Ini Perbedaan Cincin Tunangan dan Cincin Kawin

Cincin Kawin

Momen pertunangan dan kawin atau nikah merupakan hal yang sakral. Biasanya ditandai dengan sepasang cincin tunangan atau cincin kawin. Namun, kamu harus tahu perbedaan cincin tunangan dan cincin kawin.

Cincin tunangan adalah tanda ikatan pria dan wanita yang telah menyatakan siap untuk ke jenjang yang lebih serius. Di pihak pria, pemberian cincin ini menjadi penanda dari seorang pria kepada keluarganya, bahwa ia telah siap secara finansial menikahi perempuan yang menjadi tunangannya.

Sementara dari pihak wanita, cincin tunangan ini menjadi simbol pengikat bahwa perempuan yang sudah menggunakannya sudah tidak lagi terbuka untuk pihak lain.

Sedangkan cincin kawin menjadi simbol ikatan pernikahan. Ini secara resmi menandakan kedua pihak telah sama-sama terikat dalam hubungan pernikahan. Cincin menikah biasanya merupakan komitmen pernikahan pasangan alias resmi dinyatakan sah secara hukum negara dan agama.

Yang menjadi pembeda utama antara cincin kawin dengan cincin tunangan adalah tidak adanya berlian berukuran besar yang diletakkan di tengah-tengah cincin. Bentuk berlian biasanya lebih kecil, tidak menonjol, dan hanya bersifat sebagai pemanis. 

Menurut tradisi Barat, cincin pertunangan dipakai pada jari manis tangan kiri. Sedangkan cincin kawin dipakai dipakai di jari manis tangan kanan.

Selain itu, kamu juga perlu ketahui aneka bahan yang digunakan dalam cincin kawin dan tunangan, sehingga kamu tahu kualitas dari cincin yang akan digunakan. Dalam memilih dan menentukan cincin yang akan kamu gunakan, kamu juga harus mendalami dan mengetahui terlebih dahulu bahan apa yang digunakan serta efek samping yang terjadi jika memakainnya.

Umumnya, cincin titanium merupakan unsur kimia yang dalam tabel periodik memiliki simbol T1 dengan nomer atom 22. Jenis titanium ini juga memiliki bahan kuat dan ringan, namun yang dijual dan digunakan di Indonesia sebagai cincin biasanya merupakan titanium aloy.

Namun untuk cincin kawin biasanya menggunakan emas. Emas yang sesuai standar internasional menggunakan emas 75 persen atau 18 karat. Cincin emas umumnya digunakan sebagai cincin kawin, karena nilai jualnya yang terus naik dan bagus sebagi investasi.

Harga Cincin Tunangan

Biasanya, generasi milenial menggunakan cincin tunangan yang terbuat dari emas sebagai bahannya, dan model yang digunakan hanyalah model cincin soliter yang memiliki satu mata dengan emas umumnya maksimal 3 gram.

Umumnya dana yang dihabiskan untuk membeli cincin tunangan sekitar Rp1 juta hingga Rp4 juta.

Harga Cincin Kawin

Untuk cincin kawin, nilai harga biasanya tergantung dari bahan yang digunakan. Jika berbahan perak biasanya menghabiskan biaya sekitar Rp700 ribu per pcs. Sedangkan untuk palladium dengan kadar 20 persen, umumnya dihargai Rp1,2 juta per cincin.

Untuk bahan emas per cincin umumnya membutuhkan 5 gram emas dan menghabiskan Rp3 juta hingga Rp5 juta, tergantung dari harga emas saat ini.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait