Jasa Konsultan Pajak: Perlu atau Tidak?

jasa konsultan pajak
jasa konsultan pajak

Perlukah menggunakan jasa konsultan pajak? Bagi kamu yang masih bingung, simak ulasan redaksi Ajaib berikut ini untuk mendapatkan jawabannya.

Dilansir dari situs resmi Direktorat Jenderal Pajak, pajak adalah kontribusi wajib kepada negara yang terutang oleh orang pribadi atau badan yang bersifat memaksa berdasarkan Undang-undang dengan tidak mendapatkan imbalan secara langsung dan digunakan untuk keperluan negara bagi sebesar-besarnya kemakmuran rakyat.

Pembayaran pajak merupakan perwujudan dari kewajiban kenegaraan dan peran serta Wajib Pajak untuk secara langsung dan bersama-sama melaksanakan kewajiban perpajakan untuk pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Bukan Sekedar Kewajiban

Membayar pajak bukan hanya merupakan kewajiban tetapi juga merupakan hak dari setiap warga negara untuk ikut berpartisipasi dalam bentuk peran serta terhadap pembiayaan negara dan pembangunan nasional.

Bisa disimpulkan bahwa pajak adalah sebuah kewajiban yang harus dibayarkan oleh perseorangan ataupun badan usaha. Banyaknya jenis pajak dan besarannya yang tidak sedikit pun membuat banyaknya konsultan pajak bermunculan.

Sebenarnya, apakah peran pekerjaan ini? Lalu, perlukah untuk badan usaha menggunakan jasa konsultan pajak? Memang tidak banyak yang mengetahui hal-hal ini. Jadi, kamu sebagai generasi milenial jangan khawatir apabila belum pernah memahami peran dan manfaat dari konsultan pajak. Mari kita bahas bersama-sama.

Sebelum menjawab perlu atau tidaknya jasa konsultan pajak, kita perlu mengetahui apa saja peran jasa konsultan pajak tersebut. Beberapa di antaranya adalah:

Mengurus Administratif Pajak

Memungkinkan perusahaan untuk lepas tangan akan hal atau urusan perpajakan. Perusahaan mampu untuk fokus ke pencarian laba saja sedangkan urusan administratif pajak dipegang sepenuhnya oleh konsultan pajak. Hal administratif pajak yang dimaksud termasuk membuat laporan serta pelaporan ke kantor pajak itu sendiri.

Menekan biaya pembayaran pajak tanpa melanggar ketentuan dan peraturan perpajakan.

Membantu Mengurus, Menyiapkan, Serta Menghitung

Wajib pajak, baik badan atau perusahaan, biasanya tidak memiliki waktu khusus untuk memerhatikan perkembangan perpajakan. Di sinilah peran konsultan pajak sangat dibutuhkan yaitu untuk memantau perkembangan peraturan pajak yang berlaku.

Meminimalisir Kesalahan

Dalam hal penghitungan maupun pelaporan pajak yang sering terjadi apabila dilakukan manual oleh perusahaan. Hal ini juga membantu untuk menghindari adanya potensi kasus perpajakan di masa yang akan datang.

Mendampingi Perusahaan

Dalam pelaporan dan pemeriksaan pajak kamu bisa didampingi sehingga perusahaan akan merasa lebih aman.

Mengurus Masalah

Mengatasi masalah perpajakan dengan cepat karena memang ahli dalam hal tersebut. Perusahaan pun tidak perlu cepat tanggap lagi karena semua sudah diurus oleh konsultan pajak.

Membantu Perusahaan Membuat Perencanaan Pajak.

Dari peran konsultan pajak di atas, maka sebagai perusahaan atau bahkan perseorangan, kamu bisa mendapatkan manfaat antara lain:

Manfaat Konsultan Pajak

Segala urusan pajak telah diatasi oleh konsultan pajak sehingga hidup kamu akan lebih tenang. Kasus perpajakan yang mungkin saja terjadi di masa yang akan datang pun akan bisa dihindarkan.

Waktu tidak habis digunakan untuk mencari data atau informasi mengenai perpajakan. Belum lagi waktu untuk membuat laporan dan data dokumentasi yang sangat sulit untuk dilakukan. Semuanya telah diurus oleh konsultan pajak.

Terhindar dari segala resiko penipuan yang bisa saja direncanakan pihak luar. Konsultan pajak akan membantu untuk menemukan kejanggalan apabila ada penipu yang berusaha untuk membahayakan kamu atau bisnismu.

Ketiga manfaat tersebut sangat berguna untuk kehidupan kamu dan bisnismu ke depannya. Kamu bisa menikmati hidup dan fokus untuk mengembangkan bisnis saja sedangkan urusan pajak telah diurus oleh konsultan pajakmu.

Kriteria Terbaik

Keuntungan dalam menggunakan jasa konsultan pajak ini akan bisa jauh kamu rasakan perbedaannya dibanding dengan mengurus perpajakan sendiri. Jika kamu akhirnya tertarik untuk merekrut seorang konsultan pajak professional, kamu bisa mempertimbangkan beberapa kriteria yang diperlukan berikut ini:

Transparan

Konsultan pajak bersikap transparan dan aktif bekerjasama dalam menyelesaikan masalah. Sikap transparan ini termasuk seberapa besar biaya yang harus dibayarkan, termasuk biaya pajak yang akan dibayarkan maupun biaya administratif lainnya.

Biasanya, konsultan pajak akan memberikan detil biaya yang dibutuhkan dengan jelas sehingga kamu tidak perlu khawatir adanya biaya yang terkesan diselipkan. Namun, ada juga konsultan pajak yang hanya menyebutkan jumlah biaya yang harus dibayarkan tanpa memberikan detilnya. Konsultan pajak yang seperti inilah yang perlu kamu hindari.

Legal

Pastikan kamu memilih konsultan pajak yang legal atas predikatnya tersebut. Legal yang dimaksud di sini yaitu terdaftar dalam Direktorat Jenderal Pajak atau tergabung dalam Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI).

Konsultan pajak dengan legalitas yang jelas pasti akan lebih profesional dan terpercaya daripada konsultan pajak yang tidak. Konsultan pajak yang legal juga akan lebih memiliki kapasitas untuk memberikan pelayanan yang maksimal serta memberikan pelayanan yang aman.

Responsif

Pilihlah penyedia jasa konsultan pajak yang responsif. Tidak hanya responsif saat meminta bayaran tetapi juga responsif dalam menyelesaikan dan menemukan masalah perpajakan.

Konsultan pajak yang seperti ini akan memberikan hasil terbaik dan berfokus pada menyelesaikan masalah, bukan malah mengulur-ngulur pekerjaan dan berfokus kepada bayarannya saja. Konsultan pajak yang responsif juga bisa menghemat waktu kamu karena selalu cepat tanggap dalam menyelesaikan pekerjaannya.

Berkomitmen

Konsultan pajak yang profesional akan memiliki komitmen yang tinggi. Pekerjaan konsultan pajak yang dibutuhkan tidak terbatas waktu, bisa saja kamu sebagai klien membutuhkan jasa konsultan pajak tidak terduga karena tiba-tiba dijadwalkan untuk diperiksa oleh Direktorat Jenderal Pajak.

Konsultan pajak yang siap siaga dan mampu untuk hadir kapanpun dibutuhkan adalah salah satu contoh konsultan pajak yang berkomitmen tinggi. Komitmen yang dibutuhkan dari konsultan pajak juga dapat berupa komitmen untuk merahasiakan data dan tidak membagikannya ke sembarang orang.

Tidak jarang ditemukan konsultan pajak yang tidak berkomitmen dan seenaknya membagikan data kliennya ke khalayak umum. Padahal hal tersebut merupakan rahasia personal atau perusahaan dan tidak sebaiknya dibagikan begitu saja.

Profesional

Konsultan pajak yang baik akan memberikan hasil pekerjaan yang profesional, sesuai dengan pengalaman dan latar belakangnya, baik karakter, lingkungan, serta ilmu. Maka itu, usahakan untuk menggunakan jasa konsultan pajak yang memang benar-benar sudah memiliki jam terbang yang tinggi dalam dunia konsultasi pajak.

Biasanya, konsultan pajak yang seperti ini akan mematok harga yang cukup tinggi. Namun, hal ini dianggap pantas karena dengan latar belakang dan pengalaman yang profesional, kamu juga akan mendapatkan pelayanan yang lebih baik. Sebaliknya, daripada kamu tergiur harga konsultan pajak yang terjangkau padahal pelayanan yang diberikan sangatlah mengecewakan.

Selain membuat rugi biaya, hal seperti ini juga membuat kamu rugi waktu, karena kamu harus mencari lagi konsultan pajak yang lain padahal kamu sudah pernah melakukan hal ini sebelumnya. Maka itu, tidak salah untuk merekrut konsultan pajak yang cukup tinggi biayanya tetapi memang profesional saat bekerja atau memberikan pelayanan terbaik.

Apakah Kamu Membutuhkannya?

Jika kamu sudah yakin untuk menggunakan jasa konsultan pajak maka perhatikanlah hal-hal tersebut. Kemudian kembali lagi, tanyakan sekali lagi apakah kamu benar-benar membutuhkannya? Jika iya, maka bisa untuk mulai menghitung biaya yang kamu miliki untuk merekrut konsultan pajak.

Setelah itu, kamu bisa mulai mencari konsultan pajak dengan kriteria di atas. Apabila ternyata biaya yang kamu miliki kurang, maka kamu bisa menyesuaikan kembali kriteria konsultan pajak yang diinginkan, dan seterusnya hingga akhirnya biaya yang kamu miliki dan konsultan pajak yang kamu inginkan cocok. Selamat mencoba!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait