Berapa Suku Bunga bank BRI? Cek di Sini

suku bunga bank bri
suku bunga bank bri

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk merespon kebijakan penurunan suku bunga acuan bank Indonesia (BI) dengan melakukan penyesuaian suku bunga bank BRI. Penyesuaian ini dilakukan dengan menurunkan suku bunga kredit pada segmen kredit mikro, ritel dan konsumer hingga 50 basis poin (bps).

Direktur Utama bank BRI Suprajarto mengungkapkan, dengan penurunan suku bunga bank BRI, perbankan ini bisa membantu banyak nasabah, termasuk mempercepat proses kredit.

“Selain dengan Digitalisasi proses kredit untuk mempercepat proses pelayanan kredit, BRI juga melakukan penyesuaian suku bunga. Sehingga dengan proses kredit yang cepat dan suku bunga yang murah tentunya dapat memberikan ruang pertumbuhan kredit yang lebih tinggi,” katanya.

Sekilas Tentang BRI

Untuk kamu ketahui, bank BRI telah melakukan Digitalisasi Proses Kredit sejak tahun 2018 lalu dengan Aplikasi yang disebut BRISPOT. Terobosan digital bank BRI ini dinilai ampuh mengakselerasi proses pengajuan kredit mikro menjadi lebih cepat, efisien, paperless dan digital base.

Di sisi lain, penyesuaian suku bunga kredit BRI tersebut sejalan dengan meningkatnya efisiensi operasional dan penurunan suku bunga simpanan yang telah dilakukan karena penurunan suku bunga acuan BI 7-Day Repo Rate (BI7DRR) sebesar 25 bps pada RDG bank Indonesia, Juli lalu.

“Dengan momentum seperti ini kami berharap dapat mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi sektor rill khususnya untuk segmen mikro dan ritel,” pungkas Suprajarto.

Suku Bunga Dasar Kredit (SBDK) digunakan sebagai dasar penetapan suku bunga kredit yang akan dikenakan oleh bank kepada nasabah. SBDK belum memperhitungkan komponen estimasi premi risiko yang besarnya tergantung dari penilaian bank terhadap risiko masing-masing debitur atau kelompok debitur.

Dengan demikian, besarnya suku bunga bank BRI yang dikenakan kepada debitur belum tentu sama dengan SBDK. Dalam kredit konsumsi non KPR tidak termasuk penyaluran dana melalui kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA).

Di BRI, suku bunga dibagi berdasarkan segmen bisnisnya, yakni kredit korporasi (9,95 persen), kredit ritel (9,95 persen), kredit mikro (17,50 persen), kredit konsumsi KPR (9,98 persen), kredit konsumsi non KPR (12,50 persen)

Syarat dan Ketentuan

1. Dalam kredit konsumsi no KPR tidak termasuk penyaluran dana melalui kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA).

2. Informasi SBDK yang berlaku setiap saat dapat dilihat pada publikasi di setiap kantor bank dan/ atau website bank dalam hal bank memiliki website.

Selain pinjaman dari BRI, kamu juga bisa mengajukan pinjaman uang online melalui aplikasi TunaiKita yang aman dan terpercaya karena sudah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Untuk dana yang bisa didapat dari pinjaman TunaiKita bisa mencapai angka maksimun Rp20 juta. Sedangkan untuk jangka waktu cicilan yang bisa dipilih hingga mencapai 180 hari (6 bulan).

Syarat pengajuan dari pinjaman online TunaiKita sangatlah simpel. Kamu hanya memerlukan tiga syarat utama saja, yakni KTP (Kartu Tanda Pengenal), NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan nomor rekening bank lokal seperti BCA, BNI, BRI, bank Mandiri, bank Permata, bank Danamon, dan bank Mega.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Share to :
Kembangkan uangmu sekarang juga Lakukan deposit segera untuk berinvestasi
Artikel Terkait