Analisis Saham

Bedah IPO Saham YOII, Perusahaan Asuransi Berbasis Teknologi Digital

Asuransi Digital Bersama (YOII)
Sumber Gambar: Kompas

Kamu pasti sering mendengar hingga mengenal Perusahaan Asuransi, atau bisa jadi sudah merasakan manfaat dan keunggulannya. Ya, semisal sedang mengalami musibah, kehilangan, sakit ataupun sebagai perlindungan diri atas ketidaknyamanan, produk-produk asuransi dapat memberikan ganti rugi atas kejadian tersebut. Nah, tahukah kamu salah satu Perusahaan Asuransi yang akan dibahas saat ini adalah PT Asuransi Digital Bersama Tbk, dengan kode IPO Saham YOII.

Profil Singkat Emiten

PT Asuransi Digital Bersama Tbk (YOII) merupakan Perusahaan Asuransi Umum yang awalnya bernama PT Sarana Lindung Upaya (SLU) yang didirikan sejak 1988 yang berkedudukan di Kota Semarang.

Sampai dengan saat ini emiten YOII telah memindahkan kantor pusatnya di Jakarta di 2022, dan sudah memiliki 4 kantor perwakilan di Surabaya, Bandung, Semarang, dan Pangandaran.

PT Asuransi Digital Bersama Tbk bertransformasi dari Perusahaan Asuransi Konvensional yang sudah beroperasi lebih dari 35 tahun di Indonesia dengan asuransi berbasis teknologi, lingkup usaha yang muncul seiring dengan perkembangan teknologi.

Emiten IPO saham YOII merupakan Perusahaan yang bergerak di bidang Asuransi Umum, mengedepankan konsultasi dan rekomendasi dalam pengelolaan risiko yang bersertifikat dari Asosiasi Ahli Manajemen Asuransi Indonesia (AAMAI), solusi atas pengaduan dan keluhan nasabah, dan juga melakukan proses pemetaan risiko melalui tim surveyor / risk engineer yang berpengalaman.

YOII menjalankan kegiatan usaha yang sesuai Anggaran Dasar terbaru, dengan tergabung ke dalam saham Sektor Financials dengan Subsektor General Insurance.

Dalam menjalankan kegiatan usahanya, dan untuk mencapai maksud dan tujuan, Perusahaan memiliki tim yang ahli dan berpengalaman untuk mengembangkan Produk dan Layanan agar dapat memberikan solusi dan kepuasan kepada pelanggan.

PT Asuransi Digital Bersama Tbk (YOII) juga terus melakukan inovasi untuk maju melalui pengembangan lini produk baru dan berpartner dengan mitra–mitra strategis untuk meningkatkan pangsa pasarnya.

Adapun susunan permodalan dan pemegang saham Perusahaan Emiten YOII pada saat Prospektus ini diterbitkan adalah Adi Wibowo Adisaputro (48,09%), Djajus Adisaputro (31,01%), Dapen BPD Jateng (10,43%), Dapen BPD DKI Jakarta (2,87%), Dapen Bank BJB (2,65%), Dapen Pegawai BPD Jatim (2,60%), Dwijawanti Widiatmadja (1,42%), Yayasan BPD Jateng (0,74%), dan PT BPD Jateng (0,19%).

Detail IPO Saham YOII

Saham YOII melakukan penawaran saham perdana melalui mekanisme e-IPO. Perusahaan menawarkan sebanyak-banyaknya 412.087.500 saham yang merupakan saham biasa atas nama yang merupakan saham baru dengan nominal Rp100 setiap saham atau 12,03% dari modal ditempatkan dan disetor penuh Perusahaan setelah IPO Saham kepada masyarakat dengan rentang harga saham YOII Rp100 – Rp110/saham.

IPO Saham YOII berpotensi meraup dana segar maksimal mencapai Rp45,32 miliar.

Struktur pemegang saham YOII setelah aksi IPO ialah, Adi Wibowo Adisaputro (42,30%), Djajus Adisaputro (27,28%), Dapen BPD Jateng (9,18%), Dapen BPD DKI Jakarta (2,53%), Dapen Bank BJB (2,33%), Dapen Pegawai BPD Jatim (2,29%), Dwijawanti Widiatmadja (1,25%), Yayasan BPD Jateng (0,66%), PT BPD Jateng (0,16%), dan Masyarakat (12,03%).

Penjamin pelaksana emisi efek saham IPO YOII adalah Reliance Sekuritas Indonesia. Penjamin Pelaksana Emisi Efek dan Penjamin Emisi Efek menjamin dengan kesanggupan penuh (Full Commitment) terhadap terhadap sisa saham yang ditawarkan yang tidak dipesan dalam Penawaran Umum Perdana Saham, yang juga tergabung ke dalam Saham Syariah.

Jadwal Penawaran IPO Saham YOII

Jadwal penawaran saham berdasarkan prospektus adalah sebagai berikut.

  • Penawaran Awal (Book Building Harga Saham YOII) : 10 – 18 Desember 2024
  • Tanggal Efektif : 20 Desember 2024
  • Masa Penawaran Umum : 24 – 30 Desember 2024
  • Tanggal Penjatahan Saham YOII : 30 Desember 2024
  • Tanggal Distribusi Saham : 2 Januari 2025
  • Tanggal Pencatatan di PT Bursa Efek Indonesia : 3 Januari 2025

Rencana Penggunaan Dana IPO Saham YOII

Seluruh dana yang diperoleh dari hasil IPO, Penawaran Umum Perdana Asuransi Digital Bersama setelah dikurangi biaya-biaya emisi akan digunakan seluruhnya untuk modal kerja dalam rangka memperkuat struktur permodalan dengan rincian sebagai berikut,

  1. Mencapai 80% akan dipergunakan untuk biaya marketing untuk mendukung strategi usaha, distribusi produk, dan Brand Awareness Perusahaan.
  2. Sebanyak-banyaknya 20% akan dipergunakan untuk pengembangan aplikasi yang mencakup Data Center, Web Hosting, dan System Security. Termasuk juga pengembangan Sumber Daya Manusia di mana di dalamnya terdapat biaya perekrutan karyawan baru untuk Information Technology, Teknis, dan Operasional.

Kondisi Keuangan PT Asuransi Digital Bersama Tbk

Prospektus saham IPO YOII mencerminkan dalam pencapaian 3 tahun kondisi keuangan plus di Semester I-2024 terbaru PT Asuransi Digital Bersama Tbk berhasil mencatatkan kinerja yang positif dan makin baik tiap periodenya, terutama secara Semesteran pada tanggal 30 Juni 2024 dengan raihan Pendapatan mencapai Rp142 miliar, melesat hingga 782% YoY dibandingkan dengan kinerja pada periode 30 Juni 2023 sebelumnya yang mencatatkan Pendapatan Rp16 miliar.

Alhasil pada Laba Sebelum Pajak YOII mencapai Rp13 miliar, mencatat kenaikan 3.550% YoY dibandingkan dengan kinerja pada periode yang sama tahun 2022 yang mencatatkan Laba Sebelum Pajak sejumlah Rp372 juta.

Peningkatan kinerja tersebut terutama didukung oleh inovasi produk asuransi digital yang dikembangkan oleh Perusahaan, sehingga meningkatkan penerimaan premi bruto pada tahun tersebut. Dengan minat masyarakat yang tinggi atas produk tersebut serta relevan dengan gaya hidup masyarakat saat ini.

Rasio Keuangan Emiten YOII

Berikut merupakan rangkuman rasio dan kondisi keuangan YOII selama bulan Desember 2021 sampai dengan Juni 2024.

Data di atas menunjukkan kondisi keuangan PT Asuransi Digital Bersama Tbk secara fundamental dalam performa cukup baik, dengan Rasio Profitabilitas mencatatkan pencapaian yang berfluktuatif namun masih dalam kondisi positif, tercermin dari emiten YOII yang berhasil mencatat perbaikan di Pendapatan Usaha mencapai 782% YoY di Juni 2024. Dan laba bersih mencapai 1.167% YoY.

Selanjutnya, pada Rasio Usaha terutama di Operating Profit Margin (OPM) mencapai 9,35%, menyusul pencapaian Net Profit Margin (NPM) hingga menyentuh 11,20%, serta rasio profitabilitas Return on Equity (ROE) 9,54%, dan juga Return on Assets 6,08%.

Pencapaian baik tersebut mencerminkan PT Asuransi Digital Bersama Tbk berhasil memaksimalkan permodalan ekuitas dan asset yang dimiliki dalam catatan terbaru untuk terus memperoleh pendapatan yang positif dari tahun ke tahun.

Bersamaan dengan Rasio Solvabilitas yang bersifat sehat, tercermin pada Debt to Asset Ratio (DAR) 0,56 x, dan juga Debt to Equity Ratio (DER) 1,27 x.

Merepresentasikan kondisi keuangan PT Asuransi Digital Bersama Tbk yang sehat untuk meningkatkan performa Perusahaan di masa depan.

Kebijakan Dividen Saham YOII

Prospektus saham IPO YOII menyebutkan pemegang saham yang tercatat dalam rekening efek berhak atas pembagian Dividen, untuk setiap tahunnya Perusahaan berencana membagikan Dividen dengan tetap memperhatikan saldo laba yang positif.

Pembagian Dividen YOII akan dilangsungkan dengan jumlah sebanyak–banyaknya 5% dari laba bersih tahun buku yang bersangkutan, dan seterusnya kepada seluruh pemegang saham yang akan diputuskan oleh para Pemegang Saham dalam RUPS yang diadakan setiap tahun.

Prospek Bisnis YOII Asuransi Digital Bersama

Proses pelayanan asuransi umum Perusahaan akan dikembangkan secara online melalui platform digital seperti situs web, aplikasi mobile, atau platform media sosial. Proses ini dilakukan agar pelanggan dapat mengakses informasi tentang produk asuransi, mengajukan klaim, dan berinteraksi dengan perusahaan asuransi secara elektronik dengan aplikasi atau integrasi platform yang dikembangkan oleh Perusahaan.

Dari proses yang telah dikembangkan, Perusahaan mengharapkan agar mengurangi kebutuhan akan dokumen fisik dan mempercepat proses yang sebelumnya mungkin memakan waktu. Pelanggan juga dapat mengajukan aplikasi asuransi dan klaim secara seamless karena informasi terkait penutupan asuransi sudah disampaikan secara digital dengan hanya mengunggah dokumen, jika diperlukan.

Produk asuransi Perusahaan juga akan disesuaikan dengan kebutuhan individu atau gaya hidup masyarakat yang sudah digital. Pelanggan dapat memilih cakupan asuransi yang mereka inginkan, memilih periode pertanggungan, dan menyesuaikan premi sesuai dengan kebutuhan dan anggaran mereka.

Proses pemasaran dan penjualan produk akan dilakukan juga secara online untuk menjangkau pelanggan atau mengembangkan konsep media offline to online agar semua data pelanggan dapat dikelola melalui sistem digital.

Perusahaan juga akan menggunakan teknologi seperti Artificial Intelligence/ AI, data analitik, dan pemrosesan bahasa alami untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan efisiensi operasional. Teknologi ini memungkinkan Perusahaan Asuransi untuk melakukan analisis risiko yang lebih baik, memproses data dengan cepat, dan memberikan rekomendasi yang relevan kepada pelanggan.

Perusahaan Asuransi digital mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan untuk mengidentifikasi tren, mengukur risiko, dan mengembangkan produk yang lebih baik. Data ini dapat mencakup informasi demografis, riwayat klaim, perilaku konsumen, dan sumber data lainnya. Analisis data yang canggih membantu Perusahaan Asuransi digital dalam membuat keputusan bisnis yang lebih baik dan meningkatkan pemahaman mereka tentang pelanggan.

Dengan proses di atas, Perusahaan akan terus meningkatkan pengalaman pelanggan dengan menyediakan layanan yang lebih responsif dan mudah diakses. Pelanggan dapat mengakses informasi polis, melacak klaim, dan berinteraksi dengan perusahaan asuransi kapan saja dan di mana saja melalui platform digital.

Perusahaan Asuransi juga dapat menyediakan dukungan pelanggan melalui obrolan langsung atau melalui layanan pelanggan online. Inovasi dalam teknologi dan digitalisasi terus membentuk industri asuransi, dan usaha asuransi digital terus berkembang untuk memberikan layanan yang lebih baik, lebih cepat, dan lebih efisien kepada pelanggan.

Kecenderungan Usaha

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan, ASEAN Insurance Surveillance Report 2022 menunjukkan tingkat penetrasi asuransi di Indonesia hanya mencapai 2,17% pada 2022, di mana angka ini jauh lebih rendah dibandingkan dengan negara lain di ASEAN.

Densitas asuransi di Indonesia juga masih rendah yakni, pada 2022 densitas asuransi berada pada level Rp1.923.380 Rupiah, berdasarkan target yang dirancang oleh OJK pada destination statement, pada tahun 2027 densitas asuransi diharapkan berada pada level Rp2.400.000 Rupiah. Oleh karena itu, diperlukan berbagai strategi pendalaman pasar untuk mencapai level tersebut.

Berdasarkan data ini artinya pasar Indonesia masih dapat memanfaatkan bonus demografi masyarakat untuk dapat meningkatkan Penetrasi dan Densitas Asuransi di masa mendatang. Industri asuransi secara umum sedang mengalami pertumbuhan.

Melalui kehadiran insurtech dengan menggunakan big data/machine learning diharapkan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan mempermudah dan mempercepat proses underwriting maupun claim hingga menawarkan produk yang lebih personal.

Bersamaan dengan itu, Perusahaan menetapkan dan menggencarkan Rencana Usaha Strategis (Strategic Business Plan) untuk tetap menjadi kompetitif dalam persaingan industri Asuransi di Indonesia, dengan langkah sebagai berikut.

  1. Transformasi Digital
    Emiten YOII memanfaatkan teknologi melakukan transformasi digital. Termasuk mengadopsi Data Analytics hingga Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence/AI), dan otomatisasi untuk meningkatkan proses underwriting, manajemen iklan, layanan pelanggan, dan efisiensi operasional secara keseluruhan.
  2. Meningkatkan Customer Experience
    Fokus memberikan Customer Experience yang luar biasa. Menyederhanakan proses underwriting, menawarkan produk dan layanan yang dapat dipersonalisasi, dan memanfaatkan digital untuk memungkinkan interaksi yang lancar.
  3. Mengembangkan Produk Dan Layanan Inovatif
    Mengikuti perubahan kebutuhan pelanggan, dan risiko baru dengan mengembangkan produk dan layanan asuransi yang inovatif. Membuka kesempatan untuk bermitra dan berkolaborasi dengan industri lain.
  4. Memperkuat Manajemen Risiko
  5. Meningkatkan Kolaborasi
    Berkolaborasi dengan perusahaan asuransi, penyedia teknologi, dan pemangku kepentingan terkait lainnya untuk meningkatkan sinergi dan mendorong inovasi.
  6. Memperkuat Keamanan Dan Privasi Data
  7. Berinvestasi Pada Sumber Daya Manusia

Prospek Asuransi Berbasis Teknologi

Kedepannya, asuransi berbasis teknologi akan bertumbuh pesat seiring dengan perkembangan teknologi di masa depan, di mana pertumbuhan tersebut akan menciptakan inovasi–inovasi pada produk perlindungan baru yang dapat ditawarkan kepada pelanggan. Seiring perkembangan teknologi, permintaan akan produk dan layanan asuransi yang ramah pengguna dan didukung oleh teknologi diharapkan akan juga meningkat.

Otomatisasi dan proses yang cepat dalam asuransi berbasis teknologi dapat menyederhanakan proses penilaian risiko, pengolahan klaim, dan layanan pelanggan, yang menghasilkan penghematan biaya bagi perusahaan asuransi. Efisiensi ini juga dapat berarti premi yang lebih rendah dan penyelesaian klaim yang lebih cepat bagi pemegang polis.

Saat ini PT Asuransi Digital Bersama Tbk sudah memulai tahapan digitalisasi untuk memasarkan produk–produknya karena YOII juga menyadari lambatnya pertumbuhan literasi dan densitas masyarakat dalam negeri disebabkan oleh rendahnya penggunaan dan kepercayaan masyarakat terhadap produk asuransi itu sendiri.

Dalam menjalankan usahanya PT Asuransi Digital Bersama Tbk memiliki beberapa produk yaitu,

  1. Asuransi Kecelakaan Diri
  2. Asuransi Kredit
  3. Asuransi Kendaraan Bermotor
  4. Asuransi Pengangkutan
  5. Asuransi Kebakaran
  6. Asuransi Uang dalam Penyimpanan
  7. Asuransi Uang dalam Pengiriman

Produk-produk yang ditawarkan PT Asuransi Digital Bersama Tbk pada peranti lunak berbasis teknologi tersebut, meliputi,

  1. Perlindungan Reschedule Maskapai
  2. Jaminan Bebas Reschedule

Kesimpulan IPO Saham YOII

Berdasarkan laporan prospektus IPO saham YOII, yang termasuk ke dalam saham Sektor Financials, kondisi keuangan PT Asuransi Digital Bersama Tbk mencerminkan kinerja yang cukup baik, sehat dan semakin baik dari tahun ke tahun.

Bisnis YOII juga memiliki keunggulan dalam keberlanjutan strategi ke depan, implementasi yang tepat dengan Rencana Usaha Strategis (Strategic Business Plan) dan berbagai keunggulannya.

Dengan prospek saham YOII dan kinerja bisnis secara keseluruhan PT Asuransi Digital Bersama Tbk, emiten dengan kode saham IPO YOII menarik untuk dimasukan ke dalam watchlist investasi saham teman-teman.

Disclaimer: Investasi saham mengandung risiko dan seluruhnya menjadi tanggung jawab pribadi. Ajaib Sekuritas membuat informasi di atas melalui riset internal perusahaan, tidak dipengaruhi pihak manapun, dan bukan merupakan rekomendasi, ajakan, usulan ataupun paksaan untuk melakukan transaksi jual/beli Efek. Harga saham berfluktuasi secara real-time. Harap berinvestasi sesuai keputusan pribadi.

Sumber:

  • e-IPO
  • Prospektus IPO
  • Website Perusahaan

Artikel Terkait