Emas, Milenial

Harga Cincin Emas Sesuai Karat untuk Perhiasan

Harga Cincin Emas
Foto: Pixabay

Ajaib.co.id – Harga cincin emas tidak sama dengan harga emas batangan yang beredar di dunia investasi.

Sebabnya, emas untuk investasi biasanya menggunakan kadar 24 karat. Sedangkan untuk perhiasan, termasuk cincin, berbeda. Cincin emas biasanya menggunakan emas kadar 16 karat dan 18 karat.

Karat ini ditentukan dengan kandungan emas dalam perhiasaan tersebut. Semakin banyak unsur emas, maka semakin tinggi pula karatnya.

Ada perbedaan harga yang cukup lumayan untuk kedua jenis karat tersebut. Selain itu, unsur penting lain dalam menentukan harga sebuah cincin emas adalah, jumlah gram dan batu yang terikat.

Meski demikian, harga per gram setiap karatnya menjadi patokan yang paling utama. Simak uraian harga emas dengan karat ini agar cincin pilihan nanti sesuai dengan budget-mu.

1. Emas 17 karat

Hingga pertengahan tahun 2019 ini, cincin emas 17 karat dibanderol dengan harga berkisar Rp470.000 sampai Rp490.000 per gram. Perhiasan dengan kandungan emas 70% ini harganya berbeda-beda di setiap toko. Ini ditentukan oleh kebijakan setiap toko.

2.  Emas 18 karat

Cincin emas 18 karat memiliki kandungan hingga 75%. Karena itu, harga per gram-nya biasanya lebih mahal dibandingkan cincin 17 karat. Sejumlah toko menjual cincin 18 karat berkisar Rp530.000 sampai Rp580.000 per gram.

Cincin pernikahan atau pertunangan paling sering menggunakan dua tipe karat di atas. Alasannya, tingkat kemurniaan tersebut paling pas untuk membentuk perhiasan yang indah.

Emas dengan kadar paling murni alias 24 karat memiliki sifat yang lunak. Karena itu gampang berubah bentuk. Sehingga tidak cocok untuk perhiasan yang kerap digunakan.

Beberapa beranggapan kadar 18 karat paling cocok dijadikan cincin pernikahan. Hal ini karena kekuatannya, dan tidak mudah berubah bentuk.

Update Harga Emas Terbaru Maret 2020

Pada hari ini, 13 Maret 2020, harga emas logam mulia PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) turun 2,43% atau sebesar Rp19.000 menjadi Rp763.000/gram, dari Rp782.000/gram. Penurunan ini terjadi seiring aksi jual besar-besaran yang terjadi di bursa saham global dan pasar modal dalam negeri khususnya.

Selain itu, penurunan harga emas Antam juga terjadi karena merosotnya harga emas spot dunia yang kembali ambles pada hari Kamis, 12 Maret 2020 karena pedagang menjual logam mulia untuk menutupi margin di pasar saham yang ketakutan oleh penyebaran global virus corona.

Harga Cincin Emas Terbaru

Di bawah ini, Ajaib akan memberikan beberapa daftar harga cincin emas terbaru yang diambil dari salah satu ecommerce yang ada di Indonesia.

#1 Lautan Berlian Jewelry

Cincin jenis ini merupakan wedding ring atau cincin kawin yang didesain asli dari emas berbahan emas kuning 22K dengan berat 10g, dan bisa diseuaikan dengan ukuran jari. Emas ini juga memiliki 2 2 butir berlian 0,12 karat dengan bentuk pinggiran mengkilap dan bagian tengah doff yang memperlihatkan perpaduan yang sangat manis untuk dikenakan di jari manis pasangan. Harga cincicn emas ini berkisar antara 10 juta hingga 13 juta.

#2 Kinina 012079

Cincin emas ini memiliki kadar emas 17 karat dengan berat 0.83 gram dan ukuran 10. Dengan taburan batu zyrcon, membuat cincin ini memiliki kilauan seindah berlian. Selain itu, desain yang unik dan simple membuat cincin ini cocok digunakan sebagai perhiasan sehari-hari maupun bepergian, dan cocok sebagai hadiah untuk orang kesayangan Anda, teman dekat atau rekan kerja. Harga cincin ini sekitar Rp600 ribu hingga RP700 ribu.

#3 UBS Cincin Emas Permata

Cincin permata dari emas UBS ini memiliki kadar emas 70% dengan berat 2.61 gr dan ukuran 13 yang didesain elegan dengan motif bunga. Bentuknya yang elegan membuat cincin ini dapat dijadikan untuk koleksi perhiasan atau bisa sebagai hadiah untuk orang tersayang. Harga cincin ini dibanderol dengan harga Rp15 juta hingga 16 juta.

#4 White Gold The Duchess Love Ring

Cincin ini memiliki kualitas dan desain yang chic dengan aksen beads yang dapat mempercantik penampilan kamu. Cincin dengan berat emas 2 hingga 3 gram, emas ini cocok banget buat kamu yang mau mempercantik penampilan.

Cincin Emas Sebagai Investasi

Selain itu, nilainya juga paling tinggi dibandingkan kadar lainnya. Pertimbangan ini cocok bagi yang menganggap cincin emas sebagai investasi apabila membutuhkan dana tunai.

Tambahan info untukmu yang belum berpengalaman membeli perhiasaan emas, adalah istilah emas tua dan muda. Mungkin saja kamu bertemu pramuniaga yang menawarkan cincin jenis emas tua atau muda.

Agar tidak kebingungan, kamu harus paham bahwa emas tua berarti dengan kadar di atas 70%. Namun, ada pula yang mengatakan, karat di atas 42%. Sebaliknya, emas muda dengan kadar karat di bawah 70% atau bahkan 42%.

Karena itu, emas yang cocok untuk cincin pernikahan adalah jenis emas muda. Namun, tidak menutup kemungkinan jenis emas tua dipilih. Hal ini bergantung dengan selera dan model cincin tersebut.

Apalagi sekarang banyak emas dengan karat rendah tersedia di toko perhiasan. Hanya saja harus pahami, cincin emas muda memiliki harga jual lebih rendah. Sehingga kurang menguntungkan di waktu mendatang.

Artikel Terkait