Persyaratan Bayar Pajak Motor & Cara Mudah Mengurusnya

Persyaratan Bayar Pajak Motor & Cara Mudah Mengurusnya
Persyaratan Bayar Pajak Motor & Cara Mudah Mengurusnya

Buat kamu yang punya kendaraan bermotor jangan lupa untuk selalu cek STNK. Sama seperti manusia yang punya hari ulang tahun, kendaraan pun juga begitu yang setiap tahun pajaknya harus dibayarkan. Seringnya orang lupa membayar pajak dengan hingga bertahun-tahun dibiarkan sampai STNK dianggap sudah kedaluwarsa. Kalau kamu belum membayar pajak kendaraanmu kan diri sendiri yang pusing, apalagi pas ada operasi zebra. Sebelum kamu membayar, harus diperhatikan dan diingat apa saja persyaratan bayar pajak motor.

Seringkali orang membawa persyaratan yang kurang lengkap setelah datang ke samsat untuk membayar pajak. Alhasil, banyak yang akhirnya bolak-balik untuk mengambil kekurangan persyaratan tersebut. Namun, sebelum dijabarkan bagaimana persyaratan bayar pajak motor dan caranya, ajaib akan menjabarkan secara sekilas tentang samsat tempat kamu membayar pajak kendaraanmu.

Samsat dan Jenis Pelayanannya

Samsat atau kepanjangannya Sistem Administrasi Satu Atap adalah suatu sistem terpadu yang menghubungkan antara Kepolisian Republik Indonesia (Polri), PT Jasa Raharja (Persero), serta Dinas Pendapatan Provinsi. Kamu harus tahu apa itu samsat dan apa saja pelayan yang bisa dilakukan di sini. Jadi, yuk lanjut simak lagi.

Pemerintah mulai memberlakukan samsat di tahun 1976. Fungsinya adalah menjalankan kegiatan yang berkaitan dengan instansi Polri itu sendiri, diantaranya menerbitkan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Lalu Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN-KB) dan pemasukan Pajak Kendaraan Bermotor yang dimana hal ini berkaitan dengan Dinas Pendapatan Provinsi, serta pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas (SWDKLLJ).

Syarat Pembayaran Pajak Motor & Mobil

Kalau ternyata jadwal bayar pajak motor kamu sudah dekat, harus siapkan dulu syarat-syaratnya dengan lengkap sebelum pergi ke samsat. Berikut syarat bayar pajak motor dan mobil:

  1. Bawa KTP Asli.
  2. Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK). Nama yang tertera di STNK harus sesuai dengan KTP.
  3. Jangan lupa bawa juga Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).
  4. Kemudian masing-masing di foto copy sebanyak 2 lembar.

Setelah kamu membawa lengkap persyaratan bayar pajak motor, saat datangi samsat yang ada di daerahmu untuk pembayaran. Untuk pembayarannya sendiri tidak lama, hanya butuh waktu 10 menit tapi antriannya bisa sampai berjam-jam. Jadi, biar gak menghabiskan banyak waktu mendingan datang lebih pagi. Kalau kamu sibuk, siapkan satu hari untuk melakukan pembayaran pajak kendaraanmu. Setelah tiba di samsat, ada proses yang harus dilalui sebelum membayar pajak, ini caranya:

  1. Wajib pajak akan diberikan formulir pendaftaran oleh petugas samsat.
  2. Dalam formulir tersebut, wajib pajak diminta mengisi identitas diri dan kendaraan yang ingin dibayarkan pajaknya.
  3. Selanjutnya formulir tersebut diserahkan ke petugas beserta persyaratan yang disebutkan di atas.
  4. Kemudian petugas akan mengecek semua kelengkapan data dan syarat-syaratnya.
  5. Setelah dinyatakan lengkap, barulah wajib pajak bisa menyelesaikan pembayaran pajak kendaraannya.

Selain membayar pajak tahunan, kamu juga wajib membayar pajak lima tahunan alias ganti pelat nomor kendaraan. Untuk ganti pelat nomor, kamu harus mendatangi kantor samsat langsung beserta dengan kendaraanmu. Ada empat persyaratan bayar pajak motor atau mobil untuk ganti pelat nomor yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Bawa Kartu Tanda Penduduk yang asli.
  2. STNK dan BPKB.
  3. Masing-masing di foto copy sebanyak dua rangkap.
  4. Isi terlebih dahulu formulir pendaftarannya
  5. Bawa kendaraan kamu untuk cek fisik dan memeriksa nomor mesin, serta nomor rangkanya.
  6. Tinggal tunggu proses pembayaran dan pengambilan pelat nomor baru di samsat.

Bayar Pajak Kendaraan Bisa Online Lho!

Buat yang malas ngantri untuk bayar pajak kendaraan di samsat, kamu bisa lakukan pembayaran secara online lho. Sayangnya, pembayaran pajak kendaraan online ini belum bisa dilakukan di seluruh daerah Indonesia. Dengan begitu kamu tak perlu lagi repot-repot membawa persyaratan bayar pajak motor atau mobilmu.

Saat ini fasilitas pembayaran pajak kendaraan online baru bisa dilakukan di DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, dan Aceh. Jika kendaraan bermotormu terdaftar di wilayah tersebut, maka kamu bisa bayar pajaknya secara online atau lewat sms. Di luar lima wilayah itu, harus melakukan pembayaran ke kantor samsat terdekat di daerahmu.

Setiap wilayah tersebut langkah-langkah pembayaran pajak online hampir sama, berikut proses pembayaran pajak kendaraan via ATM, dan e-samsat.

Cara Bayar Pajak Motor & Mobil Via ATM

Selain ke samsat, kamu bisa membayar pajak kendaraan melalui ATM. Ini langkah-langkahnya:

  • Masukkan kartu ke ATM dan ketikkan pin
  • Pilih menu “bayar”, lalu tekan “Menu Lainnya”
  • Pilih menu “Pajak/Penerimaan Negara”
  • Kemudian Pilih menu “e-samsat”
  • Masukkan Nomor Pelat Kendaraannya
  • Terakhir bayar pajaknya

Jika bingung, kamu tinggal mengikuti petunjuk di ATM tersebut, mudah ko!

Cara Membayar Pajak Kendaraan Melalui Aplikasi e-samsat

Bayar pajak kendaraan bisa juga lewat aplikasi, ini caranya:

  • Buka portal http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dki. Ini untuk wilayah jakarta, untuk wilayah lain beda lagi alamat situs portalnya.
  • Lalu masukkan kode, serta dapatkan konversi nomor pelat atau polisi
  • Selanjutnya bayar ke ATM
  • Simpan struk tersebut sebagai tanda bukti

Itu dia persyaratan bayar pajak kendaraan motor dan mobil yang harus kamu siapkan. Cara-caranya pun tidak sulit kan, terlebih ada yang lebih mudah dan cepat dengan bayar pajak kendaraan lewat online.

Bacaan menarik lainnya:

Nasucha, Chaizi. 2004, Reformasi Administrasi Publik. PT Grasindo: Jakarta.
Kristanty, Nova. 2014. Pengaruh Pengetahuan Wajib Pajak, Tarif Pajak, dan Penyuluhan Pajak terhadap Tingkat Kepatuhan Wajib Pajak Badan di Kantor Pelayanan Pajak. Jurnal. Online


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait