sebaiknya kamu tahu bahwa mengelola portofolio sendiri bukanlah satu-satunya cara dalam berinvestasi saham.  Kamu juga bisa melakukannya dengan cara membeli reksa dana saham atau ETF indeks saham.

Membeli reksa dana saham (RDS) atau ETF indeks saham adalah cara paling sederhana untuk berinvestasi saham bagi pemula. RDS dan ETF dikelola oleh manajer investasi yang sudah berlisensi, terpapar informasi yang tepat setiap harinya dan memang sudah menjadi tugasnya untuk mengelola portofolio.

Jadi dana yang terkumpul dari para investor reksa dana akan dikelola oleh fund manager dari perusahaan manajer investasi. Reksa dana bisa kamu beli di Ajaib, satu platform untuk transaksi saham dan reksa dana. Ada berbagai RDS yang bisa kamu pilih di Ajaib dengan informasi kinerja di dalamnya untuk membantu kamu menyeleksi yang terbaik untukmu.

Sedangkan ETF adalah reksa dana yang unitnya bisa dibeli layaknya saham biasa. ETF dan RDS cocok bagi investor yang baru mulai berinvestasi saham karena ada seorang profesional yang akan melakukan tugasnya menggantikanmu mengelola portofolio.

Sebagai informasi ada juga reksa dana yang fokusnya menduplikasi kinerja indeks IDX30 atau LQ45, namanya reksa dana indeks. Ada pepatah terkenal di dunia saham, yaitu “Jika portofolio saham kamu tidak mampu mengalahkan kinerja indeks, maka setidaknya harus setara dengan indeks”. Nah, reksa dana indeks (RDI) memang bertujuan untuk itu!

Sebagai informasi kinerja IDX30 dan LQ45 sangat mendekati IHSG. Ketiganya tumbuh rata-rata sebesar 10%-14% setiap tahunnya. Menanam modal pada sebuah RDI adalah salah satu cara termudah untuk berinvestasi saham dengan berpatokan kepada indeks.

Kamu bisa membeli RDS, RDI maupun ETF melalui aplikasi Ajaib dengan mudah. Yuk, daftar sekarang dan nikmati semua fasilitasnya!

Artikel Terkait