7 Cara Mengurus Biaya Balik Nama Motor Terbaru!

7 Cara Mengurus Biaya Balik Nama Motor Terbaru!
7 Cara Mengurus Biaya Balik Nama Motor Terbaru!

Kamu membeli motor bekas atau second dan ingin mengurus balik nama motor tersebut? Jika baru membeli sepeda motor bekas, sebaiknya kamu melakukan balik nama atau tukar nama surat-surat sepeda motor tersebut menjadi atas nama sendiri, Perlu kamu ketahui kalau mengurus balik nama motor dibagi menjadi dua bagian. Untuk mengurus Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB)harus dilakukan di dua tempat yang berbeda yakni di kantor SAMSAT (Sistem Manunggal Satu Atap) dan Polda.  YUk ketahui cara dan biaya balik nama motor yang harus kamu keluarkan.

Datang ke Kantor SAMSAT

Proses pertama adalah kamu harus datang ke kantor SAMSAT terlebih dahulu. Bagi kamu yang berdomisili di Jakarta, kamu bisa mengecek alamat-alamat kantor SAMSAT pada http://bprd.jakarta.go.id. Ketika datang ke SAMSAT, kamu sudah harus menyiapkan dan membawa seluruh berkas dan dokumen yang dibutuhkan, agar nantinya tidak bolak-balik lagi. Jangan lupa untuk membawa KTP (Kartu Tanda Penduduk), STNK asli dan fotokopi, BPKB, dan kuitansi pembelian.

Tes Fisik Kendaraan 

Selanjutnya kamu akan melakukan tes fisik kendaraan. Tes ini dilakukan oleh petugas SAMSAT. Setelah petugas selesai melakukan pemeriksaan tes fisik kendaraan, kamu akan diberikan hasil tes fisik berupa Nomor Rangka dan Nomor Mesin Kendaraan. Selanjutnya berikan hasil tes tersebut bersama dengan berkas yang kamu bawa kepada petugas loket tes fisik kendaraan. Di sini kamu akan mengeluarkan biaya Rp30 ribu.

Pendaftaran Balik Nama STNK

Setelah pengecekan fisik berhasil dilakukan, kamu harus mendatangi loket pendaftaran balik nama. Berikan semua berkas kepada petugas loket balik nama, baik itu fotokopi KTP, BPKB, STNK, kuitansi pembelian, dan hasil tes fisik kendaraan. Setelah petugas loket balik nama memeriksa semua berkasmu, nantinya kamu akan diberikan tanda terima kalau pengajuan STNK milikmu sedang diproses.

Tunggu & Datangi Kembali Kantor SAMSAT

Setelah menunggu beberapa hari, kamu bisa datang pada waktu yang telah ditentukan. Langsung datangi loket balik nama dan berikan tanda terima yang telah diberikan kepadamu beberapa hari lalu beserta KTP asli, BPKB asli, kuitansi pembelian, dan hasil tes fisik kendaraan. Di sini kamu diharuskan membayar biaya pendaftaran balik nama untuk mengambil STNK yang baru.

Datang ke Polda

Setelah melakukan pembayaran, maka kamu akan langsung diberikan STNK yang baru. Tapi proses ini belum selesai karena masih ada BPKB yang juga harus diurus. Untuk mengurus BPKB, kamu tidak bisa mengurusnya di kantor SAMSAT, tetapi harus datang ke Polda.

Membayar Biaya Balik Nama BPKB dan Serahkan Berkas

Datangi loket balik nama BPKB yang ada di Polda dan ambil nomor antrean juga formulir Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor. Kamu harus mengisi formulir pendaftaran tersebut dengan teliti dan jangan sampai ada yang terlewat. Jadi lakukan cek dua kali ya! Setelah selesai mengisi formulir, kamu harus melakukan pembayaran sebesar Rp80 ribu di loket pembayaran BRI yang tersedia di sana.

Ambil BPKB yang Baru

Di tanggal yang sudah ditentukan, kamu bisa datang lagi ke Polda untuk mengambil BPKB yang baru. Ambil nomor antrean terlebih dahulu dan tunggu nomormu dipanggil petugas. Kemudian, serahkan tanda terima bersama bukti pembayaran, dan fotokopi KTP kepada petugas loket. Setelah proses ini selesai, maka kamu akan diberikan BPKB baru yang sudah jadi.

Bacaan menarik lainnya:

Peraturan Menteri Keuangan Nomor 107/PMK.011/2013 Tentang Tata Cara Perhitungan, Penyetoran dan Pelaporan Pajak Penghasilan atas Penghasilan dari Usaha yang Diterima atau Diperoleh Wajib Pajak yang Memiliki Peredaran Bruto Tertentu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait