Bisnis & Kerja Sampingan

6 Ide Bisnis Buket, Salah Satunya Bunga Uang

Instagram @tembang.rasa

Ajaib.co.id – Buket bunga uang masih menjadi favorit masyarakat. Karena hal ini dapat menjadi hadiah istimewa di hari spesial. Bahkan buket bunga menjadi ide bisnis para entrepreneur.

Buket merupakan karangan bunga. Seperti namanya, buket identik dengan rangkaian bunga dengan penataan yang rapi dan kreatif. Karangan bunga dapat digunakan untuk dekorasi rumah, mempercantik interior, acara pernikahan, atau untuk hadiah di hari spesial seperti ulang tahun, wisuda, pernikahan, dan lamaran. 

Sejarah Buket Bunga

Bukti tertua dari pembuatan karangan karangan bunga dalam vas ditemukan pada zaman Mesir kuno. Penggambaran rangkaian bunga dari Kerajaan Lama 2500 SM. karangan yang sering digunakan adalah daun palem, bunga iris, bunga anemone, dan bunga daffodil.

Di Jepang, praktik merangkai bunga masih bertahan sampai saat ini. Ikebana, seni merangkai bunga dari Jepang ini sudah ada sejak 1445. Cirinya adalah bentuk yang sederhana dan linier. Ikebana dibawa oleh para biksu Buddha yang mempelajarinya saat berada di Tiongkok. Di antara umat Buddha, bunga adalah persembahan ritual tradisional.

Merangkai bunga berkembang menjadi bentuk seni yang sangat tinggi di Tiongkok kuno. Hal itu sejalan dengan prinsip bahwa hidup itu suci, termasuk kehidupan tumbuhan. Oleh karena itu bunga potong dengan cermat dan diatur dengan teliti.

Di Negeri Tirai Bambu, bunga adalah simbol. Jadi jangan salah merangkai bunga untuk dihadiahkan kepada orang lain. Misal bunga plum putih melambangkan musim dingin, persik dan sakura melambangkan musim semi, teratai melambangkan musim panas, dan krisan melambangkan musim gugur.

Di Eropa, merangkai bunga sebagai seni formal pertama kali didokumentasikan di kalangan orang Belanda. Kala itu, secara khusus, seseorang melukis rangkaian bunga yang indah. Pada abad ke-18, rangkaian digunakan untuk mendekorasi rumah keluarga kaya dan keluarga bangsawan.

Buket Bunga Uang

Kini, buket tak melulu soal rangkaian bunga. Beberapa tahun belakangan, buket bunga uang banyak diminati oleh masyarakat. Tak hanya di Indonesia, warga di negara lain menyukai buket bunga uang.

Beberapa waktu lalu, Salwani, warga Malaysia, mengunggah buket bunga uang untuk sang ayah, Liptan6.com (28/07/2020). Pemberian buket dalam rangka ulang tahun ayahnya. Unggahan itu menjadi viral dan banyak warganet yang mendoakan kesehatan sang ayah.

Untuk hadiah, ada yang membuat buket sendiri. Namun ada yang menangkap momen tersebut sebagai peluang bisnis. Seperti yang dilakukan oleh entrepreneur muda Aisyah Aminy. Menurutnya, permintaan buket bunga uang meningkat ketika hari kasih sayang, detik.com (13/02/2020). Buket dibanderol sekitar Rp1 juta hingga Rp1,5 juta.

Ide Bisnis Buket

Ide bisnis buket tak berhenti pada bunga. Namun ada beragam produk yang bisa kamu jadikan buket. Salah satunya buket uang. Berikut Ajaib rangkum beberapa ide untuk menjalankan bisnis buket lainnya.

  • Buket Uang

Jika kamu terampil merangkai bunga, tak ada salahnya memulai usaha buket bunga sekaligus buket uang. Buket uang cukup diminati oleh masyarakat, karena produk ini memberikan kesan mewah dan elegan.

Tawarkan buket uang mulai Rp500.000 hingga jutaan rupiah, dengan menggunakan uang pecahan Rp20.000, Rp50.000, atau Rp100.000. Tawarkan bentuk buket pada umumnya, bunga, rumah, tempat ibadah, atau bentuk lainnya, baik 2D atau 3D. Buket uang bisa digunakan untuk hantaran lamaran, pernikahan, ulang tahun, hingga kenang-kenangan.

  • Buket Makanan Ringan

Snack bouquet atau buket makanan ringan dapat menjadi ide bisnis kreatif yang menguntungkan. Biasanya, buket makanan berisi camilan yang tersedia di minimarket, makanan instan impor, atau minuman kemasan.

Untuk bisnis, buat tawarkan buket makanan seri matcha, serba cokelat, edisi makanan UMKM, makanan instan dari Jepang, makanan ringan serba pedas untuk hadiah ulang tahun, kenang-kenangan, atau hari raya. Pelanggan milenial atau gen Z banyak yang membeli buket makanan ringan ini, loh.

  • Buket Perawatan Wajah

Terkadang seseorang ingin memberikan hadiah spesial untuk orang terdekat. Hadiah tersebut sangat personal karena dapat digunakan setiap hari oleh si penerima. Jika kamu ingin menyasar target pasar seperti itu, realisasikan ide bisnis buket perawatan wajah atau badan sebagai peluang usaha.

Misal pelanggan memesan buket perawatan wajah dari jenama The Ordinary, buket wewangian dari Wardah, buket perawatan badan ala Unilever, buket perawatan bayi, dan masih banyak lagi. Karena bisnis ini bersifat personal, jadi kamu harus siap-siap repot mencari produk perawatan hingga ke luar negeri.

  • Buket Sayur dan Buah

Buket sayur dan buah juga cukup banyak peminat. Karena pelanggan ingin bentuk unik pengemasan sayur dan buah (selain dikemas di keranjang parcel atau boks) dan gaya hidup sehat. Tawarkan buket buah musiman, buket sayur salad, dan lainnya.

  • Buket Balon

Buket balon juga banyak peminat. Bisanya buket ini digunakan sebagai hadiah kelulusan, melahirkan, dan ulang tahun. Sediakan balon berbagai bentuk dan warna, lalu rangkai dengan menambahkan foto si penerima, bunga, pita, bunga, atau cupcake.

  • Lain-lain 

Ada banyak barang yang bisa kamu jadikan buket. Kamu bisa membuka jasa untuk membuat buket unik lain. Misal buket bunga dari kertas origami, buket dari manik-manik dan pita, buket dari benang rajut, atau buket mini yang berisi logam mulia.

Jika memberikan buket logam mulia (emas), kamu tak hanya memberikan seseorang hadiah. Namun membekalinya untuk berinvestasi. Karena emas yang disimpan minimal lima akan menghasilkan nilai jual sangat tinggi.

Untuk mengetahui jenis investasi, cek dan unduh Ajaib. Di aplikasi dan web tersebut, kamu bisa memilih investasi berdasarkan tujuan dan memperoleh informasi mengenai bisnis serta kondisi pasar terbaru.

Artikel Terkait