5 Cara Efektif Mendapatkan Penghasilan dari Google

penghasilan dari Google
penghasilan dari Google

Hah, mendapatkan penghasilan dari Google? Memangnya bisa? Nah, banyak yang tidak tahu bahwa salah satu situs mesin pencari di dunia ini memberikan kesempatan untuk kamu mengambil keuntungan. Sudah banyak testimoni yang berbicara bahwa seseorang mendapatkan penghasilan dari Google.

Namun, yang tidak banyak menjadi sorotan adalah bagaimana cara mendapatkan uang tersebut. Di sini, kamu akan mendapatkan penjelasan lengkap mengenai cara mendapatkan penghasilan dari Google.

Era digital seperti sekarang ini membuka kesempatan bagi semua orang untuk mendapatkan uang melalui produk atau jasa digital. Bedanya hanya pada tingkat kegunaan dan seberapa menariknya produk atau jasa digital yang kamu tawarkan tersebut. Dengan ide kreatif dan inovatif yang kamu miliki, kamu bisa mendapatkan keuntungan “cuma-cuma” dari Google.

Google AdSense

Nah, fitur yang memberikan kesempatan ini adalah layanan periklanan Google atau yang disebut dengan AdSense.

Google AdSense adalah sebuah layanan periklanan yang dimiliki Google dengan memanfaatkan teknologi pencarian sehingga memungkinkan iklan untuk dapat ditampilkan di sebuah blog atau website sesuai dengan tema kata kunci yang dicari, lokasi dari target pengunjung, dan faktor lainnya.

Cara Mendapat Penghasilan dari AdSense

Kamu akan mendapatkan komisi atau bayaran dari pihak Google jika ada pengunjung blog atau website kamu yang tertarik dengan informasi iklan AdSense yang kamu promosikan di sana. Pengunjung yang tertarik ini biasanya akan mengklik iklan tersebut dan di sanalah hitungan bayaranmu dimulai.

Setiap klik akan menjadi pendapatan untuk kamu. Dengan cara kerja yang seperti ini, maka yang harus kamu lakukan adalah menaikkan traffic websitemu sehingga lebih banyak lagi pengunjung yang datang. Dari jumlah pengunjung yang datang ini bisa saja mereka akan tertarik untuk klik iklan yang akan memberikanmu uang.

Cara Menaikkan Traffic

Tentunya ini berkaitan dengan konten yang kamu sajikan pada websitemu. Konten yang kamu buat haruslah menarik sehingga audiens ingin mampir ke websitemu. Generasi milenial seperti kamu pasti sudah bisa membayangkan konsep konten yang unik dan menarik, bukan?

Dengan cepatnya arus pertukaran informasi di era internet ini, maka semakin banyak pula ide dan inspirasi yang bisa didapatkan setiap waktu.

Namun sebelum membahas hal-hal yang harus kamu lakukan terkait dengan konten menarik tersebut, kamu harus tahu terlebih dahulu bagaimana cara untuk memanfaatkan layanan Google AdSense ini.

Beberapa langkah yang harus kamu lakukan antara lain membuat akun Google Mail dan membuat blog atau website atau bahkan channel Youtube sebagai media atau wadah konten. Setelah selesai, barulah kamu bisa mendaftar layanan Google AdSense.

Perbandingan Blog dan YouTube

Banyak orang yang mengatakan bahwa membuat channel YouTube lebih mudah dibandingkan membuat blog atau website sendiri. Hal ini benar adanya karena tidak banyak hal yang harus diatur pada profil atau channel YouTube seperti halnya pada blog atau website. Namun, untuk memproduksi konten pada Youtube akan jauh lebih sulit dan membutuhkan kemampuan atau skill yang lebih tinggi dibandingkan membuat konten pada blog atau website.

Selain itu, distribusi konten dan taktik SEO pada Youtube pun lebih sulit. Terlebih lagi apabila channel YouTube-mu tergolong baru atau berumur muda. Berbeda dengan permainan SEO pada konten blog atau website yang cukup mudah untuk dibuat taktiknya.

Namun, untuk membuat blog atau website kamu harus membeli domain, yaitu alamat website sebagai hosting atau tempat di mana semua konten yang kamu miliki akan disimpan. Singkatnya, sebagai wadah dari konten yang akan kamu buat.

Penyedia layanan domain di Indonesia, antara lain IDWebHost, Qwords, RumahWeb, dan lain sebagainya. Kamu juga bisa membuat blog atau website gratis melalui blogspot atau wordpress. Namun, fitur yang bisa kamu gunakan terbatas dan tidak sebebas jika kamu membuat atau memiliki website sendiri dengan membeli domain.

Kelebihan dan Kekurangan

Bisa disimpulkan bahwa membuat profil atau channel Youtube lebih mudah prosesnya dibandingkan membuat website sendiri melalui blogspot, wordpress, atau membeli domain. Kemudian, proses pembuatan konten pada blog atau website pribadi lebih mudah dibandingkan membuat konten pada profil atau channel Youtube yang membutuhkan persiapan tiga tahap, yaitu tahap sebelum produksi, saat produksi, dan setelah produksi.

Hingga saat ini, Google telah bersinergi dengan para content creator atau Youtuber agar setiap video yang mereka unggah bisa menghasilkan uang. Hal ini bisa direalisasikan apabila seorang Youtuber mengaktifkan monetisasi dari setiap video yang telah diunggah.

Maka itu, semakin banyak video yang ada di channel Youtube kamu, semakin besar pula peluang kamu untuk mendapatkan uang dari Google. Karena semakin banyak jumlah viewers atau jumlah subscribers kamu, maka video kamu juga akan lebih cepat menghasilkan uang.

Konten Kreatif

Nah, kita lanjutkan lagi untuk membahas konten kreatif! Konten yang seperti apa sih yang bisa disebut kreatif? Bayangkan saja begini, kamu sedang menjual produk yang persis juga dijual oleh orang lain, dengan kata lain produkmu tidak unik. Maka, persaingan hanya akan ada pada siapa yang termurah dan siapa yang bisa memberikan layanan terbaik.

Namun, jika produkmu tidak bisa ditemukan di mana-mana dan hanya bisa ditemukan di kamu, pastinya akan semakin banyak orang yang akan “mampir” ke tempatmu, kan? Ini sama halnya dengan website atau channel Youtube kamu.

Jika kamu selalu menyediakan konten kreatif maka pengunjung pun akan selalu datang ke tempatmu karena cuma kamu yang menyediakan konten seperti itu. Maka itu, kamu harus mengeksplor kreativitasmu.

Keluarkan ide-ide menarik dan kemas kontenmu seindah mungkin, baik dari segi tema yang diangkat maupun visualnya. Dapat dijamin, traffic pada website maupun channel Youtube kamu pun akan meningkat.

Tidak Sekedar Penghasilan

Bagaimana, sudah mulai terbayang kan bagaimana cara untuk bisa mendapatkan uang dari Google? Tidak hanya uang, kamu juga bisa mendapatkan popularitas dengan menciptakan konten yang unik. Selamat mencoba! Jangan lupa terus asah kemampuanmu agar bisa menjadi content creator yang unik!


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.  

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait