Fitur Internet Banking dan Keuntungan Menggunakannya

fitur internet banking
fitur internet banking

Fitur internet banking bisa dibilang cukup banyak. Berbagai kelebihan dan keuntungan juga bisa kamu dapatkan seperti yang redaksi Ajaib akan ulas dalam artikel berikut ini.

Di zaman sekarang yang serba digital ini, sudah sangat jarang ada nasabah sebuah bank yang datang khusus ke cabang bank terdekat untuk melakukan transaksi perbankan. Pasalnya, semua fasilitas yang disediakan bank hampir semuanya sudah dapat dilakukan melalui genggaman, baik melalui mobile banking, ATM, hingga internet banking.

Pengertian Internet Banking

Apa sih internet banking? Internet banking adalah fitur untuk melakukan transaksi perbankan melalui jaringan internet. Internet di sini berperan sebagai media untuk melakukan transaksi dan mendapatkan informasi mengenai bank yang digunakan melalui website atau situs yang dimiliki oleh bank tersebut.

Kegiatan internet banking ini menggunakan jaringan internet yang berperan sebagai penghubung antara nasabah dengan bank. Jadi, kamu tidak perlu repot-repot datang ke cabang bank terdekat untuk melakukan transaksi perbankan ini.

Cukup dengan membuka website atau situs bank yang kamu gunakan maka kamu langsung bisa melakukan transaksi perbankan. Selain jaringan internet yang mendukung, untuk menggunakan fitur internet banking kamu harus memiliki perangkat yang memadai. Perangkat yang dimaksud antara lain desktop, laptop, tablet, atau smartphone.

Masing-masing bank memang memiliki manajemen fiturnya sendiri. Namun, untuk fitur internet banking ini, hampir semua bank memiliki fitur yang sama. Fitur internet banking ini biasanya meliputi informasi umum rekening tabungan/giro, rekening deposito, informasi mutasi rekening, transfer dana (termasuk transfer antar bank), pembelian pulsa, fitur informasi seperti suku bunga dan kurs, serta pembayaran, misalnya pembayaran telepon, internet, kabel TV, listrik dan berbagai jenis pembayaran lainnya.

Untuk mengaktifkan fitur internet banking, kamu harus mendaftarkan rekeningmu terlebih dahulu sehingga bisa mengakses fitur internet banking. Untuk melakukan hal ini, kamu bisa mendaftar langsung ke cabang bank terdekat atau mengaktifkan pada mesin ATM. Berikut langkah untuk mengaktifkan fitur internet banking via ATM:

Mengaktifkan Internet Banking

  • Masukkan kartu debit di mesin ATM lalu input PIN
  • Buka menu pilihan internet banking (klik menu daftar e-banking/autodebet, lalu klik Internet Banking).
  • Ketik PIN (biasanya terdiri dari enam digit).
  • Tunggu proses dan ambil struk bukti daftar internet banking. Pada struk tersebut tercetak userID untuk login internet banking.
  • Kamu bisa langsung login ke internet banking bank yang kamu gunakan. Ikuti panduan yang ada di website bank tersebut.
  • Beberapa bank memberikan one time password (OTP) melalui SMS dan tidak menggunakan token. Apabila transaksi internet banking menggunakan OTP yang dikirimkan melalui SMS, maka masukkan kode OTP tersebut saat bertransaksi.
  • Terkadang bank juga menyediakan penggunaan token untuk bisa mengakses internet banking. Jika kamu menggunakan token untuk mengakses internet banking, kamu bisa kunjungi situs bank, kemudian pilih fitur internet banking, masukkan user ID dan password. Pilih menu yang diinginkan dan ikuti perintah sesuai dengan yang tertera di menu, termasuk mengaktifkan token untuk pertama kalinya.
  • Ketika transaksi dengan internet banking sudah selesai, kamu akan menerima bukti transaksi yang dikirimkan ke e-mail yang telah kamu daftarkan di awal.

Beberapa Keuntungan Menggunakan Fitur Internet Banking

Irit Biaya dan Praktis

Dengan adanya internet banking, kamu tidak perlu lagi datang langsung ke cabang bank terdekat sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan biaya transportasi. Fitur yang disediakan internet banking pun tidak memerlukan biaya, kecuali transaksi yang kamu lakukan merupakan transaksi antar bank. Kamu juga menjadi sangat praktis untuk melakukan transaksi. Hanya melalui genggamanmu, kamu langsung bisa melakukan hampir semua transaksi perbankan melalui internet banking.

Tersedia 24 Jam

Internet banking dapat melayani kamu tanpa batas waktu artinya kamu bisa mengakses internet banking selama 24 jam. Tidak seperti cabang bank terdekat yang hanya bisa melayani pada jam operasi bank. Walaupun tidak menutup kemungkinan adanya gangguan atau perbaikan pada situs bank sehingga kamu tidak bisa mengakses fitur internet banking.

Mencakup Seluruh Wilayah

Seperti fitur berasaskan internet lainnya, internet banking juga tidak mengenal batasan wilayah. Asalkan kamu memiliki internet dan perangkat yang memadai, maka kamu bisa menikmati dan menggunakan fitur internet banking.

Pengamanan yang Terjamin

Setiap bank memang memiliki syarat dan ketentuan masing-masing yang berlaku. Namun, untuk fitur semacam internet banking ini, masing-masing bank sudah memiliki sistem keamanan yang berlapis, termasuk penggunaan token PIN ataupun password. Jadi, tidak perlu khawatir karena keamanan dalam menggunakan fitur internet banking sudah dijamin oleh masing-masing bank.

Sementara itu, internet banking juga memiliki beberapa kekurangan. Antara lain:

Internet Banking Rawan Penyadapan Data

Kamu sebagai nasabah perlu waspada akan kejahatan oleh penyadap atau yang dikenal dengan sebutan hacker. Perilaku kejahatan ini sangat marak terjadi dan akan semakin besar peluangnya apabila kamu teledor dalam mengatur akunmu. Maka itu, jangan lupa untuk log-out akun rekening bankmu setelah menggunakan internet banking. Jangan lupa untuk selalu merahasiakan informasi rekeningmu terutama PIN atau password yang kamu gunakan untuk mengakses internet banking.

Rawan Virus

Memang kamu sebagai nasabah tidak bisa melakukan kontrol atas hal ini. Mungkin yang bisa kamu lakukan hanya menggunakan antivirus. Maka itu, kamu juga perlu memilih bank yang tepat sebagai rumah rekeningmu. Pemilihan bank yang tepat dengan keamanan tinggi akan ikut mempengaruhi keamanan asetmu.

Sulit Diakses dengan Kecepatan Internet rendah

Kamu benar-benar perlu berada pada wilayah dengan akses internet tinggi untuk dapat mengakses internet banking ini dengan maksimal.

Itulah beberapa hal yang perlu kamu pahami mengenai internet banking. Kaum milenial dengan pergerakannya yang sangat cepat dan dinamis sudah tidak lagi melakukan aktivitas atau transaksi perbankan melalui cabang bank terdekat. Kamu pun bisa mulai menggunakan internet banking untuk transaksi perbankan yang praktis dan cepat. Selamat mempelajari internet banking dan selamat mencoba!

Bacaan menarik lainnya:

Ismail. (2011). Manajemen Perbankan: Dari Teori Menuju Praktik. Edisi Pertama. Jakarta: Kencana.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait