Cara Melihat dan Membayar Pajak Motor di STNK

pajak motor di stnk
pajak motor di stnk

Bagaimana sih cara membayar pajak motor di STNK? Bagi kamu yang belum tahu, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini untuk mengetahui cara membayar pajak motor di STNK.

Meskipun alat transportasi umum sudah semakin baik dan memadai namun memiliki kendaraan pribadi merupakan hal yang dibutuhkan demi kemudahan dalam beraktivitas terlebih jika kamu tinggal di kota-kota besar dan jaraknya jauh dari rumah.

Ketika kamu memutuskan untuk memiliki kendaraan maka kamu tentu harus membayar pajak kendaraan baik itu kendaraan beroda empat yaitu mobil atau pun kendaraan beroda dua yang disebut dengan motor.

Saat ini di era teknologi informasi yang semakin canggih dan terus mengarah ke arah yang lebih baik memungkinkan siapa saja mengembangkan terobosan baru meskipun awalnya terkesan sulit dan merepotkan untuk dilakukan namun kini hidup menjadi lebih mudah.

Sekarang kita cukup menggunakan internet dari komputer atau gadget untuk berbelanja, membayar tagihan, transfer uang, bahkan mengirim barang.

Inisiasi Pemerintah untuk Mengakomodasi

Hal ini juga dimanfaatkan oleh pemerintah dalam mengakomodasi dan menyesuaikan diri di tengah-tengah ramainya penggunaan internet di masyarakat salah satunya dalam hal perpajakan yaitu Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (Samsat). Hal ini meliputi Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda), Polisi Republik Indonesia (Polri), dan Jasa Raharja.

Samsat memiliki wewenang untuk mengeluarkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) bagi semua pemilik kendaraan bermotor, baik kendaraan pribadi, mobil besar, hingga sepeda motor.

Adanya sistem tersebut memang lebih memudahkan untuk para pemilik kendaraan bermotor terutama mereka yang tidak memiliki banyak waktu luang selain itu proses yang dilakukan layanan online juga cenderung lebih cepat, transparan, aman, dan efisien.

Namun ternyata masih banyak masyarakat yang lebih memilih cara melihat pajak motor mereka d STNK karena hal ini lebih mudah bagi mereka yang memang masih memegang STNK-nya di tangan. Tetapi sebelum membahas lebih jauh, tahukah kamu apa itu pajak kendaraan bermotor?

Sekilas Tentang Pajak kendaraan Bermotor

Pajak kendaraan bermotor adalah pajak yang dipungut atas kepemilikan atau penguasaan kendaraan bermotor baik itu roda empat atau roda dua. Penjelasan lebih jelas mengenai kendaraan bermotor tertulis dalam Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pajak Kendaraan Bermotor.

Pajak kendaraan bermotor memiliki dua besaran yang ditentukan oleh dua faktor yaitu faktor nilai dan bobot potensi pencemaran dan kerusakan jalan yang ditimbulkan dari penggunaan kendaraan tersebut. Untuk dapat melihat besaran pajak kendaraan bermotor maka kamu dapat melihatnya melalui Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK).

Pajak motor termasuk dalam pajak progresif yaitu pajak yang tarif pemungutannya sesuai dengan presentase yang meningkat sesuai dengan nilai objek pajak dan kauntitas atau jumlah dari objek pajak.

Tarif Pajak Progresif

Adapun tarif pajak progresif sesuai dengan urutan kepemilikan kendaraan adalah sebagai berikut:

  • Kepemilikan kendaraan motor pertama memiliki tarif sebesar 2%, untuk kendaraan bermotor kedua tarif yang dikenakan sebesar 2,5% dan 0,5% untuk setiap tambahan kendaraan motor.
  • Kepemilikan kendaraan bermotor oleh sebuah badan tarif pajaknya sebesar 2%.
  • Sedangkan untuk kepemilikan kendaraan bermotor pemerintah pusat dan daerah sebesar 0,50%
  • Kepemilikan kendaraan bermotor alat berat memiliki pajak sebesar 0,20%

Presentase di atas merupakan acuan untuk menghitung pajak progresif yang harus dibayar tahunan untuk setiap kendaraan pribadi, kendaraan sebuah badan usaha, kendaraan milik pemerintah pusat dan daerah dan kendaraan alat berat.

Bisa lihat Pajak Motor di STNK

Kamu dapat melihat tanda pajak progresif dan pajak motor di STNK selama kamu memiliki STNK di tangan kamu. Jka kamu ingin melihat pajak progresif maka yang perlu kamu lakukan adalah mengeluarkan STNK, mencari surat ketetapan pajak daerah (PKB/BBN-KB) dan SWDKLLJ pada STNK yang umumnya ditandai dengan warna cokelat, setelah itu di sisi sebelah kanan lihat besaran PKB, BBN-KB, dan lain-lain.

Pada kotak pertama berisi kode-kode lihat pada kode yang paling belakang maka disitu letak pajak progresif kendaraan bermotor milik kamu. Sementara apabila kamu ingin mengetahui pajak motor pada STNK maka yang perlu kamu lakukan adalah mengeluarkan STNK lalu lihatlah tabel dengan kolom PKB, SWDKLLJ dan jumlah biaya pajak motor kamu.

Itu adalah cara untuk melihat pajak progresif serta pajak motor di STNK kamu secara manual. Namun saat ini, sudah banyak cara yang lebih modern dan lebih mudah selain lewat STNK yaitu secara online atau pun melalui SMS.

Cek di Online

Seperti sudah dibahas sebelumnya, kini mengecek dan membayar pajak kendaraan bermotor sudah bisa dilakukan secara online melalui aplikasi milik pemerintah daerah. Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan e-Samsat cukup dengan memasukan nomor polisi kendaraan dan NIK maka data kendaraan dan total pajak kendaraan kamu akan langsung terbaca.

Selain itu kamu juga bisa langsung membayarkan pajak kendaraan milikmu melalui e-Samsat melalui ATM atau internet banking. Namun penerapan inovasi ini belum bisa dinikmati secara menyeluruh dan baru bisa dilakukan di beberapa provinsi saja.

Selain menggunakan aplikasi online yang disediakan oleh pemerintah kamu juga bisa mengecek pajak kendaraan bermotor milik kamu dengan SMS namun cara ini juga tidak hadir di semua wilayah karena pendataan kendaraan belum terekam semua selain itu ada juga daerah yang lebih mengutamakan penggunaan website dan aplikasi.

Bagi kamu yang memiliki kendaraan bermotor tentu saja wajib membayar pajaknya setiap tahun. Dalam melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ada dua jenis yaitu pajak yang dibayar setiap tahun dan pajak yang dibayar setiap lima tahun sekali. Apa perbedaannya?

Perbedaan Pajak Tahunan dan Lima Tahunan

Pajak tahunan merupakan pajak rutin yang harus dibayarkan setiap tahun, sementara pajak lima tahunan ditandai dengan pergantian pelat nomor kendaraan dan STNK. Khusus pajak lima tahunan, kamu harus datang ke Kantor Samsat karena jenis pembayaran ini belum bisa dilakukan melalui e-Samsat.

Setelah mengetahui berbagai cara untuk mengecek dan membayar pajak, pastikan kamu juga menjalankan kewajiban kamu untuk membayar pajak tepat waktu ya agar tidak dikenakan denda. Selain itu dengan inovasi yang ada saat ini dalam dunia perpajakan diharapkan juga kamu dapat terlindungi membeli kendaraan hasil curian dengan surat-surat palsu. Semoga bermanfaat untukmu!

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait