Ingin Membeli Emas? Cek Dulu Harga Emas 23 Karat Per Gramnya di sini!

Ingin Membeli Emas? Cek Dulu Harga Emas 23 Karat Per Gramnya di sini!

Emas selalu menjadi alat investasi terdepan yang menjadi pilihan masyarakat dari semua golongan. Di mana, investasi menggunakan emas sangat menjanjikan keuntungan dalam jangka panjang dibanding menabung di sebuah bank.

Berbicara soal emas, logam mulia yang satu ini memiliki banyak sekali jenis, mulai dari emas perhiasan, emas batangan, koin emas, hingga emas granule. Kadar emas juga banyak sekali, ada yang 24 karat hingga 9 karat.

Kali ini, redaksi Ajaib bakal membahas emas yang memiliki kadar 23 karat. Emas dengan kadar ini memiliki tingkat kemurniannya sebanyak 2/24 x 100 persen. Artinya, emas ini memliki sekitar 95,8% kandungan emas, sisanya biasanya adalah logam lain seperti perak.

Harga Emas 23 Karat

Karena tingkat kemurniannya hampir 100%, harga emas 23 karat ini hampir berada di angka Rp600 ribu. Berikut ini harga emas 23 karat per gram

  1. 1 Gram: Harga Jual = Rp590.550, Harga Beli = Rp506.850
  2. 5 Gram: Harga Jual = Rp2.952.750, Harga Beli = Rp2.534.250
  3. 10 Gram: Harga Jual = Rp5.905.500, Harga Beli = Rp5.068.500
  4. 25 Gram: Harga Jual = Rp14.763.750, Harga Beli = Rp12.671.250

Namun, harga tersebut bisa saja berubah sewaktu-waktu. Pasalnya, harga emas ini tergantung banyak hal, salah satunya adalah nilai tukar dolar Amerika Serikat. 

Harga Emas Naik Karena Dolar

Secara umum, korelasi negatif tercipta dari hubungan nilai tukar dolar Amerika Serikat dengan harga emas yang sedang berlaku saat itu. Jika dolar Amerika sedang melemah, harga emas akan naik. Namun, bila dolar Amerika menguat, harga emas jadi turun.

Selain itu, harga di pasaran bisa tiba-tiba naik tanpa pengaruh dolar Amerika Serikat. Bagaimana bisa? Hal itu terjadi karena kelangkaan stok emas di dunia. Terlebih, pada zaman milenial seperti ini, permintaan emas semakin meningkat yang membuat penambang harus menggali secara dalam.

Faktor Lain yang Memengaruhi Harga Emas Naik

Faktor lain yang memengaruhi harga emas adalah permintaan industri perhiasan di dunia. Misalnya, 54% permintaan emas berasal dari industri perhiasan di dunia, seperti yang terdapat di India, China, dan Amerika Serikat. Sementara itu, 12% lainnya berasal dari industri peralatan medis dan elektronik. Fakta ini dilansir oleh World Gold Council dan The London Bullion Market Association. Tidak heran bila harga emas naik.

Bahkan, hal-hal lain seperti isu politik di dunia juga bisa mempengaruhi harga emas, salah satunya adalah isu Brexit (keluarnya Inggris Raya dari Uni Eropa akibat hasil jajak pendapat terakhir yang terkait dengan Uni Eropa pada Juni 2016). Akibatnya, para investor diserang panik dan mulai memborong emas dalam jumlah besar.

Bila diperhatikan, investasi emas memang terlihat gampang-gampang susah. Dari sini, pastikan terlebih dahulu kamu mengetahui seluk beluk investasi emas sebelum benar-benar terjun melakukannya.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait