Sifat Ini Harus Dimiliki Agar Menjadi Pengusaha Muda Sukses

pengusaha muda sukses
pengusaha muda sukses

Menjadi seorang pengusaha muda sukses tentu impian banyak orang. Apalagi, jika kesuksesan tersebut dapat diraih sejak masih muda. Hal tersebut tentu bukan hal mustahil. Siapa tidak kenal Bill Gates yang berhasil sukses di usia 31 tahun, atau Mark Zuckenberg yang masih berusia 23 tahun saat masuk daftar Milyuner terkaya di dunia.

Keduanya dikenal sebagai seorang yang rendah hati dan sederhana dalam penampilannya. Tapi siapa sangak, uang yang mereka kumpulkan bisa membiayai kehidupan sebuah negara lho.

Tentu saja, bukan hanya mereka yang memiliki keahlian di bidang Teknologi Informasi saja yang mampu menjadi pengusaha muda sukses. Kylie Jenner, salah satu sosialita sekaligus selebgram internasional, berhasil memecahkan rekor sebagai milyuner termuda berkat usahanya sendiri di usia 21 tahun. Kylie meraih kesuksesannya bukan dari ilmu teknologi seperti Bill Gates atau Mark Zuckenberg, melainkan dari kosmetik, khususnya lipstik.

Dengan perkembangan teknologi saat ini, peluang meraih kesuksesan di usia muda kian terbuka lebar. Ada banyak sekali perusahaan startup yang berhasil mengantarkan pemiliknya untuk sukses.

Kalau kamu salah satu dari mereka yang ingin menjadi pengusaha muda sukses, tentunya ada beberapa karakter yang harus kamu miliki. Mulai dari sifat pantang menyerah, berpikiran terbuka hingga rendah hati wajib kamu terapkan dalam keseharian kamu.

Berikut ini adalah sifat-sifat yang penting untuk dimiliki mereka yang ingin mencapai kesuksesan di usia muda.

Bekerja dengan Passion

Passion (gairah) akan membuat bekerja menjadi lebih ringan dan menyenangkan. Tentu saja, mereka yang bekerja dengan passion memiliki cinta luar biasa akan apa yang mereka kerjakan, sehingga bayaran bukan jadi prioritas utama.

Banyak orang sukses memulai dari hobi yang dicintainya. Oleh karena itu, kamu akan sukarela bekerja lebih keras tanpa memikirkan bayaran. Oprah Winfrey mengungkapkan bahwa seseorang sedang menuju kesuksesan, saat mereka rela mengerjakan pekerjaannya bahkan tanpa bayaran.

Passion mendorong seseorang mendalami pekerjaannya hingga menjadi seorang ahli. Passion juga membuat seorang pengusaha berkomitmen dan berdedikasi pada apa yang dikerjakannya. Hingga akhirnya seluruh komitmen tersebut akan memberikan imbal balik berupa kesuksesan.

Rendah Hati dan Berpikiran Terbuka

Seorang pengusaha sukses adalah seseorang yang tidak pernah berhenti belajar dan tidak mudah puas diri. Mereka menyadari bahwa di atas langit masih ada langit. Oleh karena itu, mereka akan terbuka pada berbagai masukan. Kritik tidak akan diartikan sebagai serangan, melainkan kesempatan menaikkan kualitas. Perbedaan tidak akan dianggap sebagai hambatan, melainkan peluang untuk melakukan beragam pendekatan.

Rendah hati tidak sama dengan rendah diri. Rendah diri adalah perasaan tidak mampu dan tidak layak, yang akan membuat seseorang tidak termotivasi dan jadi penakut. Sedangkan rendah hati membuat seseorang mengakui peran pihak atau orang lain dalam kesuksesannya. Sehingga membuat seseorang berpikiran terbuka, ingin terus belajar untuk mengembangkan diri dan usahanya.

Sifat rendah hati ini memungkinkan seorang pengusaha muda bisa terus meingkatkan kualitas diri dan usahanya. Sehingga pada akhirnya, perusahaan yang dibangunnya bisa mencapai kesuksesan.

Fokus pada Kesuksesan dan Pantang Menyerah

sifat pantang menyerah dan tetap fokus pada tujuan wajib dimiliki oleh setiap pengusaha sukses. Ambil pelajaran dari setiap kegagalan yang terjadi, lalu lakukan pendekatan lain untuk membangun kembali perusahaan.

Tidak ada hitungan pasti kapan sebuah kesuksesan akan datang. Tapi, sebuah kutipan bisa menjadi kesuksesan. Akan tetapi, sebuah kutipan ini bisa menjadi pegangan kamu. Kesuksesan adalah kegagalan ditambah satu kebangkitan. Jadi, saat kamu gagal, yang harus kamu lakukan adalah bangkit dan mencoba lagi. Maka kesuksesan akan menghampirimu.

Bertanggung Jawab Atas Kegagalan Usahamu

Bukan rahasia lagi bahwa berbisnis bukan hanya berakhir dengan kesuksesan, tapi bisa juga menjadi kegagalan. Oleh karena itu, memiliki pribadi bertanggung jawab adalah sifat pengusaha sukses lainnya yang wajib dimiliki. Tidak hanya bertanggung jawab atas kesuksesan yang diraihnya, dengan tetap rendah hati, tapi terutama bertanggung jawab atas kegagalan yang menimpanya.

Seorang pengusaha sukses tidak pernah menyalahkan orang lain saat ada yang salah dengan usahanya. Lari dari tanggung jawab dan mencari-cari alasan atas kegagalan, anti dilakukan seseorang berkepribadian sukses. Sifat tanggung jawab membuat seseorang semakin terpacu bekerja keras dan memperbaiki diri untuk kemudian bangkit lagi setelah mengalami kegagalan.

Inovatif dan Visioner

Seorang berkepribadian sukses, harus visioner atau mampu melihat apa yang akan terjadi di masa depan. Tentu hal ini tidak berkaitan dengan perdukunan dan hal yang mistis ya. Tapi, berdasarkan pengalaman dan pengetahuannya, seorang pengusaha sukses bisa mengetahui berbagai kemungkinan yang bisa terjadi di masa depan berkaitan dengan bidang yang ditekuninya. Hal ini bisa dibilang juga berkaitan dengan intuisi bisnis yang dimiliki para pengusaha sukses.

Maka dari itu, supaya bisa sukses kamu harus menjadi seseorang yang terus mengikuti perkembangan jaman dan juga inovatif. Apalagi di era digital, dimana semua serba berubah dengan sangat cepat. Kamu harus terus membuat terobosan-terobosan selangkah lebih maju di bidangmu dari orang lain atau para pesaing. Dengan demikian, kamu akan bisa survive dan menjadi pemenang.

Itulah sifat-sifat yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin mencapai kesuksesan di usia muda. Tentunya, kamu juga harus bisa merencanakan dengan pasti langkah-langkah yang akan kamu lakukan untuk mencapai kesuksesan. Dan yang terakhir, lakukan sekarang juga! Rencana sebatas perencanaan berkepanjangan tidak akan mengantarkan kamu pada kesuksesan.

Jalani bisnismu dengan penuh gairah (passion), rendah hati, pikiran terbuka, fokus pada kesuksesan, pantang menyerah, bertanggung jawab, inovatif dan visioner. Dengan demikian, kesuksesan akan menghampirimu.


Ajaib merupakan aplikasi investasi reksa dana online yang telah mendapat izin dari OJK, dan didukung oleh SoftBank. Investasi reksa dana bisa memiliki tingkat pengembalian hingga berkali-kali lipat dibanding dengan tabungan bank, dan merupakan instrumen investasi yang tepat bagi pemula. Bebas setor-tarik kapan saja, Ajaib memungkinkan penggunanya untuk berinvestasi sesuai dengan tujuan finansial mereka. Download Ajaib sekarang.

Mulai Investasi Reksa Dana Dengan Ajaib.
Ayo bergabung dengan Ajaib, aplikasi investasi online terbaik! Bebas biaya pendaftaran, bisa tarik dana kapan saja. Modal awal min. Rp10.000.
Facebook Comment
Artikel Terkait