Beli Cincin Berlian Untuk Investasi, Apakah Menguntungkan?

cincin berlian
cincin berlian

Perhiasan kerap menjadi salah satu cara berinvestasi khususnya oleh para wanita. Jika sebelumnya trennya lebih banyak pada perhiasan emas kini minat investasi pada cincin berlian juga cukup tinggi. Niat berinvestasi pada perhiasan ini juga sering dijumpai pada pasangan muda yang akan menikah.

Cincin berlian biasanya dipilih sebagai cincin pernikahan dengan harapan menguntungkan jika dijual kembali. Banyak pasangan memang kerap membeli cincin pernikahan dengan pertimbangan nilai jual dan investasinya. Faktanya, investasi berlian sebenarnya kurang menguntungkan jika dibandingkan emas.

Hal ini karena harga tidak dinamis sehingga prospek keuntungannya sangat tipis. Selain itu, sistem investasi berlian juga sangat rumit dan tidak awam dipahami masyarakat umum. Berbagai hal yang harus dipertimbangkan jika ingin berinvestasi berlian adalah transparansi harga, likuiditas, akses pasar, sertifikat mutu dan bimbingan ahli.

Pasar berlian juga sangat kompleks dan tidak transparan soal harga, berbeda dengan emas yang acuannya jelas. Kemungkinan besar cincin berlian yang kamu beli tidak bisa dijual dengan harga lebih tinggi. Kalaupun bisa maka butuh waktu yang cukup lama sampai harganya naik. Keunggulan dari berinvestasi perhiasan berlian adalah fungsinya sebagai portable wealth.

Berlian bisa dijadikan penunjang status dan penampilan pemilikinya. Penyimpanannya juga relatif gampang karena ukurannya kecil sehingga bisa disimpan dalam brankas rumahan. Batu paling keras di dunia ini juga menjadi incaran karena daya tahannya yang tinggi. Ada 3 poin utama yang harus dijadikan acuan jika ingin berinvestasi dengan cincin berlian.

Minimal 0,5 karat

Harga cincin berlian ditentukan dari kadar emas yang digunakan untuk cincinya dan karat batu berliannya. Agar tujuan investasimu tercapai minimal pilih cincin dengan berlian 0,5 karat. Tentunya ini membutuhkan biaya yang lebih banyak namun fluktuasi nilainya dianggap cukup memadai untuk dijadikan aset investasi. Kelebihan lainnya? berlian berukuran minimal 0,5 karat pasti jauh lebih cantik saat digunakan di tanganmu.

Berlian Utuh

Hal penting lainnya dalam memilih cincin berlian untuk investasi adalah memilih batu yang utuh. Berlian dengan karat yang utuh memang memiliki harga beli yang lebih mahal namun nilai jual kembalinya juga dipastikan lebih tinggi. Hanya saja memang tidak selalu berlian utuh nampak lebih cantik daripada berlian potongan. Namun jika tujuannya investasi maka berlian utuh adalah jawabannya.

Model klasik

Cincin berlian untuk investasi sebaiknya memiliki model dan potonga klasik. Hal ini untuk menjaga cincin ini terus diminati dan gampang dijual ketika dibutuhkan. Model klasik yang paling diminati biasanya berupa berlian utuh di tengah yang dikelilingi potongan berlian kecil di sekelilingnya. Beberapa pesohor dunia memilikinya seperti Putri Diana sehingga bentuknya dianggap klasik dan anggun sehingga menambah nilai jual perhiasannya.

Aspek lainnya yang harus diperhatikan adalah cut,clarity, carat and color (4C). Empat syarat tersebut menjadi jaminan kualitas berlian dan harganya. Berhati-hatilah dengan banyaknya berlian pabrikan yang kilau dan tampilanya sangat mirip. Agar tak tertipu, belilah di toko perhiasan yang terpercaya dan menyediakan sertifikat keasliannya. 


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait