Milenial

Mengenal Apa itu Judge Beserta Tips untuk Menghindarinya

judge

Ajaib.co.id – Saat ini istilah dalam bahasa Inggris bagi orang Indonesia banyak yang sudah menjadi istilah sehari-hari baik itu dalam percakapan dan penulisan, bahkan tidak jarang juga menjadi bahasa yang digunakan dalam pergaulan. Terkadang penyerapan bahasa asing dalam bahasa Inggris ini bisa menjadi sangat aneh terlebih apabila digabungkan dengan pola tata bahasa Indonesia. Misalnya saja dengan menambahkan awalan me- atau ng- diikuti dengan tulisan asli dari bahasa Inggris tersebut. Salah satu penyerapan bahasa Inggris yang digabungkan dengan pola tata bahasa Indonesia dan tidak asing di telinga adalah kata judge.

Apa Sih Judge Itu?

Judge sendiri memiliki arti menghakimi atau keadaan dimana seseorang menilai orang lain dengan sebelah mata. Hal ini dapat terjadi karena banyak hal seperti dengar dari gosip, memperlihatkan persona apa yang ingin kamu perlihatkan dan bukan kamu yang sebenarnya dan lain-lain.

Sebagai makhluk sosial tentu saja kita bersinggungan dengan orang lain, namun ketika kita bersinggungan pasti ada saja hal-hal yang tidak cocok dengan kita dan timbulah pergesekan yang akhirnya menyebabkan kita atau orang lain nge-judge orang tersebut atau diri kita hanya dari sudut pandang kita atau mereka. Tapi kenapa sih kita kok bisa ya nge-judge orang lain? Dan kenapa sih orang lain bisa nge-judge kita? Dan pantaskah kita?

Melakukan judgement tidak memerlukan interaksi bahkan hanya dengan sekali lirik saja seolah-olah kita sudah kenal dan mengenal latar belakang kehidupan mereka. Hitung-hitung jadi peramal padahal bakat nggak ada hehe. Hal ini tidak hanya terjadi di dunia nyata namun juga di dunia maya dan biasanya perilaku seperti ini jarang kita sadari. Biasanya judgement ini terjadi karena orang tersebut berlaku tidak sesuai dengan norma yang kita jalani lalu kita menjadi sok tahu dan menganggap apa yang mereka lakukan adalah sebuah kesalahan.

Padahal ya belum tentu jika dilihat dari sudut pandang yang berbeda. Tidak jarang juga perilaku seperti ini membuat diri kita menjadi capek sendiri karena memilih untuk ikut campur urusan orang lain yang sebenarnya nggak ada urusan juga sama kita dan akhirnya kita dipenuhi energi negatif deh.

Peduli sama orang lain itu nggak salah, tapi bagaimanapun juga nge-judge seseorang bukan merupakan sebuah bentuk peduli pada sesama yang baik karena didalamnya terdapat prasangka-prasangka. Selain itu ada baiknya tidak cepat nge-judge orang lain karena selain perilaku yang tidak menyenangkan, hal tersebut juga tidak baik dan melelahkan untuk diri kita. Jadi ada baiknya sebelum kamu memutuskan untuk nge-judge seseorang yang bahkan kamu tidak mengenalnya dengan baik yuk perhatikan hal-hal berikut ini:

Tidak Semua Orang Itu Sama

Kita perlu menyadari bahwa ada banyak sekali orang di dunia ini dan masing-masing dari mereka tidak semuanya memiliki nilai dan norma yang kita anut. Kita tidak bisa nge-judge sesuatu hal hanya karena pendapat pribadi, hanya karena nilai dan norma seseorang tidak sama dengan nilai dan norma yang kita anut karena pada dasarnya kita berbeda dan hanya kita yang tahu apa yang terbaik bagi kehidupan kita masing-masing. Pemikiran seperti ini dapat membantu kita untuk belajar suatu hal dan melihat segala sesuatu di sekitar kita dengan sudut pandang yang lebih luas dan berpikir lebih positif.

Tidak Ada Sesuatu yang Pasti

Nggak semua hal dan peraturan yang ada di masyarakat dapat berfungsi dengan seharusnya dan nggak semua hal yang dilakukan oleh banyak orang harus juga kita lakukan begitupun sebaliknya. Ada berbagai macam kondisi tertentu dimana kita atau mereka perlu melakukan pertentangan terhadap aturan-aturan tersebut selama dalam batas wajar apabila ada suatu hal yang sifatnya sangat penting dan harus diprioritaskan.

Tutup Rapat Mulut Dan Pikiranmu Jika Tidak Mengetahui Faktanya

Kita memang gemar sekali mengumpulkan segala sesuatu dari apa yang kita lihat atau dengar padahal kita hanya mendengar atau melihatnya sekilas saja. Padahal apa yang kita lihat dan dengar itu belum tentu semuanya benar. Oleh sebab itu jangan buru-buru mengambil kesimpulan hanya karena kita mengetahuinya sepotong saja.

Cobalah Berkaca dan Cintai Diri Sendiri

Terkadang perilaku judgment terjadi karena kita belum bisa mencintai diri kita sendiri sehingga dengan mudahnya kita membandingkan kehidupan kita dan apa yang terjadi pada kita dengan orang lain. Perbandingan-perbandingan ini kemudian mewujudkan sebuah pemikiran bahwa hidup orang lain tersebut lebih payah ketimbang hidup kita agar kita merasa lebih baik. Tapi pernahkah kamu berpikir bagaimana jika itu terjadi pada diri kamu? Pasti nggak menyenangkan bukan? kamu juga nggak mungkin memberikan penjelasan secara personal kepada orang yang ngejudge kamu satu per satu karena cuma bikin capek dan menimbulkan pertanyaan baru. Jadi biasakan jangan buru-buru ngejudge seseorang ya!

Belajar Menerima Sudut Pandang Lain

Sebagai makhluk sosial ada baiknya jika kita belajar untuk menerima berbagai hal yang terjadi di sekitar kita. Dengan kita belajar menerima berbagai peristiwa yang terjadi maka akan semakin mudah untuk kamu jauh dari hal-hal dan pikiran-pikiran yang negatif. Karena kembali lagi, setiap orang pada dasarnya memiliki keunikan tersendiri jadi jangan tersinggung atau risih bila seseorang berpikiran berbeda dengan kita. Ada baiknya jadikan segala perbedaan yang terjadi menjadi sebuah pelajaran, selain pikiranmu menjadi lebih terbuka kamu pun bisa menjalani hari dan kehidupan dengan lebih positif. Yuk ah berhenti nge-judge orang!

Bacaan menarik lainnya:

Lancaster, L. C., & Stillman, D. (2002). When Generations Collide: Who They Are. Why They Clash. How to Solve the Generational Puzzle at Work. New York: HarperCollins


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Artikel Terkait