Transfer Uang via ATM Jadi Mudah dengan Cara-cara Ini

transfer uang via atm
transfer uang via atm

Masih belum tahu cara transfer uang via ATM? Jangan khawatir, redaksi Ajaib akan memberitahu cara mudah transfer uang via ATM melalui ulasan berikut ini.

Di era digital sekarang dengan kecepatan akses internet di mana-mana, semakin jarang orang melakukan kegiatan transaksi melalui offline, mulai dari transaksi jual beli hingga transaksi perbankan. Bank sendiri pun telah memfasilitasi nasabahnya dengan mengeluarkan layanan seperti internet banking, mobile banking, hingga ATM yang telah hampir tersedia di banyak tempat.

Lebih Mudah dan praktis

Tidak hanya kaum milenial, generasi sebelumnya pun sudah jarang sekali melakukan transaksi perbankan offline yang mengharuskan untuk datang ke cabang bank terdekat. Sekarang semua sudah mudah dan praktis sehingga sangat menghemat biaya dan waktu.

Penggunaan fasilitas yang diberikan oleh bank pun sangat mudah, kamu hanya perlu melakukan beberapa langkah dan transaksi perbankanmu pun akan selesai dalam waktu yang singkat.

Salah satu transaksi perbankan yang paling sering dilakukan oleh para nasabah bank adalah mengirim atau melakukan transaksi transfer uang, baik sesama bank maupun antar bank. Tentu saja, transaksi ini dapat dilakukan via internet banking, mobile banking, hingga ATM.

Transaksi Beda Bank

Untuk melakukan transaksi transfer antar bank, kamu membutuhkan kode bank tujuan yang akan kamu transfer. Sementara itu, kode ini tidak diperlukan apabila kamu ingin transfer uang ke rekening dengan bank yang sama. Di sini, akan dijelaskan cara mengirim atau transfer uang sesama bank maupun antar bank menggunakan ATM. Berikut penjelasannya:

Memasukkan Kartu ATM ke mesin ATM

Masukkan kartu ATM kamu ke mesin ATM sesuai dengan bank induk kamu. Pastikan posisi kartu kamu tidak terbalik. Jika kamu menggunakan ATM bank induk lain, biasanya akan terkena potongan biaya administrasi. Namun, hal ini tergantung kebijakan bank masing-masing. ada yang mengharuskan potong biaya administrasi ada juga yang bebas tanpa biaya.

Memilih Bahasa

Mesin ATM akan menawarkan dua pilihan bahasa yaitu Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Pilihlah yang paling nyaman menurutmu.

Memasukkan PIN ATM

Masukkan PIN ATM kamu untuk dapat mengakses menu ATM. PIN ATM ini bersifat sangat rahasia. Pastikan saat kamu mengetikkan nomor ini tidak ada orang lain yang mengawasimu. Untuk diingat, tidak ada pihak bank yang akan menanyakan nomor PIN ATM kamu. Jadi, jika ada yang menanyakan PIN ATM kamu maka dapat dipastikan orang tersebut ingin menipu kamu.

Memilih Jenis Transaksi

Pilih “Transfer” untuk melakukan transfer uang via ATM. Kamu bisa juga melakukan transaksi perbankan lainnya, seperti mengambil uang. Untuk melakukan transaksi perbankan lainnya, kamu bisa memilih menu sesuai dengan kebutuhanmu.

Memilih Bank Tujuan Transfer

Pilihlah bank yang akan menjadi tujuan transfermu. Seperti yang sudah dijelaskan di awal, jika kamu transfer uang ke bank yang sama dengan bank induk rekening kamu, maka tidak akan dikenakan biaya dan kamu tidak perlu membutuhkan 3 angka yang menjadi kode atau identitas satu bank. Namun, jika kamu akan transfer uang ke bank yang berbeda dengan bank induk kartu kamu, maka kamu akan membutuhkan kode bank tersebut.

Memasukkan Nomor Rekening Tujuan Transfer Uang

Ketik nomor rekening tujuan transfer uang kamu. Pastikan tidak ada angka yang salah, karena salah satu angka saja bisa mengubah rekening tujuan.

Memasukkan Jumlah Transfer Uang

Masukkan nominal uang yang akan kamu transfer. Cek sekali lagi, pastikan nominalnya benar.

Menunggu Transaksi Diproses dan Menunggu Konfirmasi

Tunggu hingga transaksi selesai diproses. Kamu akan mendapatkan struk sebagai tanda bukti bahwa kamu telah transfer uang ke rekening tujuanmu. Pastikan semuanya telah selesai barulah kamu mengakhiri transaksi melalui mesin ATM. Jangan lupa untuk mengambil kembali kartu ATM kamu di mesin ATM setelah selesai bertransaksi.

Selamat melakukan transaksi uang via ATM! Jangan lupa untuk selalu teliti dan tidak teledor dalam menggunakan mesin ATM di publik, ya!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait