Investasi

6 Faktor Harga Berlian Bisa Melambung Tinggi

faktor-harga-berlian

Ajaib.co.id – Berlian merupakan batu permata yang paling diidamkan banyak orang untuk dimiliki. Sayangnya harga berlian yang mahal membuat tidak semua orang bisa memilikinya. Namun harganya yang fantastis dianggap sebanding dengan kualitas berlian sebagai batu paling berharga dan keras di dunia.

Harga berlian, berbeda dengan emas, tidak naik dan turun dengan begitu mudahnya setiap hari. Berlian 1 karat bisa saja sudah menjadi langkah investasi yang berharga. Dari sudut pandang keuangan, berlian cocok dijadikan aset investasi jangka panjang.

Terlebih lagi penjualan berlian selalu diminati baik dalam bentuk butiran maupun perhiasan. Hanya saja jika kamu bermaksud untuk mengamankan uang yang kamu miliki maka berlian berupa butiran adalah pilihan terbaik. Harga berlian ini jauh lebih tinggi dan bertahan dibandingkan dalam bentuk perhiasan.

Memperhitungkan harga berlian memang hal yang sulit. Sebab, nilai dari sebuah berlian ditentukan oleh berbagai faktor yang cukup kompleksHanya saja memang tren harga berlian diprekdiksi akan lesu selama beberapa waktu mendatang. Anjloknya harga berlian disebabkan adanya kelebihan pasokan. Di sisi lain, permintaan akan berlian cenderung masih rendah.

Adapun sentimen lainnya yang membuat harga berlian anjlok yakni terkait penyebaran virus corona atau Covid-19 yang membuat permintaan pun cenderung turun sehingga saat ini bisa dikatakan harga berlian sedang turun.

Meski demikian, batu permata ini tetap lebih mahal dibandingkan sejenisnya. Yuk simak beberapa faktor yang mempengaruhi harga berlian.

1. Berat Karat

Karat merupakan berat atau ukuran berlian, di mana satu karat berlian sama dengan 200 miligram. Hal tersebut merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi harga. Harga berlian asli biasanya dilihat dari per karatnya. Misalnya, berlian 0,75 karat yang dibanderol dengan harga Rp100.000.000 per karat, bakal dihargai Rp75.000.000 (100 x 0,75).

2. Warna Berlian

Berlian memiliki perbedaan warna yang berdampak besar pada harganya. Sebenarnya, berlian memiliki banyak warna, tetapi sebagian besar berlian yang tersedia adalah warna kuning atau cokelat.

Berlian yang tidak berwarna cukup langka dan sulit ditemukan, karena tidak murni atau murni secara kimia. Beberapa orang menyukai berlian dengan kejernihan yang tinggi dan tidak mementingkan warnanya. Namun, ada juga yang menganggap faktor warna sangat penting.

3. Tingkat Kejernihan

Faktor lainnya yang mempengaruhi harga batu berharga ini adalah tingkat kejernihan. Kerjenihan berlian dilihat dari ada atau tidaknya kondisi luar dan dalamnya. Dalam perdagangan berlian, hal itu disebut dengan kemurnian atau kualitas.

Berlian dengan kejernihan yang tinggi sangat sulit ditemukan, karena kebanyakan berlian mengandung inklusi (zat padat, cair, atau gas) atau cacat. Semakin sedikit inklusi, maka semakin tinggi pula harga berlian. Terdapat lima faktor yang menentukan kejernihan berlian, yaitu ukuran, nomor, posisi, sifat, dan warna. Nilai dari kejernihan berlian dinilai berdasarkan inklusi yang paling terlihat.

4. Potongan Berlian

Sebagian besar berlian yang dijual tidak memiliki kualitas potongan yang bagus. Berlian dengan potongan yang bagus, akan tampak lebih berkilau dan indah. Jika berlian memiliki tingkat kejernihan yang sempurna, namun potongannya tidak bagus, maka berlian akan terlihat kusam.

Untuk memahami potongan berlian, kamu bisa mempelajari bagian-bagian dari berlian. Sementara untuk menentukan harganya, saat ini sudah banyak laboratorium yang dapat menilai tingkat potongan berlian. Pemotongan berlian sendiri hanya bisa dilakukan dengan berlian lainnya sehingga membuat harga jualnya semakin mahal.

5. Bentuk Berlian

Harga berlian bentuk bulat jauh lebih tinggi dibanding bentuk lain, seperti ovalcushion cut, dan princess cut. Hal tersebut dikarenakan proses pembuatan berlian bulat memiliki tingkat kesulitan yang tinggi. Ketelitian pun sangat diperlukan ketika proses pembuatan, demi mendapatkan bentuk bulat yang sempurna.

6. Sertifikasi Berlian

Hampir seluruh berlian yang dijual secara online memiliki kualitas yang rendah. Berlian berkualitas tinggi hanya dijual di toko berlian saja. Sebab, jika membeli berlian di toko, kamu akan diberikan laporan penilaian pihak ketiga. Selain itu, sertifikasinya pun lebih terpercaya.

Berinvestasi lewat beli berlian memang menguntungkan namun membutuhkan modal yang cukup besar. Betapa tidak, harga permata ini per karatnya dibandrol bisa lebih dari Rp10 juta. Apalagi dalam bentuk butiran utuh yang jelas lebih tinggi karatnya.

Kamu yang masih pemula dalam berinvestasi mungkin masih merasa keberatan jika harus langsung mengeluarkan dana sebesar itu. Opsi lainnya adalah dengan berinvestasi reksa dana yang jauh lebih murah lewat aplikasi Ajaib. Kamu hanya membutuhkan modal Rp10.000 saja dan bisa menjadi investor reksa dana.

Artikel Terkait